Lifestyle

Review Film: Love For Sale 2, Akhirnya Arini Kembali!

  by: Giovani Untari       31/10/2019
  • Permisi… Rumahnya Indra Tauhid? Saya Arini.. Arini Chaniago.”

    Kalimat pamungkas inilah yang menjadi salah satu scene dalam teaser film Love For Sale 2.

    Yang artinya: Arini is back!



    Bagi kamu penonton film Love For Sale pertama, mungkin sudah tak asing lagi dengan sosok Arini (Della Dartyan). Tapi jika belum.. Kenalkan Arini Kusuma, perempuan cantik dan loveable yang bekerja untuk Love Inc, sebuah aplikasi istimewa yang dapat meng-handle urusan percintaan sesuai keinginan para kliennya.



    A little bit flashback (again..in case you missed it!)

    Pada Love For Sale 1, Arini dihadapkan dengan klien bernama Pak Richard (Gading Marten), seorang pemilik minimarket dengan usia matang yang kesepian dan sulit untuk membuka diri dalam urusan percintaan dan hidup. Singkatnya Richard pria kolot yang tiba-tiba kedatangan Arini dan akhirnya berhasil menemukan titik terang dan warna baru dalam hidupnya.

    Paska menyelesaikan tugas dari rumah Pak Richard (yang lantas membuat gempar karena ia tiba-tiba menghilang), Arini menjadi objek pencarian dan ternyata... ia tengah bertugas untuk klien barunya di film Love For Sale 2.


    A BIG PLOT 

    "The most horror love story" begitu tagline yang diberikan oleh Visinema Pictures untuk film lanjutan Love For Sale 2 ini. Film ini bahkan dirilis pada tanggal 31 Oktober 2019, yang mana bertepatan dengan perayaan halloween!

    Pertanyaannya: "Memang seberapa horor sih film keduanya ini?"

    Di film keduanya tersebut kita mulai kembali cerita tentang Arini yang berganti nama menjadi Arini Chaniago.



    Kali ini klien Arini adalah Indra Tauhid alias Ican (Adipati Dolken), pemuda berusia 30-an yang mulai lelah diceramahi sang ibu (Ratna Riantiarno) untuk memiliki pasangan. Menjadi anak tengah dan satu-satunya yang masih melajang, Indra jelas harapan terakhir ibunya yang mendamba ia menikah dengan perempuan yang tepat.

    Bosan selalu ditagih soal pasangan hidup, Indra pun lantas mencari jalan keluar dengan menggunakan aplikasi Love Inc, untuk mendapat sosok "pasangan" ideal juga sesuai dengan kriteria sang ibu yang digaris bawahi Indra: Padang banget!



    Arini lantas menjelma menjadi figur idaman ibu Indra: cantik, sopan, periang, asyik diajak ngobrol, jago masak, sampai bisa berbahasa Padang. Ia bahkan mendapat panggilan sayang dari sang ibu yaitu upiak dan sudah dianggap seperti anak perempuannya sendiri. Kehadiran Arini perlahan tapi pasti membuat seisi keluarga Indra (bahkan tetangganya!) berubah karena ibunya jauh terlihat bahagia. 

    Datangnya Arini tak hanya menghipnotis sang ibu, pasalnya Arini juga perlahan tapi pasti membuat Indra yang rebel berubah dan jatuh cinta pada sosoknya. Ia bahkan memperpanjang masa kontrak Arini agar bisa terus bersama dengan Arini.



    Jadi apakah kali ini Arini akan kembali melakukan apa yang ia lakukan di film perdananya? Who knows.... Jawabannya bisa kamu temukan dengan menonton film ini tentu saja. 

    Tak seru bukan kalau Cosmo harus membocorkan ending-nya di sini?


    ABOUT THE MOVIE


    Love For Sale 2 memang datang dengan cerita yang berbeda dengan film pertamanya. Ketika resmi diumumkan ada sekuelnya, jujur ada rasa penasaran apakah akan semenarik film perdananya. Terlebih sosok Richard yang diperankan Gading Marten telah sangat membekas di otak, kala di hadapkan dengan kenyataan Love For Sale 2 dengan pemeran utama prianya yang berbeda.

    Tetapi kekhawatiran tersebut sedikit menghilang sebab Andibachtiar Yusuf kembali duduk di bangku sutradara untuk film keduanya ini. 

    Bisa dibilang Love For Sale 2 tetap memiliki DNA yang sama dengan film pertamanya: tone sinematografi yang apik, skrip yang mengalir di telinga, serta lelucon yang menyenangkan dan relateable dengan kehidupan saat ini. Meski ceritanya dibuat lebih complicated dan penokohan yang lebih padat lengkap dengan ceritanya masing-masing.



    Dan kalau Cosmo babes sebelumnya telah menyaksikan beberapa film produksi Visinema Pictures seperti Filosofi Kopi, Keluarga Cemara, Buka'an 8, Surat dari Praha, ada satu hal yang selalu menjadi ciri khas utama dari rumah produksi ini: film dengan cerita berbalut pesan moral atas kehidupan.



    Love For Sale 2 pun sama. Meski bergenre komedi romantis (bukan horor tentu saja!), film ini banyak mengajarkan tentang arti keluarga yang sesungguhnya. Betapa sebenarnya terkadang kita kerap mengabaikan tugas kita sebagai anak yaitu... membahagiakan orang tua.



    Siap-siap juga untuk jatuh cinta dengan karakter sang ibu yang diperankan dengan menawan oleh aktor senior Ratna Riantiarno. Setiap kalimat yang ia ucapkan rasanya akan mengingatkan kamu pada sosok ibu di rumah. Lama tak muncul aktor Revaldo juga kebagian peran yang refreshing sebagai tetangga Indra.  

    Bagaimana dengan kedua pemeran utamanya? 



    Well said Adipati Dolken tampil prima sebagai Indra Tauhid Sikumbang atau Ican, pria berumur 30 tahunan yang free-spirit, sedikit keras kepala, dan penuh jiwa petualang. Cukup berbanding terbalik memang dengan sosok Pak Richard di film pertama. Adipati terampil dalam memainkan emosi sebagai pria matang sekaligus anak tengah yang terjebak struggle antara keinginan pribadi dan ibunya.

    Sedangkan Della Dartyan kembali memerankan sosok Arini yang irresistible. Bedanya ia kini menjadi Arini yang menjadi sosok menantu idaman di film Love For Sale 2. Della pun turut merepresentasikan Arini yang menyenangkan namun ada sisi dalam dirinya yang tetap untouchable. Good job!

    Love For Sale 2 juga menghadirkan sosok cameo yang sempat membuat satu bioskop di acara gala premier pun tercekat dengan sosoknya di dalam scene. Bisa menebak siapa ia?



    Akhir kata, we enjoy this movie so much

    Meski dibuat penasaran, paling tidak Love For Sale dan Love For Sale 2 bukan film romantic comedy Indonesia yang menawarkan sesuatu nan klise atau alur yang harus selamanya dibuat flowery. Because dude.. life is like roller coaster. It has it's ups and downs, right?


    (Giovani Untari / Images: Dok. Instagram @loveforsalefilm)