Lifestyle

Alila Hotel SCBD Suguhkan Instalasi Seni Khas Indonesia

  by: Alvin Yoga       30/10/2019
  • Seni kini menjadi elemen yang prominen dari Hotel Alila SCBD. Tampilan hotel yang modern dan kosmopolitan tersebut kini dilengkapi dengan instalasi seni kontemporer di bagian lobi, serta karya seni bersejarah dan artefak budaya di Artisian Bar. Belum pernah ke Artisian Bar? You should come! Terletak bersebelahan dengan lobi di lantai dasar, Artisian Bar didesain sebagai sebuah ruang gathering bagi komunitas pencinta seni. Langit-langitnya yang tinggi dan modern serta furniturnya yang minimalis menciptakan atmosfer yang relaks dan nyaman untuk berbagai acara. Ingin sekadar bersantai bersama sahabat terdekat? Bisa! Dengan dekorasi terbaru dari koleksi yang sudah dikurasi, tempat ini bisa menjadi pusat inspirasi bagi kamu dan the girls, dengan adanya deretan karya seni budaya yang artistik serta seni berbalut kultur asli dari berbagai wilayah di Indonesia. Psst, seluruh karya seni di Artisian Bar merupakan bagian dari koleksi pribadi, dan kebanyakan berasal dari abad ke-19 dengan umur seni antara 70 hingga 100 tahun. Berikut adalah beberapa karya seni yang ada di Artisian Bar:


    1. Chicken Pair




    Terletak di pintu masuk Artisian Bar, karya seni antik ini menampilkan sepasang ayam dari pulau Madura, seuah pulau yang terletak di utara Surabaya. Karya seni ini awalnya merupakan dekorasi dari sebuah kapal yang mengarungi samudera di abad ke-19. Dalam budaya Madura, ayam merupakan simbol dari ketekunan, kerja keras serta kegigihan.


    2. Toraja House Art


    Karya seni raksasa yang terbuat dari kayu ini memiliki struktur berbentuk segitiga, dan merupakan salah satu simbol yang istimewa dari rumah tradisional Toraja. Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, Toraja sendiri merupakan sebuah etnik dari Tana Toraja, yaitu suku yang tinggal di dataran tinggi di Sulawesi Selatan, sekitar 315 km dari kota Makassar ke arah utara.


    3. Hanging Tenun


    Tiga kain tenun tradisional ikut dipamerkan di dinding Hotel Alila SCBD, masing-masing menampilkan motif tekstil yang unik dari berbagai daerah di Indonesia. Kain pertama berasal dari Palembang, Sumatera Selatan, yang terinpirasi dari campuran budaya Tiongkok dan India, sedangkan dua kain lainnya berasa dari Pulau Flores, sebuah pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur - yang memang kerajinan kain tenunnya sudah dikenal luas di seluruh Indonesia, dan di Pulau Flores sendiri sering dipakai untuk berbagai acara penting seperti acara kelahiran, pernikahan serta upacara kematian.


    4. Indonesian Dance Masks




    Koleksi topeng khas Indonesia pun ikut ditampilkan dalam instalasi seni tersebut. Topeng-topeng tersebut dikumpulkan dari berbagai suku di Indonesia - yang kebanyakan berasal dari Pulau Jawa dan Pulau Bali. Suku-suku ini memang dikenal masih menampilkan tarian-tarian tradisional mereka dengan topeng-topeng khas sebagai propertinya. Diukir dari kayu kemudian dilukis dengan seksama, topeng-topeng tersebut secara tradisional melambangkan keindahan alam serta nenek moyang.


    5. The Octopus and Ferns


    Ukiran kayu super-rumit ini menggambarkan gurita dan tumbuhan pakis, serta memiliki makna hubungan asmara yang terjalin manis dan harmonis. Berasal dari suku Dayak di Kalimantan, karya seni ini awalnya merupakan bagian dari sebuah dermaga kapal yang mengarungi lautan di abad ke-19.


    6. Ceremonial Shields


    Empat perisai seremonial digantung dengan indahnya pada salah satu dinding, seluruhnya merupakan koleksi yang sudah dikurasi dari ratusan perisai seremonial tradisional dari Cirebon, Jawa Barat. Desain pada perisai tersebut dipengaruhi oleh warna-warna dan motif Indocina. Beberapa dari koleksi ini berasal museum seni dan kolektor seni.


    Entah kamu menginap di Hotel Alila SCBD, atau sekadar berkumpul di Artisian Bar untuk relaks bersama teman terdekat, atau justru datang untuk seBuah gelaran acara kreatif, karya-karya seni unik dan tradisional ini merupakan elemen pendukung yang siap melengkapi acaramu.

    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Alila SCBD)