Lifestyle

Ini Perbedaan Sun, Moon, Rising Sign yang Perlu Kamu Tahu

  by: Alexander Kusumapradja       29/10/2019
  • Bicara tentang zodiak memang seakan tak ada habisnya. Terlepas dari apakah kamu orang yang percaya astrologi atau tidak, rasanya hampir semua orang pasti tahu kalau ditanya “Zodiak kamu apa?” Tapi, biasanya orang hanya tahu sun sign mereka saja alias zodiak sesuai tanggal kelahiran. Padahal makin ke sini, horoskop juga makin kompleks dengan adanya istilah seperti moon sign dan rising sign yang kini sudah sering didengar tapi mungkin masih membuatmu bingung.

    Kalau kamu termasuk yang kurang percaya dengan zodiak karena tidak merasa relate dengan deskripsi zodiakmu sendiri, ini saat yang tepat mengenal lebih dalam tentang apa itu sun sign, moon sign, dan ascendant/rising sign. Memahami ketiganya bisa menjadi cara yang lebih ampuh dalam memahami kepribadianmu atau orang lain, lho, girls.



    Sistem horoskop yang kita pakai sekarang adalah Astrologi Barat yang lahir lebih dari 2000 tahun lalu di Mesopotamia yang diciptakan oleh kaum Babylonia dan disempurnakan oleh Bangsa Yunani. Sistem astrologi ini melacak pergerakan planet dan matahari melalui konstelasi zodiak tahunan dan menghubungkannya dengan karakteristik mereka yang lahir di bawah zodiak tersebut. Posisi planet dan bintang ketika seseorang lahir menentukan chart kelahiran mereka, dari penjajaran itu para ahli astrologi menentukan sun, moon, dan rising sign kita. Ketiga sign ini sama pentingnya dan memengaruhi bagian berbeda dari kepribadianmu secara umum. Agar lebih jelas, kita bahas satu per satu ya:


    Sun Sign

    via GIPHY

    Sun Sign adalah zodiak yang biasanya orang jawab ketika ditanya “Apa zodiak kamu?” dan sesuai namanya, hal ini ditentukan dari posisi matahari ketika seseorang lahir dan memengaruhi kepribadian dan sifat orang tersebut. Caranya tinggal mencari tanggal dan bulan kelahiranmu saja. Sebagaimana matahari adalah pusat dari tata surya, menurut ahli astrologi, sun sign adalah lambang dari ego atau inti dari diri kita dan sun sign juga menjabarkan bagaimana ego kita berhubungan dengan dunia dan tantangannya.

    Sebagai gambaran besar dari hidup, ego, dan kepribadianmu, sun sign adalah karakteristik seseorang yang konstan. Posisi matahari di chart kelahiran dapat memberikan banyak info tentang bagaimana seseorang mengekspresikan diri mereka sendiri dan efeknya pada lingkungan sekitar.

    Bila rising/ascendant sign adalah kepribadian yang terlihat pertama kali secara dari luar dan moon sign adalah kepribadian yang lebih tersembunyi di dalam, sun sign adalah pusat/tengah kepribadianmu yang menjadi jangkar dan poros dari duniamu.


    Moon Sign


    Moon sign adalah sisi yang lebih emosional dan mendalam dari kepribadianmu. Ibaratnya, kalau sun sign adalah matahari yang bersinar terang dan dapat dilihat orang lain, maka moon sign adalah cahaya bulan yang temaram dan menjadi bagian lebih personal dari dirimu yang tak semua orang lihat. Moon sign lebih tentang inner thoughts, emosi, perasaan, dan apa yang kamu dengar ketika sedang berpikir atau merenung. Meskipun misalnya kamu punya sun sign Leo yang berapi-api bila di depan umum, bisa saja kalau sendirian justru kamu lebih merasa seperti Libra yang tenang.



    Untuk mengetahui moon sign, selain tanggal lahir (tahun, bulan, tanggal), kamu juga harus tahu jam berapa persisnya dan zona waktu tempat kamu dilahirkan. Tak perlu repot pakai jasa ahli astrologi profesional, sekarang pun sudah banyak situs yang menyediakan kalkulator moon sign dengan gratis seperti CafeAstrology atau Astrocal.

    Moon sign lebih tentang emosi dan sentimen yang terkadang kita tak bisa atau tak mau ekspresikan ke orang lain, termasuk perasaan vulnerable, emosional, dan rahasia pribadi. Sering kali orang justru lebih merasa relate dengan moon sign mereka dibanding sun sign atau rising/ascendant sign mereka, walaupun pada akhirnya ketiganya akan membentuk kepribadian seseorang.


    Ascendent/Rising Sign


    Bila moon sign sudah makin umum, maka rising/ascendant sign mungkin masih jarang dibicarakan. Sign ini mengacu pada dirimu yang kamu tunjukkan ke dunia, seperti riasan yang kamu pakai setiap hari, gaya busana yang kamu pakai, teman yang akrab denganmu dan lain-lain. SIngkatnya, sign ini adalah yang pertama kali orang tangkap saat melihat dirimu. Kamu bisa saja berzodiak Scorpio tapi orang mengira kamu Aquarius sebagai contohnya.

    Tapi rising sign sendiri bukan mengacu ke planet seperti sun dan moon sign. Ascendant/rising sendiri maknanya adalah titik langit bertemu dengan bumi alias garis horizon di mana matahari terbit setiap hari. Untuk mengetahui ascendant/rising sign, kita harus tahu waktu kelahiran yang tepat (jam dan menit) dan tempat kelahiran karena rising sign berganti setiap beberapa jam, yang artinya walaupun dua orang lahir di tanggal yang sama (sun sign) tapi belum tentu rising sign mereka juga sama. Cek di sertifikat kelahiranmu atau cari di online rising sign calculator untuk mengetahui rising sign milikmu.

    Bila sun sign mewakili inti dirimu dan moon sign mewakili inner personality, maka rising sign bisa dibilang perwakilan dari sisi terluarmu, seperti topeng yang kita pakai saat bertemu orang baru untuk melindungi diri kita yang lebih pribadi. Lalu apa bedanya dengan sun sign? Kalau sun sign adalah inti dari kepribadian seperti ego, rising sign adalah sifat di permukaan yang biasanya kamu pakai di kehidupan sosial. Sadar atau tidak, kita lebih menampilkan rising sign kita dibandingkan sun sign. Walaupun terdengarnya superficial, tapi rising sign tetap menjadi bagian penting yang menggambarkan dirimu dari kacamata astrologi.


    Masing-masing sign ini penting karena mewakili bagian berbeda dari dirimu. Chart kelahiran kita pun sebetulnya sangat luas dan kompleks lagi di mana setiap planet juga punya pengaruh. Tapi walaupun sun, moon, dan rising baru permulaan, dengan memahami ketiganya akan memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang diri kamu sendiri maupun orang lain. Kalau sudah tahu tiga sign kamu, next time membaca ramalan bintang, kamu bisa membaca ketiga sign milikmu, tapi idealnya, yang harus kamu baca pertama kali adalah ramalan untuk rising sign, lalu sun, dan yang terakhir moon.


    (Alex K. / Image: Larm Rmah on Unsplash)