Celebrity

Emily Ratajkowski Dituntut Akibat Postingan Instagram Story

  by: Shamira Priyanka Natanagara       28/10/2019
  • Menjadi seorang seleb bisa menjadi hal yang rumit, terutama ketika kamu terlibat dalam masalah yang sungguh berantakan. Dan itulah situasi Emily Ratajkowski sekarang. Fotografer berbasis di Manhattan, Robert O'Neil, telah mengajukan gugatan terhadap model dan aktris tersebut, menyatakan pelanggaran hak cipta dan mengklaim bahwa Emily menggunakan fotonya tanpa memberi akreditasi yang sesuai. 

    Foto tersebut, diambil saat Emily sedang jalan-jalan di New York, menunjukkan dirinya membawa buket bunga, menggunakannya untuk sedikit menyembunyikan wajahnya. Emily mengunggah foto tersebut di Instagram Story dengan caption, "mood forever". Robert mengklaim foto tersebut diunggah tanpa memberi akreditasi yang tepat, dan itulah mengapa ia menyatakan pelanggaran hak cipta. Foto tersebut hilang setelah 24 jam (seperti InstaStory biasanya), tapi Robert masih menuntutnya senilai USD150.000, serta keuntungan apa pun yang Emily dapat dari karya Robert—yang sepertinya sulit untuk diukur.

    Ini bukan kali pertama Robert telah menuntut seleb karena menggunakan fotonya tanpa memberi akreditasi. Pada bulan September kemarin, ia mengajukan gugatan terhadap model Gigi Hadid karena mengunggah karyanya, yang menampilkan Gigi dan mantan pacarnya Zayn Malik, di InstaStory pada awal tahun ini. Dalam kasus serupa, Robert mengatakan bahwa Gigi tak hanya tidak memiliki izin atau wewenang untuk menyebarkan foto tersebut, tapi juga tidak mencantumkan nama fotografer dengan benar.



    Gugatan ini diajukan hanya beberapa minggu setelah berita bahwa Emily adalah salah satu seleb yang dituntut atas keterlibatan mereka dalam mempromosikan Fyre Festival. Selain Emily, Kendall Jenner, Blink-182, dan deretan artis yang seharusnya mengisi acara tersebut disebut dalam laporan kebangkrutan acara tersebut, setelah diketahui bahwa mereka menerima pembayaran untuk mempromosika Fyre Festival melalui media sosial, tanpa menjelaskan bahwa unggahan tersebut adalah konten yang disponsori.

    DNA Model Management, agensi yang mewakili Emily, dilaporkan dibayar $229.000 untuk mempromosikan festival yang gagal itu, dan pendiri Fyre Festival Bily McFarland sedang menjalani hukuman penjara selama enam tahun.




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan UK / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Image: Dok. Instagram)