Lifestyle

Ini Sosok Nyata yang Menginspirasi Kisah Terkenal Peter Pan

  by: Alvin Yoga       15/10/2020
  • Siapa yang tak kenal kisah Peter Pan, sang anak lelaki yang bisa terbang dan tidak pernah tumbuh dewasa? Ceritanya memang bukan kisah nyata—kecuali kamu percaya bahwa Neverland adalah sebuah pulau sungguhan yang melayang di angkasa, well, semoga berhasil menemukannya. BUT! Bukan berarti tak ada kejadian menarik yang kemudian menginspirasi sosok Peter. Dan karena Disney sedang berencana mengangkat kisah Peter Pan ke dalam versi live-action (dengan Jude Law sebagai Captain Hook, oooooh, Cosmo sungguh excited!), meskipun filmnya pada 2003 lalu juga sangat menarik (baca: It's PURE MAGIC, dan ending-nya membuat Cosmo sempat menitikkan air mata), mungkin ini adalah waktu yang tepat untuk mencari tahu lebih banyak mengenai anak lelaki yang jahil tersebut.


    Pertama, mari berkenalan dengan J.M. Barrie

    Aka sang penulis asal Skotlandia yang berkat imajinasinya berhasil menciptakan kisah Peter Pan. Peter pertama kali muncul sebagai seorang karakter dalam novel Barrie berjudul The Little White Bird di tahun 1902, dan jujur saja, ceritanya tak seperti cerita lain yang biasa kamu tonton dalam film-film Disney. Dalam buku tersebut, Peter adalah seorang bayi kecil yang mungkin juga seekor burung (???? tolong, Cosmo juga kurang mengerti), dan ia diajari terbang oleh para peri di Kensington Gardens. Meskipun terdengar seperti mimpi buruk, bagian Peter dalam buku The Little White Bird kemudian dikembangkan menjadi sebuah buku cerita tersendiri berjudul Peter Pan in Kensington Gardens pada tahun 1906. Di saat yang bersamaan, Barrie juga sedang sibuk menulis sebuah sandiwara berjudul Peter Pan, or The Boy Who Wouldn't Grow Up, yang kemudian diubah menjadi sebuah novel berjudul Peter and Wendy. Jadi, basically, J.M. Barrie sangat sibuk membuat Peter menjadi seorang sosok yang PENTING.



    Oh ya, Cosmo lupa satu poin penting lainnya. Barrie juga mendeskripsikan Peter: berbalut pakaian "seperti buah penggoda yang jatuh dari pohon." Nope. NO. NOOOOOOOOOO.


    Jadi, siapa sosok yang menginspirasi terciptanya Peter?

    Ada dua orang yang menginspirasi karakter tersebut:

    Pertama, kakak lelaki Barrie, David, yang secara tragis meninggal di umur 13 tahun. Sepertinya, ibu Barrie mencari penghiburan dari kehilangan anak lelakinya dengan menganggap David sebagai seorang anak kecil yang tak bisa bertambah tua setelah ia tiada.

    Kedua, Peter Llewelyn Davies, salah satu dari anak-anak keluarga Llewelyn Davies, yang ibunya merupakan sahabat dekat Barrie. Anak-anak kecil tersebut menjadi inspirasi bagi tokoh-tokoh Lost Boys di kisah Peter Pan, dan Barrie bahkan sempat membuat sebuah novel mengenai anak-anak tersebut untuk keluarga Llewelyn Davies, berjudul The Boy Castaways of Black Lake Island, di mana mereka berpakaian sebagai bajak laut dan melawan buaya. TERDENGAR MIRIP? Tentu saja.



    Yang mengejutkan, sang anak bernama Peter ternyata tidak suka namanya disebutkan dalam buku tersebut. Peter IRL juga cukup kecewa ketika Barrie tidak memberinya uang atau aset apapun ketika beliau meninggal, dan anak lelaki Peter, Ruthven berkata:

    "Ayah saya memiliki anggapan yang berbeda mengenai seluruh kisah dan bisnis Peter Pan. Ia menerima bahwa Barrie menganggapnya sebagai inspirasi untuk kisah Peter Pan, dan menurutnya masuk akal jika ia seharusnya menerima warisan dari Barrie ketika beliau meninggal. Ini adalah ekspektasi ayah saya. Ini merupakan kompensasi yang cukup untuknya setelah ia dikoneksikan dengan segala hal yang berhubungan dengan Peter Pan—sesuatu yang ia benci."

    Well, ternyata...begitulah faktanya.


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Alvin Yoga / Image: Dok. Cosmopolitan US)