Lifestyle

Ini Dia Kisah Horor yang Paling Viral di Media Sosial!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       28/10/2019
  • Kisah horor tidak pernah gagal untuk menarik perhatian warga Indonesia. Pasti kamu dan teman-temanmu sering bertukar cerita seram yang menegangkan, bukan? Terutama saat sedang berkumpul malam-malam, berbagi cerita horor sudah seperti kegiatan wajib. Dan dengan adanya media sosial, kini cerita horor lebih mudah untuk tersebar, dan akhirnya menjadi bahan pembicaraan yang cepat menjadi viral.

    Nah, tahun ini, perusahaan analisa dan monitoring media Isentia membuat laporan mengenai kisah horor yang paling dibicarakan di media sosial Indonesia. Isentia menganalisa sebanyak 27.399 buzz yang terkait dengan kata kunci ‘horor’ dan ‘mistis’ dari tanggal 1 Agustus hingga 3 Oktober 2019, dan mereka menemukan bahwa ada empat kisah horor yang paling viral selama jangka waktu tersebut. Mau tahu apa saja? Mari kita simak!




    1. Boneka Pembawa Keberuntungan


    Total buzz: 11.980

    Girls, apakah kamu pernah mendengar cerita Luk Thep? Konon, di Thailand ada boneka yang dijuluki Takutta Luk Thep, dan boneka ini dipercayai menjadi sarang untuk roh anak-anak yang dapat menghasilkan keuntungan untuk pemiliknya—agak mirip dengan kisah tuyul. Dikutip dari Mojok.co, warga Thailand sempat tegila-gila dengan boneka tersebut, bahkan boneka Luk Thep dijual mulai dari THB100 hingga THB 10.000 (sekitar Rp38.000 - Rp3,8 juta). 

    Kisah boneka ini mulai viral di media sosial dan tersebar ke negara Asia Tenggara lainnya, termasuk Indonesia. Bahkan kata kunci ‘boneka’ mendapat hampir 12 ribu buzz di media sosial Indonesia pada bulan Agustus hingga awal Oktober kemarin.


    2. KKN Di Desa Penari

    Total buzz: 6.200

    Hmm… Cosmo yakin kebanyakan dari kalian sudah familier dengan kisah horor yang satu ini. Yup, cerita yang berawal dari sebuah thread di Twitter oleh akun bernama SimpleMan menduduki posisi kedua dalam daftar kisah horor paling viral di media sosial. 



    Kalau kamu belum sempat membaca ceritanya (karena thread-nya memang cukup panjang, sih), KKN Di Desa Penari berkisah tentang sekelompok mahasiswa yang sedang menjalani KKN (Kuliah Kerja Nyata) di sebuah terpencil, dan mereka mengalami kejadian mengenaskan yang bermula dari cinta dan nafsu. Menariknya lagi, cerita ini memiliki dua versi dari perspektif dua tokoh yang berbeda, jadi para pembaca bisa mengetahui kedua sisi cerita. Butuh waktu yang cukup lama untuk membaca kedua thread tersebut, but it’s worth it!



    Setelah cerita ini viral di media sosial, KKN Desa Penari telah diadaptasi menjadi sebuah novel (ditulis oleh SimpleMan sendiri) yang lebih detail, dan menurut laporan CNN Indonesia, MD Entertainment sedang berencana untuk mengadaptasi cerita ini menjadi sebuah film layar lebar yang akan tayang pada awal tahun 2020.


    3. Ojek Online Mistis

    Total buzz: 1.657 

    Kisah Orderan Mistis Ojol menempati posisi ketiga dalam daftar ini dengan 1.675 buzz. Kabarnya, ada banyak pengemudi ojek online yang pernah mendapat pesanan dari atau ke Menara Saidah, sebuah gedung pekantoran di Pancoran, Jakarta Selatan yang sudah kosong sejak tahun 2009. Yikes!


    4. Danur

    Total buzz: 1.432 

    Film Danur pun menjadi salah satu cerita horor yang paling dibicarakan di media sosial. Kisah Danur sendiri diadaptasi dari pengalaman pribadi Risa Saraswati yang mengaku punya kemampuan untuk melihat dan berkomunikasi dengan makhluk gaib. Danur dirilis pada tahun 2017 dan sekarang telah memiliki dua sekuel: Danur 2: Maddah yang dirilis pada tahun 2018, dan Danur 3: Sunyaruri yang mulai tayang di bioskop pada akhir September kemarin. 




    (Shamira Natanagara / Ed. / Image: IMDb)