Lifestyle

30 Film Hantu Paling Seram Sepanjang Masa! Berani Nonton?

  by: Givania Diwiya Citta       22/10/2020
  • Semua orang pasti punya *satu* film yang menempel pada diri selamanya. Bagi beberapa orang, ada yang menempel pada film pengaduk emosi seperti Bambi ataupun The Lion King. Mungkin juga ada yang menempel pada film provokatif ataupun yang menstimulus intelektualitas yang bisa mengubah cara memahami dunia di sekitar kita, seperti Eternal Sunshine of the Spotless Mind ataupun Shawshank Redemption. Apapun filmnya, satu hal yang pasti: tak ada yang bisa melupakan film pertama yang bisa membuat kita ketakutan sampai mengena setelah menontonnya.


    Sementara bagi para penggemar film horor, pasti menempel pada film hantu ataupun yang mengagetkan. Tentu saja gergaji dan hiu maniak itu menyeramkan, tapi ayolah, HANTU pasti lebih menakutkan!!! Karena tak pernah jelas kapan mereka akan muncul dan kapan mereka ingin mengajak berdamai dengan kita, atau justru ingin balas dendam karena ~kebetulan~ kita menghuni kediaman masa lalu mereka. Film hantu cenderung jadi primadona untuk film menyeramkan, mengagetkan, dan memutar psikologis.




    Jadi kalau kamu sedang dalam mood – apapun! – dan sekarang sedang tak merasa takut pada apapun, maka coba tonton sederet film hantu paling seram sepanjang masa berikut ini. Cosmo akan kirim doa semoga kamu bisa tidur nyenyak.


    Session 9 (2001)


    Sekelompok pekerja pembersih asbes mendapat proyek baru yang berlokasi di rumah sakit jiwa yang telah lama tak dihuni. Penduduk lokal di sekitar area, entah bagaimana, tahu bahwa mereka harus menjaga jarak dengan bangunan dan tanah yang sudah lama rusak itu. Jadi ketika para pekerja tersebut menemukan rekaman lama dari sesi perawatan seorang pasien, keadaan mulai jadi lebih menyeramkan selanjutnya.


    The Blair Witch Project (1999)


    Ini kisah nyata: Saat Cosmo menonton film ini dengan BFF dan karena filmnya dikemas bergaya dokumenter (sebagai penonton, kamu benar-benar bisa merasakan pengalaman seperti sang orang pertama), Cosmo kesulitan untuk tahu apakah footage yang ditampilkan itu nyata atau palsu, dan Cosmo kesulitan untuk menamatkannya karena Cosmo sudah sangat ketakutan sekali. Menonton film ini pada dasarnya seperti latihan untuk imajinasi kita agar bersiap menghadapi segala hal buruk yang mungkin terjadi. Cosmo berakhir meninggalkan sang BFF menonton sendirian karena Cosmo langsung pergi ke kamar untuk segera tidur…


    Carnival of Souls (1962)


    Mary Henry seharusnya tewas di sebuah kecelakaan mobil yang fatal, tapi ia malah jadi satu-satunya orang yang bertahan hidup. Meskipun ia berusaha untuk melanjutkan hidup setelah insiden misterius tersebut, namun ia mulai dihantui oleh seorang pria menyeramkan yang membawanya ke sebuah karnaval 'kosong' di pinggir kota. Film hitam putih dari tahun 1962 ini adalah film horor paling murni yang pernah ada.


    The Devil’s Backbone (2001)


    Film Guillermo del Toro ini berlatar tahun 1939 di Spanyol, mendekati masa berakhirnya perang sipil yang berlangsung selama tiga tahun. Seorang anak laki-laki dikirim ke rumah yatim piatu terpencil setelah kematian ayahnya, dan bertemu seorang perawat yang senang dengan kekerasan – lalu hantu anak laki-laki pun muncul.


    The Woman in Black (2012)


    Seorang duda muda yang berupaya menyelamatkan karier hukumnya, setuju untuk mencari mansion terpencil di sebuah desa terisolasi meski telah diperingati warga lokal untuk tak mengusiknya. Saat ia menginvestigasi rumah tua tersebut, kekuatan supernatural dan hantu seorang perempuan mengancam nyawanya, bahkan juga mengancam keluarganya yang telah terpecah. Harry Potter, eh, maksudnya Daniel Radcliffe jadi bintang film ini.


    What Lies Beneath (2000)


    Michelle Pfeiffer dan Harrison Ford membintangi thriller mendebarkan tentang persidangan sebuah pernikahan… dan hantu-hantu dari masa lalu pun kembali untuk menghantui mereka. Bahkan ketampanan Harrison Ford tak bisa menyelamatkan kita dari rasa takut di film ini.


