Lifestyle

7 Rekomendasi Airbnb Paling Instagrammable di Bangkok

  by: Alexander Kusumapradja       25/10/2019
  • Sudah mulai browsing destinasi liburan akhir tahun? Bangkok tetap bisa menjadi pilihan yang seru untuk dijelajahi. Baru-baru ini ibukota Thailand tersebut kembali membuktikan diri sebagai salah satu destinasi terpopuler dunia dengan menjadi peringkat pertama dalam indeks travel untuk pengunjung internasional dalam empat tahun terakhir.

    Salah satu daya tarik Bangkok adalah banyaknya pilihan tempat menginap untuk semua segmen turis, mulai dari kondominium modern dengan kolam renang di rooftop hingga hotel cantik yang disulap dari bekas rumah Cina klasik. Dari mulai jalan-jalan kecil di area Chinatown hingga area penuh hiburan malam yang mewah di Sukhumvit dan Silom, berikut adalah beberapa pilihan penginapan Airbnb yang nyaman dan tentu saja, Instagrammable untuk memenuhi konten liburanmu!



    1. The Mustang Nero


    Disebut sebagai Airbnb Bangkok yang paling banyak difoto untuk Instagram, The Mustang Nero dibangun di bekas gedung komersial yang struktur bangunan aslinya tetap dipertahankan dengan sentuhan minimalis, furnitur vintage, dan atmosfer eklektik yang super chic. Hotel ini memiliki 10 ruangan dengan nama unik masing-masing seperti “The Zebra Song”, “The Flamingo, dan “The Lion Sleeps Tonight”. Setiap kamar punya keunggulan masing-masing, namun secara umum, vibes-nya tetap minimalist eclectic dengan banyak tumbuhan hijau dan furnitur yang membuat betah. Selain kamar, sudut wajib untuk berfoto di hotel ini adalah area lounge yang dipenuhi banyak taksidermi binatang plus kucing-kucing hidup milik hotel dan sering dijadikan lokasi photoshoot baik untuk majalah hingga brand sekelas Gucci. Hanya berjarak 5 menit berjalan kaki dari stasiun BTS Phra Khanong, hotel ini juga tak terlalu jauh dari Jalan Sukhumvit yang dipenuhi toko-toko, restoran, dan bar yang trendi.


    2. Thonglor loft – Wie immer Bangkok

    Pemilik Thonglor loft ini adalah seorang lighting designer sehingga tak heran kalau suasana Airbnb ini begitu cozy dan membuat betah. Dibangun dari hasil renovasi ruko era 1990-an, Airbnb ini cocok untuk kamu yang mencari suasana tenang karena menawarkan empat kamar private bedroom (maksimal dua orang) dengan 3 kamar mandi sharing untuk setiap lantainya didukung oleh pencahayaan hangat yang dipadukan dengan sinar matahari natural untuk kenyamanan maksimal. Penginapan ini tak menyediakan dapur namun lantai dasarnya adalah café yang tak kalah cozy. Terletak di salah satu kawasan paling hip di Bangkok, dengan begitu banyak pilihan café, bar, dan tempat makan seru di daerah Thonglor, rasanya selalu ada alasan untuk jalan-jalan keluar mengisi perut dan pulang ke ranjang super empuk setelahnya.


    3. J. No 14 Amazing Antique B&B

    Terletak dekat Sungai Chao Phraya, sebuah keluarga dengan anak laki-laki seorang desainer interior menyulap pabrik kuno yang terbuat dari batu bata menjadi Bed & Breakfast bernuansa modern rustic dengan tanaman-tanaman tropis dan furnitur antik seperti sebuah museum. Lokasinya berada di tengah kawasan kota tua yang sebetulnya bukan daerah turis sehingga sempurna untuk weekend getaway yang tenang dan santai. Tapi bila kamu ingin mencari keramaian malam Thailand, Airbnb ini hanya berjarak 300 meter ke stasiun BTS terdekat maupun kapal feri untuk mengantarmu ke berbagai mall, resto, dan bar yang berada di sepanjang Chao Phraya. Untuk pilihan kamarnya sendiri ada delapan yang disewakan untuk umum dengan harga kamar sudah termasuk breakfast.




