Lifestyle

7 Film Horor Indonesia yang Seram dan Menegangkan

  by: Shamira Priyanka Natanagara       25/10/2019
  • Siapa bilang film horor Indonesia tidak bermutu? Mungkin kamu lebih sering mendengar film horor dengan judul yang, err, meragukan (dan sayangnya, biasanya film-film tersebut lah yang laku di pasaran). Namun sebenarnya ada pula beberapa tontonan horor Indonesia yang berkualitas, baik dari segi cerita maupun pengambilan gambar. Mau tahu film horor Indonesia yang recommended? Berikut adalah tujuh film horor lokal terbaik pilihan Cosmo, beberapa sudah pernah tayang di luar negeri, dan bahkan ada pula yang meraih penghargaan film internasional. Let's see our picks!


    1. Kuntilanak (2006)




    Sinopsis: Samantha (Julie Estelle) yang kerap dianiaya oleh ayahnya sendiri memilih untuk pindah ke rumah kost di daerah terpencil. Rumah tersebut memiliki sebuah pohon beringin tua di bagian depan, dan para penduduk percayai bahwa pohon tersebut adalah sarang kuntilanak. Ketika sedang bercakap-cakap dengan Samantha, sang ibu kost, Yanti (Lita Soewardi) membahas dongeng kuntilanak dan menyanyikan lagu yang terbilang bisa mengundang kuntilanak, dan sejak saat itu, sederet kejadian mengerikan mulai terjadi. 


    2. Pengabdi Setan (2017)


    Sinopsis: Diadaptasi dari film horor tahun 1980 dengan nama yang sama, Pengabdi Setan mengikuti kisah keluarga Rini (Tara Basro) yang jatuh miskin dan harus merawat ibu mereka (Ayu Laksmi) yang sakit parah. Ketika sang ibu akhirnya meninggal, rahasia keluarga Rini mulai terungkap.


    3. Pintu Terlarang (2009)


    Sinopsis: Pintu Terlarang berhasil memenangkan penghargaan “Best of Puchon” di Puchon International Film Festival di Korea Selatan pada tahun 2009. Film ini menceritakan Gambir (Fachri Albar), seorang pematung yang sukses. Gambir mulai mendapat pesan-pesan misterius dari seseorang yang butuh bantuannya. 


    4. Rumah Dara (2009)


    Sinopsis: Adjie (Ario Bayu), Astrid (Sigi Wimala), Ladya (Julie Estelle), dan dua teman mereka sedang bersiap-siap untuk pergi dari Bandung ke Jakarta, tapi perjalanan mereka terganggu ketika seorang perempuan bernama Maya (Imelda Therinne) meminta untuk diantar ke rumahnya. Kasihan dengan Maya yang mengatakan bahwa ia baru saja dirampok, mereka pun mengantarnya pulang dan diajak untuk beristirahat sejenak. Maya pun memperkenalkan mereka ke ibunya, Dara (Shareefa Daanish), yang mencurigakan.




    5. Jelangkung (2001)


    Sinopsis: Walaupun usianya sudah lebih dari 15 tahun, Jelangkung masih dikenal sebagai salah satu film horor Indonesia yang paling menegangkan. Film ini mengikuti petualangan empat sahabat yang gemar mengunjungi tempat-tempat angker untuk melihat sosok makhluk halus secara langsung. Setelah mengunjungi beberapa tempat dan gagal memenuhi keinginan mereka, empat sahabat ini datang ke Desa Angkerbatu di Jawa Barat, di mana salah satu dari mereka melakukan ritual jelangkung untuk memanggil arwah.


    6. Mirror (2005)


    Sinopsis: Setelah kepalanya terbentur sampai ia pingsan, Kikan (Nirina Zubir) memiliki kekuatan untuk melihat arwah melalui cermin. Kikan mulai khawatir ketika ia tidak bisa melihat bayangan dirinya sendiri di cermin. 


    7. Keramat (2009)


    Sinopsis: Kru film yang sedang syuting di Bantul, Yogyakarta, terpaksa harus mengunjungi dunia roh halus untuk mencari aktris film mereka yang tiba-tiba menghilang.


    (Shamira Natanagara / Ed. / Image: IMDb)