Lifestyle

Mercury Retrograde Terakhir di 2020, Ini Horoskopmu!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       16/10/2020
  • Sekarang adalah waktunya menghadapi peristiwa tahunan yang memiliki reputasi buruk: Mercury Retrograde. Kali terakhir untuk tahun ini, BTW. Fenomena astrologi ini dimulai pada 13 Oktober malam lalu, dan akan berlangsung sampai 3 November. Retrograde ini mulai pada zodiak fixed berelemen air, Scorpio, tapi pada 23 Oktober akan bergerak kembali ke zodiak cardinal berelemen udara, Libra.

    Meski planet Merkurius bergerak ‘mundur’ melewati Scorpio, dua zodiak berelemen air (Cancer dan Pisces) akan mengalami masa yang relatif mudah, sementara para zodiak fixed (Taurus, Leo, Scorpio, dan Aquarius) benar-benar akan kesulitan. Tekanan berkurang bagi para zodiak fixed begitu Merkurius memasuki Libra pada 23 Oktober, ketika dua zodiak berelemen udara (Gemini dan Aquarius) akan mulai merasa lebih baik pada periode ini dan para zodiak cardinal (Aries, Cancer, Libra, dan Capricorn) akan mulai merasa beban bertambah.




    Apakah tanggapan orang terhadap mercury retrograde terlalu berlebihan?

    Kita semua pernah mendengar Mercury Retrograde, tapi ringkasan singkat tentang peristiwa ini: Ketka sebuah planet sedang retrograde, kelihatannya bergerak mundur di langit dari sudut pandang kita di Bumi, dan apapun area hidup yang diwakili planet tersebut menjadi lebih lemah dan kacau. Planet Merkurius sendiri menguasai komunikasi, perdagangan, dan travel, jadi kamu bisa mengalami kesalahpahaman di antara dirimu dan pasangan/sahabat/keluarga/siapa saja dan melewatkan sejumlah pesan/email/panggilan telepon. Dan kamu patut memastikan jadwal harian (triple check kalau perlu!) karena skill manajemen waktumu akan menderita.

    Saat Merkurius berada di Scorpio, zodiak yang emosional, misterius, dan intens, cara kamu berpikir dan berkomunikasi akan lebih menyelidik dan psikologis. Ini cocok untuk mempelajari atau membangun hubungan intim dengan orang lain, tapi ingat, retrograde ini membuat segalanya lebih sulit. Jadi sikap menyelidik, psikologis tersebut bisa membuatmu overthinking hal terkecil! Mungkin adikmu meminjam baju favoritmu tanpa meminta izin—energi retrograde ini akan membuatmu lebih rentan untuk menganalisis terlalu jauh akan apa yang terjadi dan mengira bahwa adikmu mencuri baju tersebut untuk mengacaukan pikiranmu, padahal kenyataannya, yang ia inginkan hanyalah tampil cute!

    Scorpio selalu tahu apa yang terjadi, dan Merkurius pada Scorpio (terutama saat retrograde) dikenal membuatmu ingin gosip dan menyebarkan/mendengarkan rumor, karena alasan yang simpel: you want the tea. Setiap aksi memiliki konsekuensi selama Mercury Retrograde, jadi kalau kamu terlalu sering berkata buruk atau gosip, siapapun yang menjadi bahan omonganmu akan mendengarnya! Hal yang sama juga akan terjadi padamu—jika kamu memiliki haters, kemungkinan kamu akan menghadapi drama tersebut pada akhir retrograde. BTW: Scorpio, zodiak fixed, memiliki vibe super keras kepala, jadi reaksi pertamamu terhadap sebuah argumen/ketidaksepakatan adalah menunjukan kebolehanmu dan fight it out, meski kamu benar-benar salah!

    So, bagaimana cara navigasi diri selama retrograde ini? Well, pertama-tama, pastikan kamu telah membaca horoskop Mars Retrograde karena pengaruh transisi tersebut masih berjalan!! Kedua, pahami bahwa kamu merasa ekstra sensitif sekarang—berusaha untuk lebih sering membumi, coba berkompromi, dan kontrol perasaanmu. Tahun 2020 ini, dalam satu kata, berat. Dan dari perspektif astrologi, hal-hal akan terus menantang, setidaknya untuk sekarang (sorry!!!). Namun sebuah kabar baik: 2021 memiliki banyak cuaca astrologi yang exciting dan seru, tapi kamu harus melalui retrograde terakhir ini terlebih dahulu. You totally got this!


