Better You

Catat! Makanan yang Baik untuk Jadi Bahan Menu Sarapan

  by: Givania Diwiya Citta       1/10/2020

    • Sarapan adalah sesi bersantap yang paling penting dalam sehari.
    • Serat adalah bahan makanan yang baik untuk jadi menu sarapan.


    Pepatah bilang (oke, para ahli juga) bahwa sarapan adalah sesi bersantap yang paling penting dalam satu hari, tapi kalau kamu tak melibatkan satu bahan tertentu ini, kamu mungkin tak memberi kesempatan bagi metabolisme untuk memulai masa aktifnya.




    Ahli diet Rachel Clarkson, sang ‘DNA Dietician’ yang bekerja di Harley Street, London – yang bekerja bersama Swisse Me – menjelaskan bahwa, “Mengisi tubuh dengan makanan di pagi hari akan mengaktifkan metabolisme Anda.” Ini sebabnya ia tak pernah merekomendasikan jika kita beraktivitas tanpa sarapan terlebih dahulu – meskipun jika artinya kamu sarapan saat dikejar mobilitas.


    “Melewati hari yang panjang tanpa makan bisa memperlambat metabolisme, jadi saya selalu mendorong para klien saya untuk tidak melewatkan sarapan di pagi hari. Sarapan memberi Anda energi untuk sepanjang hari,” ujar Rachel pada Cosmopolitan. “Saat Anda bangun tidur, simpanan energi Anda sedang rendah, jadi menyantap sarapan akan menghidupkan kembali energi yang rendah tadi hingga Anda memiliki tenaga optimal untuk sisa hari setelah pagi tadi.”


    Menurut para ahli diet, sarapan seharusnya memberi kamu asupan “kombinasi nutrisi makro”, termasuk protein, karbohidrat, lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral. Tapi salah satu dari nutrisi makro yang paling jadi pahlawan saat sarapan adalah: Serat.


    “Menyantap sarapan yang mengandung serat akan menolong dalam meningkatkan metabolisme Anda lebih dari biasanya,” tegas Rachel. Metabolisme kamu adalah tingkatan di mana tubuh membakar makanan dan menjadikannya energi, jadi kalau kamu ingin energi yang optimal dan ingin menyimpan lemak dalam jumlah paling minimum, caranya adalah dengan meningkatkan metabolisme yang terbaik yang bisa kamu kerahkan.


    Rachel pun merekomendasikan daftar makanan yang baik untuk jadi bahan menu sarapan (dengan banyak kandungan serat!) seperti berikut ini:


    Bubur oat dengan susu skim ataupun fortified dari kedelai, dengan tambahan buah-buahan berry dan biji-bijian.


    via GIPHY




    Sereal rendah gula namun tinggi serat, seperti bran dengan yoghurt rendah lemak, satu buah plum yang telah dipotong-potong, dan kayu manis.



    Telur ceplok rebus dengan roti gandum, lalu ditambahkan setengah buah alpukat, dan tomat cherry.



    Puding chai seed yang dikombinasikan dengan yoghurt rendah lemak, susu almond fortified yang tidak dimaniskan, selai kacang, dan buah-buahan kering.


    Tak ada waktu yang ‘diatur absolut’ tentang kapan harus menyantap sarapan setelah bangun tidur, jelas para ahli diet – tapi sesegera mungkin kamu sarapan, maka akan lebih cepat pula dorongan energi yang akan kamu dapatkan. Mungkin sarapan jadi alternatif yang lebih sehat dibanding menyeduh kopi?


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitame.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Image: Svetlanasokolova from Freepik)