Fashion

5 Cara Mudah & Stylish Memakai Batik ala Seleb, Bisa Ditiru!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       2/10/2020
  • Pada Hari Batik Nasional tahun ini, Cosmo ingin mengingatkanmu bahwa batik cocok untuk digunakan sebagai dailywear, kok! Kebanyakan orang Indonesia masih mengasosiasikan batik dengan formalitas, sehingga tidak sedikit orang hanya memakai batik saat menghadiri acara pernikahan, rapat kantor, atau acara formal lainnya. Namun kamu pun bisa menggunakan batik dengan bangga di kehidupan sehari-hari, lho. Yuk, intip cara lima seleb tanah air berikut ini menggunakan batik untuk melengkapi pakaian mereka!


    As a Tube Top

    Kalau kamu subscribe ke channel YouTube Arawinda Kirana, atau mungkin pernah menemukan akun TikTok-nya, mungkin kamu sudah tahu bahwa aktris muda ini gemar memakai kain tradisional. Dan menariknya, ia mampu membuat kain batik tampak super santai—sebagai pakaian rumah yang nyaman dan tidak gerah. Lihat kain batik yang ia ikat menjadi sebuah tube top di foto berikut ini. Cantik sekali!




    Mau tahu cara Arawinda mengubah kain batik menjadi sebuah tube top yang bisa kamu gunakan saat cuaca sedang panas? Simak tutorial yang pernah ia buat berikut ini, dimulai pada menit 9:07.




    As a Loungewear

    Satu lagi inspirasi bagi kamu yang ingin memakai batik untuk bersantai-santai di rumah. Kamu bisa memadukan tank top atau tube top polos dengan maxi skirt batik seperti Zsazsa Utari. Kuncir juga rambutmu seperti Zsazsa, dan sekarang kamu siap bersantai-santai sambil tampil cantik dengan rok batik!



    As a Shawl

    Kamu pun bisa menambahkan sentuhan motif pada pakaian dengan memakai selendang batik. Tatyana Akman tampak super trendy dengan selendang batik merah yang ia lilitkan pada leher, dan ia pun melengkapi look-nya dengan bucket hat modern. I mean, siapa bilang kamu tak bisa memadukan fesyen tradisional dengan yang kekinian?





    As a Hair Accessory

    Kita semua tahu Tara Basro adalah penggemar berat pakaian tradisional (sudah pernah lihat foto-foto pre-wedding Tara dan Daniel Adnan, kan?), so tentunya aktris yang satu ini bisa diandalkan saat mencari inspirasi cara memakai batik di kehidupan sehari-hari. And look what we found! Tara pernah memanfaatkan syal batik sebagai aksesori kepala. Kalau sedang mengalami bad hair day, atau mungkin akar rambutmu belum sempat di-touch up di salon, coba tiru gaya Tara yang satu ini.



    As a Belt

    Setiap penggemar fesyen tentu memiliki LBD alias little black dress dalam lemari pakaiannya, kan? Nah, kamu bisa membuat dress hitam polos yang terlihat terlalu 'sepi' menjadi lebih menarik dengan kain batik yang melingkari pinggang. Butuh contoh? Tengok look Jihane Almira berikut ini. Sabuk obi batik yang ia pakai membuat gaun hitamnya tampak lebih eye-catching.



    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. Instagram/arawindak, Instagram/zsazsautari, Instagram/tatyanaakman, Instagram/tarabasro, Instagram/jihanealmira)