Beauty

Ini Cara Mengeringkan Rambut Secara Alami Sesuai Tekstur

  by: Astriana Gemiati       10/10/2020
    • Ok, mulai sekarang kamu bisa letakkan sejenak alat pengering rambut kamu.
    • Cosmo akan berikan tips cara mengeringkan rambut secara alami sesuai tekstur rambut kamu.


    Jika saya boleh jujur, saya perlu waktu bertahun-tahun untuk mempelajari cara mengeringkan rambut secara alami dengan udara. Baru setelah saya menerima kenyataan bahwa pengeringan rambut melalui udara secara sukses, membutuhkan sedikit campuran produk (hee, percayalah ketika saya mengatakan “air-dry creams” ini tidak akan benar-benar memberi kamu tekstur gelombang yang mirip dengan Selena Gomez). Plus, beberapa teknik (ada cara lebih banyak lagi dengan scrunching, gliding, twisting, dan smoothing daripada yang kamu kira), bahwa akhirnya saya bisa mengeringkan rambut yang lurus dan kotor di rumah.




    Well, kenapa saya dapat dengan tulus mengatakan bahwa belajar mengeringkan rambut sebenarnya bukanlah tugas yang mustahil, selama kamu meluangkan waktu —yang, apalagi kamu lakukan sekarang?— dan mengikuti cara yang tepat untuk tekstur rambut kamu. Dan, untuk membantu kamu, saya telah mengumpulkan cara termudah untuk mengeringkan semuanya dari rambut lurus, halus, hingga kusut. Jadi, letakkan alat penata rambut kamu, tuangkan segelas (atau tiga) anggur untuk diri kamu sendiri, dan bersiaplah untuk keluar dari karantina dengan rutinitas mengeringkan rambut secara alami dengan udara.


    How to air-dry wavy hair

    Secara teori, rambut bergelombang alami harus menjadi salah satu tekstur yang paling mudah dikeringkan dengan udara, namun berkat fakta bahwa tidak semua gelombang dibuat sama. Prosesnya pasti membutuhkan sedikit teknik. Inilah yang kamu butuhkan:

    Langkah 1: Semakin banyak kelembapan pada rambut kamu, gelombang alami akan terlihat semakin jelas, jadi gunakan sampo dan kondisioner yang ringan, serta telah dibekali dengan bahan-bahan seperti hyaluronic acid atau lidah buaya.

    Langkah 2: Uraikan rambut kamu dengan sisir bergigi lebar, bungkus dengan handuk selama lima menit, lalu kibaskan, serta biarkan mengering selama 15 menit. Saat masih dalam kondisi lembap, semprotkan salt spray untuk mengangkat dan membuat rambut kamu terkesan kaku dan bertahan. 

    Langkah 3: Setelah bentuk waves kamu benar-benar kering, aplikasikan styling cream berukuran seperempat di antara jari-jari kamu, lalu mulailah membuat gerakan memutar pada rambut gelombang kamu menjadi dua inci bagian, lakukan dari telinga hingga ujungnya untuk mendapatkan kesan ekstra dan kilau.


    How to air-dry coily hair

    Kunci pengeringan udara agar tetap terhidrasi? Menambahkan kembali tingkat kelembapan rambut kamu. Seperti inilah penyiapan kamu:

    Langkah 1: Pada rambut yang lembap (setelah mencuci atau membasahi kembali dengan botol semprot), ambil satu telapak tangan penuh kondisioner tanpa bilas melalui gulungan kamu menggunakan jari-jari. Hidrasi adalah jalan kamu menuju definisi, jadi pastikan untuk melapisi helaian, ujung, dan tengkuk kamu.

    Langkah 2: Kunci semua kelembapan dengan menghaluskan dan mengoleskan minyak ke seluruh rambut ikal kamu (coconut, jojoba, atau Jamaican black oil sebagai sahabat kamu). Sekali lagi, pastikan kamu menutupi di setiap helai.

    Langkah 3: Bekerja dalam kuadran, ambil sedikit krim melalui ikal kamu, lalu lilitkan jari pada setiap bagian untuk mendapatkan bentuk gelombang. Teruskan sampai kamu selesai menyelesaikan, lalu duduk, rileks, dan keringkan secara alami melalui udara.