    Insidious (2010)


    Sutradara di balik film horor legendaris Saw menggarap Insidious yang pelan-pelan membakar api ketakutan kita. Patrick Wilson dan Rose Byrne memerankan orangtua yang anaknya terjatuh koma, lalu dirasuki oleh arwah jahat.


    Oculus (2014)


    Ketika dua bersaudara Tim dan Kaylie mencari tahu masa lalu keluarga mereka yang kelam dan twisted demi mengetahui siapa – atau apa – yang membunuh kedua orangtua mereka, mereka menemukan cermin antik yang dihuni oleh sebuah kekuatan supernatural. Singkatnya: Kamu tak akan bisa melihat cermin lagi untuk waktu yang lama setelah menonton film ini.


    Ouija: Origin of Evil (2016)


    Film ini menjadi pengingat bahwa kamu seharusnya jangan pernah mencelupkan diri ke gelapnya kejahatan, bahkan jangan bercanda tentangnya. Yang semula hanyalah upaya penipuan untuk memeras sejumlah uang malah berubah menjadi pertemuan dengan arwah jahat yang ada di keluarga Zander yang miskin.


    1408 (2007)


    Ini adalah contoh lain mengapa kamu jangan pernah mencoba main-main dengan hal supernatural. Seorang novelis yang terkenal membongkar fenomena supernatural memaksakan keberuntungannya sampai habis ketika ia memutuskan untuk tinggal di kamar berhantu #1408 di Dolphin Hotel. Akankah ia menjadi korban terakhir dari kamar berhantu ini, ataukah ia bisa melewati bermalam dengan aman di kamar tersebut?


    The Uninvited (2009)


    Setelah Anna dan Alex kehilangan ibunya, ayah mereka dengan cepat jatuh hati pada Rachel – mantan perawat sang ibu. Namun sesuatu terasa salah tentang Rachel, dan ketika kedua bersaudara tersebut diteror oleh penampakan hantu, mereka mulai menggali masa lalu Rachel yang mencurigakan. Vibe film ini terasa seperti ibu tiri yang jahat.


    The Sixth Sense (1999)


    Film debut dan klasik dari M. Night Shyamalan ini menceritakan tentang anak laki-laki (Haley Joel Osment) yang bisa melihat orang-orang mati, dan seorang psikolog (Bruce Willis) yang mencoba menolongnya, sambil mengatasi keadaan dirinya sendiri yang berhadapan dengan hantu-hantu. Sangat layak untuk ditonton!


    The Haunting (1963)


    Apakah kamu berani menonton adaptasi orisinal British dari novel klasik Shirley Jackson ini? Favorit bagi para kultus, film ini berfokus pada sekelompok orang yang diundang ke sebuah rumah berhantu oleh seorang investigator paranormal.


    The Shining (1980)


    Adaptasi tersohor Stanley Kubrick dari novel Stephen King ini tak bisa diragukan lagi menjadi salah satu film terseram sepanjang masa. Seorang penulis frustrasi bernama Jack Torrance (Jack Nicholson) memindahkan keluarganya ke Overlook Hotel yang terpencil sepanjang musim dingin, di mana ia menerima pekerjaan sebagai penjaga selama musim tersebut. Saat Jack mulai menggila dengan kekerasannya, anak laki-lakinya mulai mendapatkan penglihatan psychic dari masa lalu hotel yang menakutkan. Kemudian semua keadaan seram pun menjadi nyata.


    The Others (2001)


    Sangat menakutkan namun juga sangat menyedihkan, Nicole Kidman memerankan seorang perempuan yang pindah ke rumah di pinggir kota terpencil dengan dua anaknya saat Perang Dunia II baru saja usai, dan mulai bertemu dengan peristiwa aneh yang tak bisa dijelaskan. Persiapkan tubuh untuk menerima twist yang tak terduga.




    Paranormal Activity (2007)


    Film horor berbudget mikro (bagaimana tidak, produksinya hanya sebesar 15.000 dolar!) ini menjamur menjadi franchise besar dan tampaknya tak akan berhenti untuk dibuat serial spinoff lainnya. Direkam hanya dengan kamera video rumahan, kita menyaksikan pasangan muda yang mulai mencurigai bahwa rumah mereka berhantu. Mereka membuatkan alat perekam untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi, dan hal-hal jadi mengerikan secara cepat.


    The Ring (2002)


    Film ini adalah salah satu remake Amerika dari film horor Jepang yang orisinal. Naomi Watts memerankan seorang jurnalis yang menginvestigasi rekaman video terkutuk: Siapapun yang menonton rekaman tersebut, yang menampilkan serial gambar super menakutkan, akan mati tujuh hari kemudian. Good luck!


