Celebrity

Tips Bersepeda Seru di Jakarta dari Fotografer Rendha Rais

  by: Givania Diwiya Citta       4/10/2020
    • Fotografer Rendha Rais telah menekuni bersepeda sebagai hobi dan olahraga yang digelutinya.
    • Cosmo pun berbincang tentang tips seru untuk bersepeda serta perjalanan bersepeda Rendha.


    Jika berbincang tentang hobi bersepeda yang tengah marak di skena olahraga urban, fotografer Rendha Rais pun telah menekuni dunia sepeda sebagai hobi serta bidang olahraganya. Dengan kolaborasi bersama @TheCyclistPortrait yang menangkap berbagai persona cyclist lintas profesi dan latar, Cosmo pun berbincang dengan Rendha untuk berbagi tips seru kala bersepeda serta perjalanannya dalam menekuni olahraga bersepeda ini. Simak, girls!




    Hai Rendha! Bagaimana awal mula Anda mulai aktif dan ‘terjun’ ke hobi bersepeda ini?

    Saya sudah suka sepeda dari SD. Saya ingat Ibu saya sering memarahi saya karena saya kerjanya hanya sepeda-berenang terus, sampai badan saya belang! Saya pun mulai bersepeda lagi sejak satu atau dua tahun lalu, karena senang sekali ada sepeda lipat yang bisa dibawa ke mana pun. Tapi sekarang, saya justru lebih senang pakai sepeda besar, lho.  


    Apakah Anda memiliki keinginan atau target tertentu yang berhubungan dengan hobi bersepeda tersebut?

    Saya justru punya target untuk lebih sering jalan-jalan, karena sejauh ini saya masih main di kota saja. Saya ingin mencoba bersepeda ke daerah-daerah, atau bersepeda sampai ke luar kota. Tapi tak perlu ambisius, saya hanya ingin mengajak sepeda saya jalan-jalan ke kota lain di Indonesia.  



    Apa perasaan yang Anda rasakan setiap kali bersepeda? Terutama setelah berhasil menempuh jarak yang maksimal dan mengarungi medan yang berbeda?

    Senang sekali! Rasanya bersepeda itu seperti sedang melepas penat, karena kita bisa melihat dunia sekitar. Jika biasanya kita bermobilisasi naik mobil, maka saat bersepeda, kita bisa menemukan vibes yang berbeda, bisa mampir ke mana pun, ataupun bisa ke area yang tak bisa dijangkau oleh kendaraan besar. 


    Apakah Anda biasanya lebih memilih bersepeda sendiri, atau bergabung dalam grup?

    Biasanya saya senang bersepeda dalam grup Lazy Cycling Club, karena ada yang menyemangati saat saya capek. Tapi untuk sekarang di masa pandemi, saya lebih memilih bersepeda sendiri. We ride alone together! 


    Apakah Anda rutin bersepeda setiap hari? Bagaimana biasanya Anda mengatur jadwal bersepeda di antara aktivitas yang padat?

    Biasanya saya bersepeda tiga sampai empat kali dalam seminggu, terutama di akhir pekan. Untuk hari biasa, saya kerap mengombinasikannya dengan berjalan kaki, semisal pagi saya berjalan kaki, lalu sore saya bersepeda. 


    Adakah hal positif yang Anda dapatkan ketika menjalani hobi bersepeda ini? 

    Saya jadi mendapatkan banyak teman, saya bisa pergi ke tempat yang dulu belum pernah saya datangi, kualitas tidur saya pun jadi lebih baik setelah lelah bersepeda, dan tentunya jadi lebih sehat. 






    Di mana track bersepeda favorit Anda?

    Kalau di Jakarta, sejauh ini saya favorit dengan area Jl. Sudirman karena aspalnya enak!


    Seperti apa persiapan Anda sebelum pergi bersepeda?

    Yang penting saya bawa ponsel, kartu identitas, dan minuman sendiri di sepeda. Namun saya tidak pernah memaksakan diri untuk bersepeda saat kondisi tubuh sedang capek.


    Olahraga sepeda saat ini sedang begitu populer di tengah masyarakat. Bagaimana tanggapan Anda dengan meningkatnya penggemar sepeda saat ini?

    Menurut saya, ini adalah sesuatu yang baik, karena bersepeda itu menyehatkan kita. Saya rasa, seharusnya ada banyak yang mendukung gerakan bersepeda ini. Karena banyak juga yang masih mencibir tentang mengapa harus pamer bersepeda. Padahal mungkin orang-orang yang bersepeda hanya ingin mendorong orang lain untuk aktif berolahraga. Toh, bersepeda itu bagus untuk kesehatan. 


    Terakhir, apa pesan dari Anda untuk semua yang sama-sama sedang menekuni hobi sepeda ini?

    Stay safe di jalanan, taati protokol yang ada, dan jangan ugal-ugalan!



    (Photographer: Panji Indra @TheCyclistPortrait)