Beauty

6 Alasan Kenapa Kamu Sering Mengalami Wajah Terlihat Bengkak

  by: Astriana Gemiati       3/10/2020
    • Kamu sering mengalami bangun tidur di pagi hari dengan wajah terlihat bengkak?
    • Coba cek 6 alasan di bawah ini penyebab kamu sering mengalami puffy face.


    Selain rasa pusing di pagi hari, pernah tidak kamu mengalami rasa bengkak di sekitar wajah dan mata pada saat pertama kali bangun? Dan, meskipun kamu pasti bisa melupakannya, mungkin ada baiknya melihat berbagai alasan mengapa hal itu terjadi, terutama jika hal ini tampaknya terjadi sepanjang waktu.

    Ok, bangun dengan puffy face memang sangat mengganggu! Biasanya efek samping dari penumpukan cairan di jaringan wajah bisa juga terjadi karena berbaring sepanjang malam. Namun, jika puffiness sudah mengganggu kamu, hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan segera mencoba menggunakan kantong teh dan mentimun dingin yang telah digunakan untuk efek kafein dan vasokonstiksi juga.



    Well... girls, untuk mengetahui alasan mengapa wajah kamu bisa terlihat bengkak dan apa yang harus kamu lakukan, yuk.. mari kita simak ulasannya berikut!

    1. Tidak tidur senyaman mungkin

    Bahkan jika kamu merasa sudah cukup istirahat, puffy face kamu mungkin memberi tahu yang sebaliknya. Tidur adalah saat di mana tubuh memiliki waktu untuk mengisi ulang dan memperbaiki, serta menyeimbangkannya kembali. So, tidur dengan banyak pikiran, gelisah bisa membuat mata jadi cekung atau terjadinya wajah terliha bengkak.


    Cosmo tips: Untuk tidur lebih nyenyak, cobalah meminimalkan stres sebelum tidur —Ini meliputi tidak memeriksa email kantor, mengobrol lama, menonton berita, dsb. Sebaliknya, redupkan lampu, kurangi gangguan, dan naik ke tempat tidur pada waktu yang sama setiap malam, agar tubuh kamu bisa mengikuti ritme, dan tentu saja tidur jadi lebih nyenyak.


    Baca juga: Ingin Cantik Saat Tidur? Ini Tipsnya!


    2. Menangis pada malam sebelumnya

    Sungguh melegakan untuk menangis sebelum tidur, karena membiarkan emosi kamu keluar adalah katarsis. Namun, itu bisa berarti kamu bangun dengan mata bengkak karena kondisi sementara yang disebut edema periorbital. Ini terjadi ketika garam dalam air mata kamu mengiritasi kulit di sekitar mata kamu, yang mengakibatkan pembengkakan ringan.


    Cosmo tips: Yup, Cosmo pun mengerti, meskipun kamu tidak boleh berhenti menangis dan sangat butuh untuk mengeluarkan emosi kamu, yang perlu kamu ingat adalah agar menghindari untuk tidak menggosok mata kamu. Namun, jika akhirnya kamu tetap terbangun dengan mata yang terlihat bengkak, kamu bisa menggunakan kompres dingin untuk mengurangi pembengkakan.


    Baca juga:Jangan Dipendam Ini Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Mental


    3. Mengonsumsi camilan asin

    Jika kamu menghabiskan malam dengan mengonsumsi camilan gurih yang lezat —ooh, Cosmo bisa merasakan betapa enaknya itu! Hee— pada pagi hari kamu akan menemukan sedikit bengkak (kecil) pada wajah. Makan makanan asin dapat menahan air di tubuh kamu termasuk wajah.




    Cosmo tips: Pada dasarnya, tubuh kamu menahan cairan ekstra untuk mengencerkan garam. Namun, kamu dapat membantu menghilangkannya dengan minum banyak air setelah kamu ngemil, dan ada baiknya juga kamu mengurangi jenis camilan ini sebelum tidur.


    4. Dehidrasi karena minum alkohol

    Girls, minum alkohol sebelum tidur bisa berarti bangun dengan rasa wajah terlihat bengkak. Efek dehidrasi dari alkohol, bisa menyebabkan kulit kamu menahan air yang dimilikinya hingga menciptakan pembengkakan dan seringkali kemerahan.


    Cosmo tips: Sederhana, sebisa mungkin kamu cukup menghindari minuman beralkohol sebelum tidur dan meningkatkan asupan air agar tubuh tidak perlu mengompensasinya secara berlebihan.


    5. Sedang PMS

    Berbicara mengenai hormon, PMS mungkin juga menjadi penyebabnya. Ini karena disebabkan karena lonjakan hormon dan beberapa bagian selama siklus menstruasi menyebabkan kamu menahan cairan. Progesteron berperan dalam hal ini, ini sebabnya kamu cenderung merasa kembung seminggu sebelum menstruasi.


    Cosmo tips: Cobalah untuk berolahraga dan sesuaikan diet kamu. Minimalkan makanan asin dan karbohidrat sederhana selama siklus menstruasi untuk membantu mengurangi retensi cairan. Dan tentu saja perbanyak minum air putih ya, girls!


    6. Perawatan kulit yang berlebihan

    Cosmo setuju jika kamu merawat kulit di malam hari untuk mencegah penuaan dini cepat terjadi. Namun, jika kamu memiliki perawatan kulit yang ekstensif atau baru saja menambahkan beberapa produk baru, ada baiknya kamu juga membaca label pada produk. Menggunakan skincare yang memiliki bahan aktif yang kuat, seperti benzoyl peroxide, retinol, atau alpha hydroxy acids bisa memicu kulit terkelupas (mungkin ini yang kamu inginkan). Dan, jika menggunakan produk terlalu dekat dengan mata dan mulut kamu, di mana area tersebut memiliki kulit yang tipis, maka hal ini lebih mudah mengiritasi dan menyebabkan mata jadi terliha bengkak.


    Cosmo tips: Mengaplikasikan produk skincare terbaru kamu yang memiliki bahan aktif kuat bisa kamu atur dengan jadwal yang tepat. Misalnya, gunakan seminggu sekali, lalu berlanjut menjadi dua kali seminggu, hingga meningkat menjadi setiap hari.




    ( Astriana Gemiati / Image: GIPHY.com, Freepik.com )