    4. Soi Nana Shophouse

    Ingin merasakan sensasi tinggal di sebuah rumah Pecinan dari 100 tahun lalu? Seorang wanita benama Pupe mengubah ruko klasik milik keluarganya di jantung kawasan Soi Nana menjadi penginapan model duplex dengan ruang keluarga dan dua kamar tidur, satu kamar double bed dan satu dengan dua ranjang lengkap dan bagian teras yang menghadap ke jalan. Lantai bawah ruko ini dipakai sebagai bar tapas El Chiringuito yang buka dari Kamis sampai Minggu di mana kamu bisa mencicipi sajian Spanyol autentik yang dibuat oleh suami sang pemilik. Penginapan ini tak menyediakan area dapur untuk tamu namun kawasan Soi Nana juga dipenuhi oleh bar, café, hingga galeri yang keren. Untuk yang mencari street food makanan Thai atau Chinese, penginapan ini juga tak terlalu jauh dari Jalan Yaowarat yang ramai oleh pilihan street food.  


    5. The Editor Saphan Khwai

    Sang pemilik menjadikan studio apartment di lantai 20 gedung kondominium The Editor di kawasan Saphan Khwai sebagai Airbnb nyaman dengan akses ke rooftop pool yang menghadap cityscape Bangkok. Airbnb ini adalah rekomendasi seru untuk yang ingin belanja di Chatuchak karena hanya berjarak 10 menit berjalan kaki ke pasar akhir pekan tersebut. Sebagai unit apartemen, Airbnb ini memiliki dapur yang bisa dipakai para tamu, tapi kalau ingin cari makan di luar pun gedung ini dekat dengan stasiun BTS Saphan Kwai dan hanya beberapa stasiun dari pusat perbelanjaan seperti Siam Discovery atau MBK.


    6. Jenjira Villa

    Tidak perlu jauh-jauh ke Phuket atau Koh Samui untuk menikmati bersantai di kolam renang dan naungan pepohonan tropis karena di Bangkok pun kamu bisa menemukan villa tradisional Thailand yang terbuat dari kayu keras dan memiliki arsitektur yang khas. Lokasinya berada di sebuah komplek perumahan mewah sekitar 30 menit dari Bandara Suvarnabhumi dan 30 menit ke pusat kota. Guesthouse ini sendiri memiliki dua lantai dengan kamar tidur king size di lantai atas (termasuk kamar mandi) dan area makan serta dapur terbuka di lantai bawah. Untuk yang malas ke pusat kota, di komplek perumahan ini pun tersedia beberapa toko, restoran, gym, dan taman yang bisa dijangkau dengan jalan kaki.


    7. Ba Hao Residence


    Hasil renovasi dari ruko berumur 40 tahun, Ba Hao yang artinya “Rumah No.8” dalam Bahasa Mandarin (plus angka keberuntungan) adalah apartemen co-living dekat kawasan Pecinan Bangkok yang terdiri dari beberapa lantai. Lantai 1 adalah bar Oriental yang menyajikan bir dan kudapan Cina, lantai 2 adalah living room dengan LCD TV dan pantry, lantai 3 adalah kamar en-suite dengan pemandangan kawasan Soi Nana, sementara lantai 4 adalah kamar bernama Santiphap yang dilengkapi balkon dan pemandangan menghadap kuil bersejarah di Bangkok, Kuil Trimitr. Memadukan elemen Cina dan Thailand klasik plus sentuhan bohemian, Airbnb ini bisa menjadi pilihan unik untuk kunjunganmu ke Bangkok berikutnya. Pai kan hoe!*

    *) "Ayo pergi!" dalam bahasa Thai.


    (Alex. K / Image: Evan Krause on Unsplash. Foto Airbnb oleh Airbnb)