    Baca horoskop untuk zodiak Sun/Rising-mu berikut ini:


    Aries

    Sekarang, Merkurius sedang mengasah fokusmu akan dua hal: keintiman dan pajak. Fun! Mungkin ada miskomunikasi terkait: kehidupan seks dalam waktu dekat. FWB (i ‘teman tapi mesra’) atau gebetanmu bisa ghosting, atau pasanganmu (atau dirimu) mungkin tidak pernah mood. Dan soal pajak, bisa dibilang kamu perlu mengamati inbox (terutama junk mail) untuk melihat jika ada hutang yang muncul!


    Taurus

    Awal retrograde ini cukup kacau, Taurus. Begitu Merkurius berpindah ke Libra dalam dua minggu, masa ini akan menjadi lebih mudah, tapi untuk sekarang, miskomunikasi, argumen, dan hal-hal kelam mungkin terjadi pada hubunganmu. Semua hubungan ‘p’ yang kamu miliki—pertemanan, pasangan hidup, pasangan bisnis, dan permusuhan—adalah fokus utama Merkurius sekarang ini. Jangan memulai hubungan baru selama retrograde, karena tidak akan bertahan lama, sorry. Oh, PS: kamu akan menghadapi drama dari seorang mantan dalam waktu dekat.


    Gemini

    Pekerjaan adalah prioritasmu saat ini, karena retrograde ini mengubah segalanya menjadi terbalik di kantor! Amati masalah penjadwalan, panggilan telepon/email yang terlewatkan dari bos atau rekan kerja, dan argumen/drama dengan rekan kerja. Ada pula banyak gosip di lingkungan kerjamu sekarang, tapi coba untuk tidak memuaskan diri! Jika memungkinkan untuk work from home atau hanya fokus pada proyek pribadi sekarang, itulah yang terbaik untuk bertahan selama retrograde ini. Jika tidak, lakukan yang terbaik untuk menghindari terlibat dalam masalah orang lain dan kamu akan baik-baik saja.


    Cancer

    Retrograde ini berawal lancar bagimu. Sifat Cancer-mu berpadu secara indah dengan energi sesama zodiak air Scorpio, jadi kemungkinan kamu akan terhindar dari drama retrograde. Ini adalah waktu untuk melihat diri sendiri dan cara kamu berpikir/berkomunikasi tentang love life. Kamu adalah zodiak yang penuh kasih sayang, tapi kamu mulai sadar bahwa meski kamu cinta mencintai orang lain, kamu mengalami kesulitan untuk membiarkan orang lain mencintaimu. Single atau memiliki pasangan tidak berpengaruh—sekarang adalah waktunya untuk fokus membangun kepercayaan diri dan belajar mencintai diri sendiri, so pada akhir retrograde ini kamu bisa merasa super badass!


    Leo

    Selagi Merkurius melewati sesama zodiak fixed Scorpio, kamu mengalami lebih banyak kesulitan untuk menyatakan perasaan ke orang lain, terutama keluarga dan orang-orang yang tinggal denganmu. Kamu keras kepala, tapi bahkan Scorpio lebih keras kepala. Kombinasi energi ini sangat mudah membuat kesalahpahaman sepele ‘meledak’ menjadi konflik serius, terutama karena semua orang lebih sensitif saat ini. Tidak semuanya salahmu ketika argumen muncul, tapi kamu bisa lebih berhati-hati untuk menghindari drama. Kamu merasa emosi terdalam muncul ke permukaan dan kamu harus mengekspresikannya tidak peduli apa/siapa yang ada di sekitarmu. Vibe yang mendesak ini bisa membuatmu membentak orang, so pastikan kamu memilih kata-kata dengan waspada, and you’ll be alright!




    Virgo

    Merkurius, planet yang menguasaimu, mewakili komunikasi, dan retrograde ini berlangsung pada bagian dari chart-mu yang didedikasikan untuk komunikasi, Virgo. Pada dasarnya, ekstra penting bagimu untuk berpikir sebelum berbicara, double check email untuk menghindari kesalahan, dan memastikan kamu mengirimkan email/pesan/apapun ke orang yang tepat. Hal terakhir yang kamu inginkan adalah menyerah pada vibe menyebalkan Merkurius di Scorpio dan mengirim chat berisi gosip ke orang yang sedang kamu obrolkan bersama teman-teman!


    Libra

    Maaf, Libra, tapi kamu perlu memperhatikan dompet. No, kamu tidak akan mendadak bangkrut, tapi gaji mungkin terlambat, dan kalau kamu sedikit tertarik untuk menginvestasikan uang di suatu tempat, umm, jangan. Gunakan perspektif Merkurius pada Scorpio, vibe kritis untuk review bujetmu, kuasai situasi finansialmu, cari tahu cara mengurangi pengeluaran dan lebih banyak menabung, dan kamu ada baik-baik saja! Ini adalah transisi minor untukmu, sih, jadi jangan panik… setidaknya sampai Merkurius kembali bergerak mundur ke zodiakmu pada 23 Oktober.


