Celebrity

Sissy Prescillia Cerita Momen Awal Jatuh Cinta dengan Sepeda

  by: Giovani Untari       6/10/2020
    • Aktris Sissy Prescillia adalah salah satu publik figur yang menekuni bersepeda sebagai hobi dan olahraga yang digelutinya.
    • Cosmo pun berbincang tentang tips seru untuk bersepeda serta perjalanan bersepeda bersama Sissy.


    Meski terhitung baru menekuni hobi sepeda, tetapi aktris Sissy Prescillia begitu serius atas hobinya satu ini. Dimulai dari mendandani sepeda brompton miliknya, Sissy sebenarnya sudah punya target yang besar untuk rencana bersepedanya di masa depan. Aktris pemain film Milly & Mamet ini pun menemukan banyak sekali hal positif dan menyenangkan dari bersepeda yang ia bagikan khusus kepada Cosmo

    Lewat kolaborasi bersama @TheCyclistPortrait yang menangkap berbagai persona cyclist lintas profesi dan latar, Cosmo pun berbincang dengan Sissy Prescillia untuk berbagi tips seru kala bersepeda serta perjalanannya dalam menekuni olahraga bersepeda ini. Let's find out, girls!




    Hai Sissy! Bagaimana awal mula kamu aktif dan ‘terjun’ ke hobi bersepeda ini?

    Saya mulai jatuh cinta dan akhirnya mencoba bermain sepeda sejak April 2020 ini. Tepatnya momen sehabis hari ulang tahun saya. Sebenarnya beberapa teman dekat saya seperti Nirina Zubir dan yang lainnya, sudah sering mengajak saya untuk bersepeda. Hanya saja memang belum memiliki waktu yang pas untuk mencobanya. Sampai ketika pandemi, saya di rumah saja dan mulai merasa bosan. Saya lalu berinisatif untuk bilang ke suami saya (Rifat) bahwa saya tertarik untuk bersepeda. Saya sendiri jujur belum pernah pakai road bike dan tidak mengerti bagaimana cara memilih road bike yang tepat. Tapi saya melihat banyak teman saya yang bersepeda dan ternyata selain sehat, mereka juga bisa menurunkan berat badan, haha.. Sampai akhirnya ketika akan syuting film Backstage, saya semakin bersemangat bersepeda. Mulainya pun saya dari 0 misalnya dengan membeli aksesorisnya terlebih dahulu lho, seperti helmnya dulu Tujuannya untuk memotivasi, karena saya belum memutuskan ingin memilih sepeda tipe yang mana. Suami saya juga sempat berpesan bahwa saya harus komitmen saat menekuni sepeda ini, mengingat saya pribadi sebenarnya memiliki jadwal siaran pagi kan. Ehh.. malah suami saya yang jadi bersepeda duluan dibanding saya, haha.. Akhirnya saya benar-benar mencari waktu yang pas dan memilih sepeda jenis brompton mengingat orangtua saya juga memakai sepeda jenis ini. Sekarang saya juga lagi suka mendandani sepeda saya ini. Soon, saya ingin mencoba sepeda road bike.


    Apakah kamu memiliki keinginan atau target tertentu yang berhubungan dengan hobi bersepeda tersebut?

    Saya ingin bisa serius dan berkomitmen untuk bersepeda terlebih dengan tipe road bike. Karena teman-teman saya sudah pindah ke sepeda road bike semua. Jadi saya juga merasa tertantang untuk berani mencobanya.



    Seperti apa perasaan yang kamu rasakan setiap kali bersepeda? Terutama setelah berhasil menempuh jarak yang maksimal dan mengarungi medan yang berbeda?

    Ketagihan! Meski saya masih pakai sepeda brompton, tetapi saya sudah berhasil menembus jarak 40 kilometer! Wah...rasanya sungguh ketagihan untuk terus bersepeda.


    Apakah Sissy biasanya lebih memilih bersepeda sendiri, atau bergabung dalam grup?

    Kalau saya lebih memilih bergabung dengan grup, agar lebih jelas rutenya dan ada teman di jalan.


    Apakah kamu rutin bersepeda setiap hari? Bagaimana biasanya Sissy mengatur jadwal bersepeda di antara aktivitas yang padat?

    Karena saya siaran pagi selama tiga kali dalam seminggu, saya mensiasatinya dengan bersepeda di luar hari siaran saya tersebut dan juga weekend.





    Adakah hal positif yang kamu dapatkan ketika menjalani hobi bersepeda ini? 

    Banyak sekali! Sebenarnya saya bukan orang yang suka berolahraga. Biasanya saya hanya suka dan rutin berjalan kaki. Saya tidak suka olahraga yang serius seperti nge-gym dan termasuk orang yang cepat bosan juga. Nah sejauh ini bersepeda adalah olahraga yang paling konsisten untuk saya jalani. Mungkin karena track-nya yang berbeda-beda dan suasananya yang enak saat bersepeda di pagi hari. Yang terpenting saya juga tetap bisa merasa manfaat berolahraganya.


    Di mana track bersepeda favorit kamu?

    So far, Alam Sutera karena masih adem dan rindang.


    Seperti apa persiapan kamu sebelum pergi bersepeda?

    Yang pasti saya selalu pakai sunblock, itu hal yang wajib! Lalu dari segi baju, saya biasanya memilih jaket, t-shirt, dan celana sepeda agar lebih nyaman.



    Olahraga sepeda saat ini sedang begitu populer di tengah masyarakat. Bagaimana tanggapan Sissy dengan meningkatnya penggemar sepeda saat ini?

    Saya pribadi berharap agar Jakarta bisa seperti Amsterdam, Belanda. Cuma yang terpenting sebenarnya tidak masalah jika kamu ingin mendandani sepeda kamu sesuai dengan karakter diri. Hanya saja jangan sampai kamu bersepeda dan mendandani sepeda kamu bahkan sudah sampai keluar banyak uang, hanya untuk gayanya saja. Ini membuat bersepeda jadi keluar dari esensinya.


    Terakhir, apa pesan dari Sissy untuk semua yang sama-sama sedang menekuni hobi sepeda ini?

    Saya sering melihat banyak video mengerikan dari pesepeda yang ada di media sosial. Pesannya saya, ayo kita semua harus lebih waspada saat bersepeda. Tetap patuhi aturan dan rambu-rambunya. Jangan seenaknya, terutama di jalan besar. Keamanan harus jadi prioritas untuk kita semua. Karena bagaimana pun, sepeda itu sesuatu yang ringkih dan memerlukan kehati-hatian ekstra saat mengendarainya.



    (Giovani Untari / Photographer: Panji Indra @TheCyclistPortrait / Ilustrasi : Rhani Shakurani)