Better You

Dukung 4 Organisasi Ini untuk Bantu Pasien Kanker Payudara

  by: Shamira Priyanka Natanagara       12/10/2020
  • Bulan Oktober adalah Breast Cancer Awareness Month, alias Bulan Kesadaran Kanker Payudara, di semua negara. Pada tahun 2019, Kementerian Kesehatan Indonesia menyatakan bahwa angka kanker payudara mencapai 42,1 per 100.000 penduduk, dan merupakan salah satu jenis kanker dengan jumlah penderita terbanyak di Indonesia.

    Untuk memperingati Bulan Kesadaran Kanker Payudara tahun ini, kamu bisa membantu organisasi berikut ini, secara finansial atau mendukung program yang sedang dilaksanakan.

     



    Lovepink Indonesia

    What is it? Lovepink Indonesia adalah organisasi nirlaba yang memiliki misi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya deteksi dini kanker payudara. Dengan komunitas penyintas sebagai pengurus organisasi, Lovepink juga bertujuan untuk menyediakan dukungan moral pada pengidap kanker payudara dan keluarganya.

    Current program: Sejak didirikan pada tahun 2014, Lovepink telah mengadakan berbagai program sosialisasi untuk mengedukasi masyarakat tentang gejala serta pengobatan kanker payudara melalui beragam aktivitas menarik. Di tengah pandemi ini, Lovepink menghadirkan Pink Talks, yakni sebuah rangkaian online talkshow dan webinar seputar kanker payudara yang diadakan sepanjang bulan Oktober. Simak jadwalnya di Instagram @LovepinkIndonesia.


     

    Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI)

    What is it? Juga dikenal sebagai Indonesian Breast Cancer Foundation, YKPI adalah organisasi nirlaba yang didirikan pada tahun 2003. 

    Current program: Tahun ini merek makeup lokal Wardah dan merek pakaian tradisional Alleira Batik bekerja sama dengan YKPI untuk mendukung pasien kanker payudara. Wardah meluncurkan Exclusive Matte Lip Cream edisi spesial yang dipercantik dengan ilustrasi oleh Ayang Cempaka, dan setiap pembelian produk dari koleksi tersebut mendukung YKPI untuk aksi deteksi dini dan upaya pencegahan kanker payudara di Indonesia. Sementara itu, Alleira Batik menghadirkan koleksi Pink Ribbon Mask untuk memperingati Bulan Kesadaran Kanker Payudara. Untuk setiap pembelian Pink Ribbon Mask, 50% dari hasilnya akan disumbangkan kepada YKPI.


     



    Knitted Knockers Indonesia

    What is it? Knitted Knockers Indonesia terdiri dari sukarelawan yang telah mendedikasikan waktu mereka untuk merajut knockers, rajutan berbentuk payudara untuk wanita yang telah menjalani mastektomi atau lumpektomi. 

    Current program: Knitted Knockers Indonesia membagikan knockers bagi yang membutuhkan secara gratis (yes, selama pandemi ini juga!). Kalau butuh, kamu bisa mengunjungi Instagram @KnittedKnockersIndonesia atau situs KnittedKnockersIndonesia.org


     

    Indonesia CancerCare Community (ICCC)

    What is it? ICCC merupakan komunitas yang bertujuan untuk memberi dukungan kepada pejuang dan penyintas kanker, serta orang-orang terdekat mereka. ICCC telah menyediakan dukungan dan informasi bagi komunitas kanker selama 10 tahun, dan siapa saja bisa bergabung dengan keluarga ICCC dengan mengisi formulir ini.

    Current program: Kamu bisa mendapatkan berbagai informasi seputar kanker payudara (dan jenis kanker lainnya) dengan mengikuti Instagram @iccc.id, dalam format infografis hingga webinar. Psst… komunitas ini juga sedang mengadakan lomba TikTok untuk mengajak masyarakat menyajikan konten informatif dan positif terkait kanker payudara!



     

    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Anna Shvets from Pexels)