    Scorpio

    Karena Merkurius sekarang retrograde di zodiakmu, kesalahpahaman, miskomunikasi, dan kekacauan mulai menjadi tema besar dalam hidupmu. Jangan takut, karena Merkurius hanya akan berada di zodiakmu hingga 23 Oktober, tapi dua minggu ke depan cukup menantang. Kemungkinan kamu akan merasa seakan-akan semua yang kamu katakan salah, atau orang lain tidak memahami dirimu. Kamu memang keras kepala, emosional, dan rentan frustrasi akan hal-hal kecil, dan sifat-sifat ini dikombinasikan dengan Mercury Retrograde membuatmu tegang. Be patient. Be careful with your words. Pastikan kamu mendengar sebanyak (atau lebih dari) kamu berbicara. You can get through this!


    Sagittarius

    Mantan, teman lama, dan proyek/pekerjaan yang tidak pernah kamu selesaikan akan kembali. Yes, it’s stressful, dan ya, mungkin sedikit dramatis, tapi kamu bisa menghadapinya, Sagittarius. Ketika mantan/teman lama datang kembali, jangan langsung meluap. Dengarkan mereka! Kalau mereka hanya ingin berkata buruk, anggap saja itu sebuah tanda dari alam semesta bahwa tempat mereka benar-benar bukan di lingkaranmu. Dan kalau mereka ingin balikan dan kamu pun tertarik, jangan restart hubungan kalian hingga retrograde ini berakhir. Orang-orang senang membuatmu kesulitan karena kamu dikenal lantang dan terkadang menjengkelkan (no offense!), tapi kamu bisa berhasil mengemudikan diri selama retrograde ini dengan sedikit kesabaran dan self-control. Secara keseluruhan, ini adalah waktu untuk meraih closure, meninggalkan beban dari masa lalu, dan membuka ruang dalam hidupmu untuk hubungan yang lebih baik dan lebih sehat.


    Capricorn

    Paruh pertama retrograde ini akan membuatmu lebih perhatian akan masalah dengan geng pertemananmu. Kamu mencoba membawa kedamaian, tapi retrograde ini mendorongmu untuk menyadari bahwa terkadang, kamu tidak perlu. Kalau ada isu serius di antara kamu dan teman-temanmu, mungkin pertemanan kalian telah kedaluwarsa. Orang-orang yang menemanimu membicarakan banyak hal tentang dirimu, jadi jujurlah pada diri sendiri dan bertanya: “Apakah pertemanan ini worth it?”. Mungkin kamu merasa geng pertemananmu sungguh membingungkan, tapi ingat, Capricorn. Kamu rasional. Kamu bisa melihat keadaan di social life-mu, menganalisis apa yang terjadi, dan membuat pilihan dengan percaya diri. Sure, mungkin kamu akan kehilangan beberapa teman, tapi kamu hanya membersihkan ruang dalam hidup untuk hubungan yang lebih baik.


    Aquarius

    Retrograde ini dimulai pada midheaven chart-mu, yang spesifik menyorot karier, citra publik, serta lintasan hidup. Promosi yang telah lama kamu dambakan? Tidak akan terjadi—setidaknya, tidak sekarang. Kenaikan gaji/bonus yang dijanjikan sang bos? Jangan dulu mengharapkan transfer uang dalam akun bank-mu. Kamu dihakimi sekarang, Aquarius, jadi aksi yang kamu ambil di kantor lebih berarti. Coba untuk menghadapi ini dengan cara apapun jika miskomunikasi atau masalah penjadwalan muncul, dan pastikan kamu bekerja keras! Kerja keras sekarang = hasil yang maksimal saat retrograde berakhir, tapi bermalas-malasan atau terlambat pasti akan menimbulkan drama!


    Pisces

    Retrograde ini dimulai dengan Merkurius pada sesama zodiak berelemen air, jadi kamu akan merasakan vibe harmonis selama dua minggu ke depan. Retrograde ini fokus pada area mana saja dalam hidupmu yang terkait dengan travel dan pendidikan tinggi. Jadi kalau kamu akan road trip dalam waktu dekat, jangan kaget kalau ada delay/masalah penjadwalan/ban kempis. Pastikan kamu telah memeriksa agenda dengan teliti, atau akan terjadi kesalahan. Kalau kamu seorang murid, jadi lebih tekun dan pastikan kamu bekerja keras. Kalau kamu memiliki tugas yang harus dikumpulkan pada tengah malam, hmm… jangan dikumpulkan pada 23.55, ya. Ingat, internet sering kacau, kan, akhir-akhir ini? Terus berusaha dan kamu akan baik-baik saja!


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan US / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: L B on Unsplash)