    How to air-dry fine, flat hair

    Jika kamu terbiasa mengandalkan pengering rambut untuk memberikan pengangkatan dan volume rambut agar terlihat lebih halus, kamu akan menyukai betapa mudahnya rutinitas mengeringkan rambut dengan udara ini. Bersiaplah untuk mendapatkan mega volume tanpa semua kerusakan dari alat pemanas kamu:

    Langkah 1: Setelah membersihkan rambut dengan sampo penambah volume (cari bahan yang ringan dan menguatkan seperti keratin atau biotin, tidak berbahan dasar minyak!), ikuti dengan kondisioner tepat di ujung rambut kamu. 

    Langkah 2: Angin-anginkan rambut kamu selama sekitar 20 menit atau sampai akar dan ujung kamu hampir kering. Semprotkan dengan volumizing spray di seluruh rambut untuk membangun volume dan menahannya.



    Langkah 3: Setelah rambut kamu 100 persen kering, persiapkan sedikit keajaiban: Angkat tiga inci bagian dan taburkan styling powder (lebih ringan dari dry shampoo, lebih lengket dari hairspray) di bawah akar kamu untuk bantu angkat dan buat tekstur yang lebih besar.


    How to air-dry curly hair

    Jika ikal kamu cenderung terlihat sedikit “mengembang” dan tidak tegas saat kamu mengeringkan rambut dengan udara, kamu perlu memastikan bahwa menggunakan produk tanpa bilas dapat bantu membentuk dan berikan kilau ekstra pada rambut. Inilah yang perlu kamu ketahui:

    Langkah 1: Setelah mencuci dengan sampo bebas sulfat dan moisturizing conditioner, balikkan kepala dan keluarkan air berlebih dengan handuk mikrofiber. Ya, ini penting —kainnya akan mengurangi rambut kusut dan membuat ikal kamu tampak menyatu.

    Langkah 2: Balikkan kepala kamu ke atas dan bagi rambut kamu menjadi empat bagian. Selanjutnya, oleskan gel ringan di antara kedua telapak tangan kamu, lalu gerakkan tangan kamu dengan lembut ke setiap bagian rambut untuk melapisi kedua sisi ikal kamu tanpa memisahkannya. Bubuhkan juga sedikit gel pada helai rambut kamu.

    Langkah 3: Setelah ikal kamu 100 persen kering, ikal kamu akan terlihat seperti mie ramen. Namun percayalah pada prosesnya. Luruhkan sisa gel di rambut dengan menggosoknya menggunakan tangan kamu dan bentuk ikal. 


    How to air-dry straight hair

    Kamu tahu tekstur waves lembut yang sering kamu lihat di Instagram? Ya, kamu tidak memerlukan flat iron atau pengering rambut untuk membuatnya kembali —cukup ikuti trik ini dan keringkan melalui udara dengan beberapa gerakan ke rambut lurus kamu:

    Langkah 1: Ok, ini akan terdengar aneh, namun kamu perlu membalikkan rutinitas mandi kamu. Mulailah dengan kondisioner, lalu lanjutkan dengan sampo yang sangat lembut. —ini akan membantu menghilangkan berat dari kondisioner kamu tanpa menghilangkan kelembapannya.

    Langkah 2: Cepat keringkan rambut kamu —jangan takut untuk mengacak-acaknya— lalu aplikasikan mousse, puntir satu inci bagian rambut dengan erat, dari akar ke ujung, sampai ke kepala kamu tercakup dalam tikungan. Biarkan rambut sampai benar-benar kering.

    Langkah 3: Kibaskan lilitan kamu dengan menggunakan jari-jari, usapkan sedikit pomade matte ke tangan kamu, dan putar perlahan dan ambil beberapa inci bagian bawah rambut kamu untuk mendapatkan potongan rambut yang tidak rata. Akhiri dengan mengibaskan rambut ke depan dan ke belakang beberapa kali untuk membantunya mengendap secara alami.



    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati Image: Dok. Instagram @kendaljenner (foto by Mario Testimo) / Layout: S. Dewantara )