Beauty

Sering Pakai Lipstik? Lakukan Rutinitas Ini Agar Bibir Halus

  by: Shamira Priyanka Natanagara       16/10/2020
  • Cosmo Babes, bibir juga memiliki lapisan kulit, jadi tentunya butuh perawatan skincare layak secara rutin! Mungkin kedengarannya terlalu berlebihan, tapi sebenarnya penting. Ketika kita memakai lip tint, lipstik matte, dan lipstik cair, bibir kita cenderung menjadi kering dan pecah-pecah akibat formulanya. Kabar baiknya, kamu bisa membuat bibir kembali halus, kok!

    Tips yang akan Cosmo berikan tidak sulit—serius, deh. Melakukan perubahan simpel dalam rutinitas sehari-hari akan menghaluskan bibir dan memudahkan pemakaian lipstik. Ready for some lip service? Inilah rutinitas perawatan bibir yang patut kamu lakukan:




    Setiap hari: Minum banyak air

    Tips nomor satu untuk mencegah bibir kering adalah mengonsumsi banyak air putih! Dermatolog, dokter umum, dan ahli kesehatan menganjurkan ini. Kamu bisa pasang alarm untuk mengingatkan diri sendiri untuk minum air kalau selama ini sering lupa. Selain itu, jika kamu ngidam suatu makanan meski perut sudah terisi, ini berarti kamu haus. Yup, waktunya untuk menenggak segelas air putih!

    Baca juga: 7 Cara Mudah Agar Lebih Rajin Minum Air Putih



    Setiap malam: Gunakan lip balm atau lip mask

    Sama seperti menjaga hidrasi kulit wajah menggunakan moisturizer, oleskan lip balm yang super hydrating agar bibir tetap halus. Kamu juga bisa mengaplikasikan lip sleeping mask sebelum tidur agar bibir benar-benar lembap dan halus sampai pagi hari.

    Cosmo recommends: Mamonde Lip Sleeping Mask (beli di Sephora Indonesia, Rp185.000,-.)





    Setiap dua hari: Gunakan lip scrub

    Hilangkan kulit kering tanpa menyakiti bibir dengan lip scrub. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan mencampur gula merah dan olive oil—resep simpel ini efektif untuk menghidrasi bibir dan juga aman jika termakan! Cara lain adalah mengelap bibir menggunakan handuk lembap untuk menghilangkan lapisan sel kulit mati. Setelah itu, gunakan lip balm untuk mengunci kelembapan pada bibir.

    Cosmo recommends: The Body Shop Warm Vanilla Sugar Lip Scrub (beli di situs resmi The Body Shop Indonesia, Rp99.000,-.)



    Setiap minggu: Lakukan rutinitas perawatan bibir intensif

    Jika kamu selalu menggunakan lipstik cair dan lip tint, bibir sering dehidrasi. Kembalikan kelembutannya dengan melakukan rutinitas perawatan bibir ini setiap minggu. Anggap saja sebuah facial, tapi untuk bibir.

    • Eksfoliasi bibir dengan lip scrub. Pijat butiran produk secara lembut ke seluruh bibir. Bersihkan sebelum langkah selanjutnya.
    • Aplikasikan lip mask atau lip balm. Biarkan selama 10 menit agar mendapatkan hasil maksimal. Setelah langkah ini, bibirmu akan terasa lebih lembut dan tampak halus, tapi "facial" ini belum selesai! Masih ada langkah selanjutnya, yaitu...
    • Kunci kelembapan dengan lip oil. Ini membuat bibir menjadi super halus dan lembap. Say hello to more plump, softer lips.

    Cosmo recommends: Pure Paw Paw Ointment (beli di BeautyHaul, Rp68.000,-.)



    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Philippines / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Alexander Krivitskiy on Unsplash)