Better You

6 Quotes dari Penyintas Kanker Payudara yang Inspiratif

  by: Shamira Priyanka Natanagara       27/10/2019
  • Pada tahun 1985, American Cancer Society dan divisi farmasi dari perusahaan kimia Inggris Imperial Chemical Industries menetapkan bulan Oktober sebagai Bulan Kesadaran Kanker Payudara (Breast Cancer Awareness Month). Menurut data Kementerian Kesehatan RI yang dirilis pada akhir Januari 2019, kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang paling banyak dialami masyarakat Indonesia, dan jenis kanker dengan angka kejadian tertinggi untuk perempuan Indonesia. 

    Untuk memperingati Breast Cancer Awareness Month tahun ini, Cosmo telah mengumpulkan beberapa quotes dari para figur publik yang pernah mengalami kanker payudara. Kalau kamu sedang mengalaminya, atau mungkin seseorang yang dekat denganmu sedang berjuang melawan penyakit tersebut, Cosmo harap pengalaman figur publik berikut dapat menginspirasi. 




    1. Christina Applegate - Aktris

    Dalam wawancara dengan Women’s Health, aktris yang telah menjalani operasi kanker payudara pada tahun 2008 ini berbagi pengalamannya, “Saya lebih banyak tertawa di rumah sakit daripada dalam seumur hidup, membuat candaan tentang hal-hal aneh yang terjadi pada saya. Teman-teman saya akan masuk dengan wajah sedih, dan saya akan melempar sesuatu pada mereka dan mengatakan, ‘Come on! Ini bukan akhir dari dunia!’”. 


    2. Julia Louis-Dreyfus - Aktris

    Pemeran utama serial televisi Veep ini mengumumkan diagnosis kanker payudaranya melalui Twitter, “Satu dari delapan wanita terkena kanker payudara. Hari ini, saya salah satunya. Kabar baiknya adalah saya memiliki kelompok pendukung paling mulia dan keluarga dan teman-teman yang peduli, serta asuransi luar biasa melalui serikat saya. Kabar buruknya adalah tidak semua wanita beruntung, jadi mari kita lawan semua kanker dan mewujudkan perawatan kesehatan universal.” Julia sudah resmi bebas kanker setelah menjalani operasi pada tahun 2018.



    3. Kylie Minogue - Penyanyi

    Disadur dari Good Housekeeping, diva pop asal Australia ini mengatakan, “Sebagai seseorang yang pernah mengidap kaner, satu hal yang penting adalah untuk tahu bahwa kamu masih orang yang sama pada akhirnya. Kamu ditelenjangi hingga mendekati nol. Namun kebanyakan orang keluar dengan perasaan lebih seperti diri mereka daripada sebelumnya.”




    4. Samantha Barbara - Ketua Gerakan Sosial Lovepink

    "Sebagai seorang ibu sekaligus survivor kanker payudara, lumrah jika kita mengalami down akan keadaan ini,” jelas Samantha Barbara, ketua Lovepink Indonesia dan ibu dari aktris Chelsea Islan. “Namun, saya bangkit dari situasi tersebut karena akhirnya saya menyadari bahwa dukungan tanpa henti dari support system saya telah memotivasi saya untuk berjuang melawan penyakit ini. Energi positif dari orang-orang sekitar yang saya rasakan menjadi permulaan yang membuat saya lebih bersemangat."



    5. Olivia Newton-John - Aktris dan Penyanyi

    Pemeran Sandy Olsson dalam film ikonis Grease ini telah melawan kanker payudara beberapa kali. Ia pertama divonis kanker pada tahun 1992 dan kembali mengidapnya pada tahun 2018. Hingga kini, aktris yang berusia 71 tahun ini tak menyerah untuk melawan kanker payudara. Dalam wawancara dengan NBC Today, ia buka-bukaan soal perjuangannya melawan kanker, “Orang-orang mengatakan saya sekarat tapi saya merasa, well, I don’t feel like it, I feel pretty good.Go Olivia!


    6. Guiliana Rancic - Pembawa Acara

    “Saya berharap saya tahu betapa kuatnya komunitas penyintas kanker payudara dan adanya persaudaraan yang luar biasa (dan tersedia) untuk bersandar,” mantan pembawa acara E! News ini mencurahkan hatinya dalam wawancara eksklusif bersama Maria Shriver. “Setelah saya menyadari hal tersebut, saya mulai menghembuskan napas perlahan mengetahui bahwa saya memiliki banyak cinta dan dukungan dan sangat banyak wanita luar biasa yang bersedia untuk berbagi pengalaman mereka dengan saya.”


    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. Instagram)