Beauty

Cara Menyamarkan Akar Rambut yang Belum Dicat Ulang di Salon

  by: Shamira Priyanka Natanagara       1/10/2020
  • Penata rambut, ketika mengecat rambut yang sudah tumbuh kembali, tidak hanya memilih warna secara random dari pilihan yang tersedia untuk diaplikasikan pada helai-helai rambutmu. Mereka telah mempelajari teknik pencampuran warna agar ahli dalam membuat warna yang tepat yang bisa berbaur mulus dengan helai-helai lainnya. Ini, Cosmo Babes, adalah proses rumit yang dilakukan para profesional untuk menghindari "banding", alias batas yang menunjukkan di mana hasil cat rambut boks melapisi warna hasil salon.

    Nah, itulah mengapa mengecat akar rambut di rumah bisa menjadi sebuah tantangan, terutama jika kamu memiliki rambut coklat muda atau blonde. Namun tak perlu sedih! Berikut ini adalah beberapa trik menyembunyikan rambut yang baru tumbuh kembali hingga kamu bisa mengunjungi salon untuk retouch.




    1. Gunakan bando

    Cara paling mudah untuk menyembunyikan akar rambut yang belum dicat ulang adalah dengan menggunakan bando tebal. Tak akan ada yang tahu rahasiamu, dan rambutmu akan tampak rapi.



    2. Cepol rambutmu

    Gaya rambut cantik seperti cepol alias topknot akan membuat akar rambut yang baru tumbuh terlihat classy dan teratur. Semprotkan spray rambut untuk melengkapi look ini.



    3. Tata rambut menjadi kepang

    Akar rambut yang belum di-retouch akan hampir tidak tampak ketika kamu mengepang rambut—justru akan terkesan seperti kamu memiliki balayage. Cosmo menyarankan untuk mencoba kepangan yang dekat dengan kulit kepala seperti crown braid atau mohawk braid



    4. Coba gaya messy hair

    Tambahkan volume dan tekstur untuk mengalihkan perhatian dari warna akar rambut yang kontras. Kamu juga bisa membuat belahan rambut zigzag untuk menyamarkan area rambut yang baru tumbuh. Keritingkan rambutmu dan semprotkan sea salt spray untuk menciptakan gaya messy yang effortless







    5. Gunakan maskara

    Samarkan akar rambut dalam sekejap dengan beberapa lapis maskara favoritmu.

    Cosmo recommends: Sephora Collection Outrageous Extension Mascara (beli di Sephora Indonesia, Rp270.000,-.)



    6. Semprotkan spray pewarna akar rambut

    Satu lagi produk color-correcting yang bisa kamu coba adalah spray pewarna rambut yang semi-permanen. Warna yang bersifat sementara bisa menyembunyikan akar dan membantu membaurkan warnanya dengan helai-helai rambut lainnya.

    Cosmo recommends: L'Oréal Paris Magic Retouch (beli di situs resmi L'Oréal Paris, Rp89.000,-.)




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Philippines / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Dok. Instagram/iamsofiaandres, Instagram/justinemarjan)