Celebrity

Nadila Ernesta Bagikan Manfaat Serunya Bersepeda pada Cosmo!

  by: Giovani Untari       7/10/2020
    • Aktris Nadila Ernesta merupakan salah satu publik figur yang menekuni bersepeda sebagai hobi dan olahraga yang digelutinya.
    • Cosmo berbincang bersama Nadila Ernesta tentang tips seru untuk bersepeda serta perjalanannya atas hobi ini.


    Sempat vakum dari olahraga bersepeda yang ditekuninya, aktris Nadila Ernesta akhirnya kembali dengan hobinya satu ini. Ia bahkan punya cerita spesial tentang sepedanya yang sudah berumur 10 tahun! Wah...

    Lewat kolaborasi bersama @TheCyclistPortrait yang menangkap berbagai persona cyclist lintas profesi dan latar, Cosmo pun berbincang dengan Nadila untuk berbagi tips seru kala bersepeda serta perjalanannya dalam menekuni olahraga bersepeda ini. Let's go!




    Hai Nadila! Bagaimana awal mula kamu mulai aktif dan ‘terjun’ ke hobi bersepeda ini?

    Awalnya saya sudah mulai tertarik dengan sepeda ketika berusia 20-tahunan dan sebelum menikah. Saya tertarik memulai dengan sepeda fixie dan waktu itu saya juga ikut merakitnya sendiri dibantu oleh teman-teman saya. Cukup lama saya vakum bersepeda dan sejak PSBB kemarin saya mulai berpikir untuk kembali dengan hobi ini. Saya sempat memakai sepeda lama saya yang bahkan usianya sudah 10 tahun! Saya bahkan memanggil sepeda tersebut oma, haha.. Lalu saya akhirnya kembali merasakan senangnya bersepeda. Karena menurut saya banyak sekali manfaatnya untuk tubuh, di mana kita bisa kardio sekaligus jalan-jalan serta tetap sehat. Hobi bersepeda ini membuat saya merasa hidup jadi lebih teratur karena ada kegiatan yang bisa saya lakukan meski di tengah pandemi seperti sekarang.



    Apakah kamu memiliki keinginan atau target tertentu yang berhubungan dengan hobi bersepeda tersebut?

    Awalnya saya bersepeda agar tidak bosan dan lebih ada kegiatan, tetapi akhirnya saya malah jadi begitu senang dan merasa manfaatnya bagi tubuh.


    Apa perasaan yang Nadila rasakan setiap kali bersepeda? Terutama setelah berhasil menempuh jarak yang maksimal dan mengarungi medan yang berbeda?

    Saya merasa sebuah kepuasan tersendiri. Apalagi sekarang kita disuguhi banyak sekali aplikasi yang bisa melihat berapa kilometer jarak yang sudah kita tempuh saat bersepeda, itu rasanya seperti sebuah pencapaian tersendiri. Saya menjadi lebih bersemangat karenanya!


    Biasanya kamu lebih memilih bersepeda sendiri, atau bergabung dalam grup?

    Dua-duanya saya suka. Karena menurut saya baik bersepeda sendiri atau grup ada plus-minusnya. Misalnya kalau di grup enaknya kita bisa ada yang membantu mengarahkan jalan. Kalau sendiri enakanya kita lebih me time, tapi memang jadi lebih memikirkan rutenya.



    Apakah Nadila rutin bersepeda setiap hari? Bagaimana biasanya kamu mengatur jadwal bersepeda di antara aktivitas yang padat?

    Kalau sedang syuting biasanya saya absen dari bersepeda. Tetapi jika sedang tidak ada syuting, maka saya akan selalu menyempatkan diri untuk bersepeda di pagi hari.


    Adakah hal positif yang kamu dapatkan ketika menjalani hobi bersepeda ini?

    Yang pasti saya bisa melakukan hal yang bermanfaat bagi tubuh dan itu membuat saya lebih happy. Saya merasa lebih sehat dengan bersepeda.


    Di mana track bersepeda favorit Nadila?

    Dari Gatot Soebroto ke arah rumah saya di daerah Tebet.





    Seperti apa persiapan Nadila sebelum pergi bersepeda?

    Yang pasti harus pakai sunscreen, lalu saya selalu membawa tisu pembersih wajah untuk membersihkan wajah dari debu, lalu handuk, hand sanitizer. Tas saya bersepeda cukup besar karena berisi beberapa perlengkapan. Saya wajib juga pakai celana khusus sepeda agar lebih nyaman.


    Olahraga sepeda saat ini sedang begitu populer di tengah masyarakat. Bagaimana tanggapan kamu dengan meningkatnya penggemar sepeda saat ini?

    Ini adalah hal yang positif buat saya dan saya berharap bahwa suatu saat Jakarta bisa seperti di Belanda, dengan transportasi yang ramah lingkungan seperti sepeda. Daripada kita naik transportasi kita bisa naik sepeda atau jalan kaki. 


    Terakhir, apa pesan dari kamu untuk semua yang sama-sama sedang menekuni hobi sepeda ini?

    Bagi saya pesan ini bukan hanya untuk semuanya tetapi juga untuk diri saya sendiri, di mana saya berharap sepeda ini bukan hanya menjadi tren semata saja tetapi juga kedepannya bisa menjadi sebuah kebutuhan di kehidupan kita nantinya.



    (Giovani Untari / Photographer: Panji Indra @TheCyclistPortrait / Ilustrasi : Rhani Shakurani)