Celebrity

Bicara Dunia Siaran Dengan Billy Gamaliel

  by: Kezia Calesta       7/10/2020
  • Terjun ke dalam dunia siaran sejak tahun 2017, Billy Gamaliel is now on the radar! Kini, penyiar radio Hard Rock FM Jakarta ini meluangkan waktu untuk berbincang dengan Cosmo soal pengalaman siaran dan kesibukannya di tengah masa pandemi.


    1. Hai Billy! Apa saja kesibukan kamu sekarang?

    "Hai Cosmo! Kesibukan saya sekarang ini tetap Work From Home tentunya, bekerja sebagai broadcaster Hard Rock FM Jakarta, program manager Bakti Budaya Djarum Foundation, juga freelance MC. Lalu lagi ada rutinitas juga, setiap 2 minggu sekali jadi host untuk program virtual #GoodNews di aplikasi Lazada."




    2. Bagaimana cerita awalnya hingga kamu mengambil keputusan untuk terjun ke dunia radio?

    "Saya memang suka mendengarkan radio, dan dulu saya sering berpikir bahwa menjadi penyiar radio pasti seru. Long story short, waktu itu diinfo oleh panutan dan penyiar radio senior, mas Iwet Ramadhan, kalau HardRock FM sedang mencari penyiar laki-laki. Awalnya ragu tapi karna diyakinkan, saya coba dan (puji Tuhan) ternyata berjodoh! Ini pengalaman pertama saya berkecimpung serius di dunia radio, dan langsung mendapat kesempatan di radio favorit saya yang sudah membesarkan banyak nama."



    3. Adakah evolusi yang kamu lalui sepanjang kariermu di dunia radio?

    "Evolusi tentunya ada terutama dalam hal announcing atau public speaking skill ya, yang semakin terasah karna proses training dan jam terbang yang saya lalui. Saya juga jadi lebih mengenal diri sendiri lagi, karna karakter serta personal style makin terus tergali. To learn more about ourselves is a never ending journey, right?"


    4. Selama ini, apa hal favorit kamu dari pekerjaanmu?

    "Kesamaan dari ketiga pekerjaanku sekarang ini adalah sama-sama memberikan alternatif hiburan, berkomunikasi, dan juga menjadi teman untuk banyak orang. Berkat pekerjaan ini, saya dipertemukan dengan berbagai orang hebat dan berbagai kesempatan lainnya. I love what I’m doing."


    5. Tantangan terbesar dari menjadi seorang penyiar radio?

    "Radio itu kan memainkan konsep theatre of mind, dan ini yang selalu jadi tantangan untuk saya. Bagaimana saya bisa menemani pendengar? Saat ingin menyampaikan informasi atau memberikan aspirasi, saya perlu mencari cara agar pesan saya sampai dan diterima baik sama pendengar. Ditambah lagi, saya harus selalu relatable."



    6. Adakah milestone atau goals yang berhasil kamu capai di tahun 2020 ini?

    "Goal secara khusus belum ada, but being able to survive and adapt in this situation is a milestone in itself. Semangat, and hang in there!"




    7. Apa saja penyesuaian yang harus kamu lalui sejak pandemi COVID-19?

    "Kegiatan atau pekerjaan saya biasanya melibatkan pertemuan dengan banyak orang, atau bahkan emang bertujuan mengumpulkan massa. So, ada banyak penyesuaian dalam segi itu. Biasanya jadwal saya selalu penuh dari pagi hingga malam, dari urusan kerja sampai social life, lalu akhirnya beberapa waktu ini harus banyak #dirumahaja. Tapi ternyata penyesuaian WFH ini malah menurut saya jadi bukti juga kalau kita bisa terus produktif di manapun, karena ternyata masih tetep sibuk juga. Satu hal yang masih perlu penyesuaian tapi belum juga sesuai: berat badan. Hahaha!"


    8. Bagaimana cara seorang Billy tetap positif di tengah kondisi ini?

    "Pray, give thanks and create my own happiness. Menurut saya momen sekarang ini justru jadi reminder buat kita untuk lebih memperhatikan ke dalam. Biasanya kita sibuk di luar, bekerja, beraktivitas, mungkin kita gak terlalu memerhatikan ke dalam diri kita, dan lingkungan terdekat kita (keluarga). Bersyukur di kondisi seperti ini masih banyak pastinya hal kecil yang bisa kita syukuri terus. Ditambah lagi, saya melakukan berbagai aktivitas favorit di waktu luang seperti menonton film, serial, dan video di YouTube. Oh, dan juga mendengarkan podcast seru!"



    9. Ada tips untuk menjaga kesehatan fisik atau mental health?

    "Saya percaya bahwa hati yang gembira adalah obat. Jadi, lakukan hal-hal yang bisa membuat bahagia, serta isi pikiran dengan hal-hal yang positif dan menyenangkan. Tidak perlu overthinking soal situasi yang menyebalkan! There are lots of simple things that can make us happy."


    10. Rekomendasi musisi lokal untuk bersantai di rumah?

    "Saya sesuka itu sama Monita Tahalea, karena genre musiknya menurut saya pas banget buat nemenin bersantai di rumah. Lirik-liriknya juga bagus, dan bisa jadi kekuatan juga di masa seperti ini."



    11. Pesan dari Billy agar para Hard Rockers dan Cosmobabes terus semangat?

    "Saya yakin keadaan setiap orang kan beda-beda ya, tapi mungkin hal yang paling penting dan bisa dilakuin sama semuanya itu berdoa dan bersyukur. Dengan itu, pasti jadi ada kekuatan buat kita jalanin apapun yang lagi dilakuin trus pikiran juga bisa jadi lebih positif. Bersyukur itu kan gak hanya buat hal yang gede atau bersifat materi ya. Last but not least, stay focused on your vision!"


    (Image: doc. MRA Broadcast Media)