Lifestyle

5 Rekomendasi Podcast Horror Lokal yang Bikin Merinding!

  by: Alexander Kusumapradja       31/10/2019
  • Bosan kegiatan Halloween yang itu-itu saja? Sekarang ada alternatif baru, yaitu mendengarkan podcast bertema horror yang bisa membuat bulu kudukmu merinding. Kamu bisa mendengarkannya sebelum tidur kalau kamu punya nyali, tapi kalau penakut, didengarkan bersama teman-teman sambil sleepover dan menikmati kudapan ringan pun bisa jadi hal yang seru lho.

    Sensasinya sama seperti generasi sebelumnya mendengarkan cerita horror melalui stasiun radio dan terkadang mendengarkan audio justru bisa jauh lebih menyeramkan dibanding menonton film horror karena audio menghadirkan theater of mind alias imajinasi personal di kepala kamu saat mendengarkannya.

    Untuk malam Halloween ini, Cosmo telah merangkum beberapa rekomendasi podcast bertema horror untuk menemani malammu. Siapkan selimut, redupkan lampu, dan jangan lupa berdoa ya biar tidak terlalu takut!




    1. Do You See What I See?

    Kumpulan Cerita Horor True Story, demikian deskripsi dari podcast milik Rizky Adi Nugroho yang punya nickname @mizter.popo ini. Sejak muncul pada November 2018, Do You See What I See (DYSWIS) langsung menarik perhatian pendengar podcast Indonesia dan sering menduduki peringkat pertama di chart podcast Spotify. Menurut Rizky, podcast ini sudah didengar oleh lebih dari 8 juta orang di Spotify! Awalnya, Rizky hanya merekam suaranya sendiri dan menceritakan pengalaman horror yang pernah dialami ayahnya, namun setelah konten perdana yang jadi viral, Rizky pun banyak menerima kiriman cerita horror melalui email dan direct message, hingga akhirnya Rizky pun menerima kiriman cerita horror dengan syarat si pengirim harus merekam suaranya sendiri saat menceritakan kisah horror mereka dan mengirimnya ke email [email protected] Sampai saat ini, DYSWIS sudah memiliki 178 konten cerita horror yang pastinya bakal membuat kamu merinding. Berani mendengarkan sendirian?


    2. Ludah Pocong

    Dipandu oleh dua mahasiswa salah satu universitas di Yogyakarta, yaitu Hadiid Abdurrohman (@aditabd.d) dan Gilang Ageng (@lazy_almond), Ludah Pocong menyebut dirinya sebagai podcast horror autentik yang menyeramkan tapi juga ngeselin. Maksudnya? Jadi dalam menceritakan pengalaman horrornya, mereka juga sering menyelipkan humor untuk mencairkan suasana dan membuat kamu tertawa. Mendengarkan mereka seperti mendengarkan cerita dari dua sahabat akrab. Hingga kini, Ludah Pocong telah memiliki 56 episode yang rutin diunggah setiap minggu dan tak hanya menceritakan pengalaman mistis yang mereka alami sendiri tapi juga yang dialami oleh teman-teman sendiri maupun pendengar yang bisa mengirim cerita dalam bentuk voice note atau teks yang dikirim ke [email protected] Dibanding podcast lain, durasi Ludah Pocong lumayan lama dengan durasi sekitar 20 menit sampai tiga jam!


    3. Podcast Bagi Horror

    Dibanding podcast lain yang biasanya mengunggah seminggu sekali, Podcast Bagi Horror yang dipandu oleh Pradipta Arga (@argasays) ini mengunggah cerita baru hampir setiap hari jadi kamu tak perlu menunggu lama untuk asupan cerita horror kamu. Selain menerima cerita horror dari pendengar yang dikirim ke [email protected], atau melalui Twitter @bagihorror, Arga juga sering bercerita tentang mitos dan legenda yang beredar di masyarakat. Dengan suasana mistis yang juga dibangun oleh suara background yang bikin bulu kuduk bergidik, sebaiknya sih kamu tidak sendirian ya mendengarkan podcast ini kalau tidak mau ketakutan sendirian.




    4. Kamis Misteri

    Podcast ini menjadi bagian dari proyek podcast milik situs komunitas terkenal Kaskus dan cerita dalam Kamis Misteri diambil dari berbagai thread horror dan misteri yang ada di Kaskus. Kisahnya cukup beragam, mulai dari cerita tentang boneka mistis asli Indonesia, tentang jam 3 pagi yang disebut sebagai “jam iblis”, hingga kisah nyata narapidana perempuan yang berada satu sel dengan makhluk halus di Surabaya. Sejauh ini ada 20 cerita yang diangkat di Kamis Misteri, sayangnya jadwal unggah mereka belum teratur dan terakhir unggah adalah 4 September 2019 lalu.


    5. Podcast Malam Kliwon

    Meskipun terbilang baru, namun podcast horror ini sayang dilewatkan begitu saja. Sesuai namanya, Podcast Malam Kliwon yang dipandu oleh Bimo Kusumo (@bimoky) dan Ramadhanu (@ramarizk) “bergentayangan” saat Malam Kliwon. Sejauh ini Podcast Malam Kliwon sudah punya 14 episode dengan judul-judul menyeramkan seperti “Kuntilanak Merah Komplek Sunter”, “Jin Penunggu Gedung Arsip Nasional”, dan “Kereta Hantu Stasiun Depok Baru”. Terkadang, saat rekaman, mereka juga diganggu oleh bunyi-bunyi misterius yang makin membuat atmosfer semakin menyeramkan.


    (Alex K. / Image: Alice Moore on Unsplash )