Better You

Apakah Boleh Berolahraga Saat Menstruasi? Ini Jawabannya!

  by: Giovani Untari       12/10/2020
    • Jika kamu penasaran apakah sebenarnya kita boleh berolahraga saat sedang menstruasi? Maka jawabannya adalah ya!
    • Temukan juga beberapa pilihan olahraga yang bisa kamu coba saat menstruasi di artikel ini.


    Saat siklus menstruasi menyapa kita setiap bulannya, Cosmo paham betul bahwa rasanya yang ingin kita lakukan sepanjang minggu "merah" tersebut hanyalah: berbaring di ranjang, makan apapun yang kita inginkan, dan maraton menonton series terbaru. Bahkan jika kamu tetap aktif dengan aktivitas yang padat sekalipun, menstruasi tak jarang membuat badan kita terasa cepat lesu dan lelah. Belum lagi bagi sebagian orang, menstruasi membuat mereka merasa tidak termotivasi untuk melakukan olahraga yang biasanya mereka lakukan.

    Pada hari menstruasi, bahkan aktivitas seperti berlari mengelilingi area rumah yang menjadi kebiasaanmu bisa berubah menjadi sesuatu yang terasa sangat "berat". Setuju, babes?





    Tetapi, apapun latihan dan workout yang kamu lakukan saat menstruasi, sebenarnya ini merupakan langkah yang baik (daripada tidak sama sekali!). Jadi, jawaban untuk pertanyaan di judul ini tentu saja YA! Kamu tetap boleh berolahraga saat masa menstruasi

    Faktanya, riset menunjukkan bahwa latihan aerobik bahkan bisa membantu meringankan beberapa gejala PMS. Latihan aerobik sendiri meliputi: berjalan kaki, jogging, lompat tali, Zumba dan sepeda indoor.

    Atau jika kamu merasa latihan aerobik masih terasa berat, kamu juga bisa mengubah tipe olahragamu menjadi sesuatu yang lebih mudah, ujar Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi asal New York, Dr. Carolyn DeLucia kepada INSIDER. "Selama periode menstruasi, adalah hal yang wajar jika kita merasa begitu tidak bertenaga, itu karena hormon progesteron berada di titik tertinggi dan sebaliknya hormon estrogen menjadi begitu rendah. Saya rasa tubuh membutuhkan hari-harinya untuk memperbaiki diri, jadi sangat wajar jika kamu mengubah sesi olahraga menjadi sesuatu yang lebih 'ringan' seperti yoga atau gentle weight lifting," ujarnya.





    Selain menghasilkan keringat, ada begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan dari rutin melakukan olahraga 30 menit selama lima hari dalam seminggu. Di antaranya: membantu kamu mendapat mood yang lebih baik, memperlancar aliran darah, dan mengurangi nyeri menstruasi.

    Selama melakukan olahraga di fase menstruasi, jangan lupa untuk tetap membuat tubuh terhidrasi, menggunakan pakaian olahraga yang nyaman, dan rutin mengganti pembalut agar kamu tetap bebas bergerak. Dengarkan juga apa yang tubuhmu coba katakan, jadi jangan sampai terlalu over-workout.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Philippines / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Giovani Untari / Ed. / Images: Dok. Elly Fairytale from Pexels, Andrea Piacquadio from Pexels, Tenor.com)