Celebrity

Kerenina Sunny & Semangat Bersepedanya yang Penuh Motivasi

  by: Giovani Untari       8/10/2020
    • Entrepreneur Kerenina Sunny merupakan salah satu publik figur yang menekuni bersepeda sebagai hobi dan olahraga yang digelutinya.
    • Cosmo berbincang bersama Kerenina Sunny tentang tips seru untuk bersepeda serta perjalanannya atas hobi ini.


    Kecintaan Kerenina Sunny atas bersepeda sebenarnya sudah ia mulai sejak masih belia. Tetapi kini, entrepreneur cantik tersebut siap memasuki babak baru dalam hobi bersepedanya dengan semangat positif dan menginspirasi. Lewat kolaborasi bersama @TheCyclistPortrait yang menangkap berbagai persona cyclist lintas profesi dan latar, Cosmo pun berbincang dengan Kerenina Sunny untuk berbagi tips seru kala bersepeda serta perjalanannya dalam menekuni olahraga bersepeda ini. Don't miss it!




    Hai Nina! Bagaimana awal mula kamu mulai aktif dan ‘terjun’ ke hobi bersepeda ini?

    Sebenarnya saya sudah sejak kecil saya bersepeda dengan adik saya. Biasanya kita suka muter keliling komplek. Dan dulu setiap sore saya juga sering main ke area Ragunan yang memang tidak terlalu jauh dari area rumah saya. Tetapi sepeda saya dulu tipenya adalah BMX bukan road bike, jadi sangat berbeda cara mengendarainya. Awal saya kembali aktif bersepeda itu karena sejak PSBB ini saya merasa tidak ada opsi lagi untuk berolahraga. Akhirnya saya memutuskan untuk kembali bersepeda yang menjadi hobi saya sejak dulu. Saya pribadi memang sangat menyukai bersepeda. Kali ini saya mulai belajar road bike yang lebih serius sebagai sebuah olahraga. Kalau dahulu saya bersepeda hanya untuk hiburan dan santai.


    Apakah kamu memiliki keinginan atau target tertentu yang berhubungan dengan hobi bersepeda tersebut?

    Saya ingin menjadikan sepeda sebagai olahraga yang benar-benar serius. Jadi targetnya tentu menaikkan average speed bersepeda saya, dari yang 30 menjadi 35 dan seterusnya. Saya juga ingin belajar lebih bisa mengatur heartbeat dan pernapasan selama di atas sepeda. Karena itu penting sekali untuk menjaga pace-nya. Terlebih saya juga sering kali bersepeda dengan teman-teman saya yang sudah lebih dulu 'terjun' ke dunia sepeda. Bahkan ada di antara mereka yang sudah bersepeda ke luar negeri, dengan speed average yang tinggi. Saya termasuk pemula hitungannya dalam bersepeda ini, jadi saya sering ketinggalan di antara mereka, haha...



    Apa perasaan yang kamu rasakan setiap kali bersepeda? Terutama setelah berhasil menempuh jarak yang maksimal dan mengarungi medan yang berbeda?

    Saya baru saja mencoba bersepeda di Labuan Bajo dan itu seru sekali, karena bisa bersepeda dengan pemandanganyang sangat mengaggumkan! Di balik itu, medan bersepedanya termasuk susah karena banyak yang menanjak. Tetapi bagi saya ini adalah sesuatu yang baik, karena awalnya saya sempat merasa pesimis tidak bisa melaluinya. Ternyata hasilnya saya bisa melaluinya dan itu membuat saya bangga pada diri sendiri. Saya seperti menemukan kepuasan tersendiri dalam hidup.


    Apakah Nina biasanya lebih memilih bersepeda sendiri, atau bergabung dalam grup?

    Di pandemi ini saya menghindari sepeda dalam grup yang ramai. Saya berusaha untuk selalu menaati aturannya. Tetapi saran saya jangan sendiri juga kalau bersepeda, ya paling tidak kamu pergi berdua. Jadi kalau terjadi sesuatu di jalan, ada teman yang masih bisa membantu kamu.


    Apakah kamu rutin bersepeda setiap hari? Bagaimana biasanya cara Nina mengatur jadwal bersepeda di antara aktivitas yang padat?

    Saya rutin bersepeda setiap Selasa dan Jumat pagi. Kalau sore saya lebih bersepeda yang santai untuk mendapat suasananya. Biasa saya juga membawa anjing saya supaya setelah selesai bersepeda, saya bisa bermain dengan anjing saya tersebut.



    Adakah hal positif yang Nina dapatkan ketika menjalani hobi bersepeda ini?

    Saya belajar untuk lebih memiliki mental yang kuat dengan olahraga ini. Karena terkadang kalau kita berpikir tidak bisa, ya pasti tidak bisa. Tetapi kalau kita mulai dengan positive thinking dan mau mencoba  menghadapi medan baru saat bersepeda, pasti kita akan mendapat progres baik untuk diri kita sendiri.




    Di mana sih track bersepeda favorit kamu?

    Saya suka di area PIK 2. Karena saya juga masih baru di dunia road bike ini kan jadi di sana lokasinya masih belum terlalu ramai. Sehingga saya bisa bersepeda dengan lebih aman dan nyaman.



    Seperti apa persiapan Nina sebelum pergi bersepeda?

    Saya sekarang lebih nyaman bersepeda dengan menggunakan jersey khusus bersepeda, saya juga jadi perlahan-lahan mengumpulkan aksesoris untuk bersepeda. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa aksesori tersebut sungguh membantu kita saat memiliki perfomance sepeda yang lebih maksimal. Tidak lupa selalu pakai helm, karena itu penting! Faktor keamanan tentu tidak bisa diabaikan begitu saja.


    Olahraga sepeda saat ini sedang begitu populer di tengah masyarakat. Bagaimana tanggapan kamu dengan meningkatnya penggemar sepeda saat ini?

    Bagi saya ini adalah hal yang positif dibanding sekadar ikuti tren yang tidak jelas, bukan? Sepeda ini adalah suatu aktivitas yang baik, di mana orang-orang menjadi berolahraga dan menjaga stamina. Mereka juga bisa menikmati alam yang ada saat bersepeda. Jadi tidak masalah jika awalnya mulai karena tren, mengingat ini adalah sesuatu yang baik untuk tubuh.



    Terakhir, apa pesan dari Nina untuk semua yang sama-sama sedang menekuni hobi sepeda ini?

    Don't give up! Mungkin ada kalanya progres bersepeda kita tidak bisa sama seperti rekan-rekan bersepeda kita lainnya. Tapi jangan sampai hal ini membuat mental kita down. Semakin kamu berhenti dan jarang latihan, maka kamu juga tidak akan memiliki progres dalam bersepeda. Jadi harus terus berusaha dan latihan ya!


    (Giovani Untari / Photographer: Panji Indra @TheCyclistPortrait / Ilustrasi : Rhani Shakurani)