    The Orphanage (2007)


    Film hantu yang sebenarnya indah dan bikin patah hati ini menceritakan seorang perempuan bernama Laura (Belén Rueda) yang kembali ke panti asuhannya setelah dewasa. Ia punya rencana untuk mengubah bangunan yang telah ditinggalkan ini menjadi sebuah rumah untuk anak-anak disabilitas, namun semua menjadi kelam ketika anak laki-laki yang diadopsinya tiba-tiba menghilang, dan masa lalu penyiksaan di panti asuhan pun terkuak.


    The Innocents (1961)


    Bergantung pada interpretasi kamu, film psikologis British yang dingin ini bisa menjadi dua cerita: Perawat yang menyaksikan dua anak yang diasuhnya dirasuki hantu, atau perawat yang kehilangan akalnya ketika bekerja di sebuah rumah menakutkan di pedesaan. Apapun itu, tontonlah.


    Poltergeist (1982)


    Tak banyak film horor Amerika yang bisa jadi ikonis seperti cerita keluarga normal California ini, yang anak perempuannya mulai berbicara pada hantu lewat televisi, dan berkali-kali diculik oleh arwah yang meneror keluarga ini.


    The Conjuring (2013)


    Ini adalah film horor modern yang bagus, saking bagusnya hingga menginspirasi film-film mendatang lain seperti serial Conjurings, serial Annabelle, dan The Nun (nanti kita bahas, ya). Film orisinal ini masihlah yang terbaik. The Conjuring terinspirasi dari pasangan investigator paranormal di kehidupan nyata, Ed dan Lorraine Warren (diperankan oleh Patrick Wilson dan Vera Farmiga), yang menolong sebuah keluarga yang merasa rumahnya dihantui sesuatu.


    The Fog (1980)


    Film selanjutnya dari John Carpenter setelah Halloween ini tetap menjadi salah satu karyanya yang terbaik. Kabut misterius yang glowing muncul di kota kecil di California dan membawa peristiwa menakutkan dengannya, yang ternyata adalah perbuatan dari hantu maritim yang jahat. Astaga, pasti buruk sekali!


    The Amityville Horror (1979)


    Lewatkan remake yang dibintangi Ryan Reynolds. Versi orisinal dalam film ini, yang dibintangi oleh James Brolin dan Margot Kidder sebagai pasangan yang pindah ke rumah penuh dengan sejarah kekerasan, menjadi film pertama yang berdasar pada horor di kehidupan nyata di Amityville. Apa cerita nyatanya? Tahun 1975, keluarga Lutz pindah ke sebuah rumah di Amityville, Long Island, di mana seorang pria membunuh enam anggota keluarganya sendiri di sana tepat setahun sebelumnya. Keluarga Lutz pindah sebulan kemudian, mengklaim bahwa mereka dihantui oleh aktivitas paranormal.


    The Changeling (1980)


    Bukan, bukan film berjudul sama yang dibintangi oleh Angelina Jolie. Ini merupakan film horor yang memang berpusat pada cerita duka, The Changeling bercerita tentang kisah seorang penggubah (George C. Scott) yang pindah dari pinggir kota ke Seattle setelah kematian istri dan anak perempuannya. Ia pindah ke sebuah mansion menakutkan, yang ia yakini sudah tak ada penghuninya selama bertahun-tahun. Spoiler: Ternyata tidak begitu kenyataannya!


    The Nun (2018)


    Kita pertama kali diperkenalkan dengan The Nun pada The Conjuring 2, dan ia sangat amat menyeramkan sampai ia punya film sendiri. Tapi sebagai penjelasan, The Nun sendiri bukanlah hantu – ia itu iblis, jadi jangan tertukar. Tapi, ada banyak hantu dalam film ini dan mereka tak main-main dengan kemampuan menghantui mereka. Cosmo cuma mau bilang, tontonlah saat siang hari saja.


    Ghost Ship (2002)


    Sejujurnya, dari judulnya saja sudah jelas, bahwa ini adalah kapal penuh hantu. Dan bahkan kapal ini sendiri merupakan hantu? Apapun itu, cerita dimulai ketika sekelompok manusia membuat kesalahan saat menaiki kapal, dan beberapa hal menakutkan mulai terjadi karena sepertinya, para sekelompok sosok yang tak bisa mati tak menyukai kehadiran pengunjung asing yang mengganggu aktivitas laut berhantu mereka.


    Winchester (1984)


    Adakah film horor yang dibintangi Helen Mirren tentang rumah berhantu? Cosmo mau nonton. Sayangnya, Sam dan Dean Winchester tak terlibat dalam kasus ini.


    Suspiria (2018)


    Versi remake dari film klasik tahun 1977 adalah tentang seorang penari balet yang terlibat dalam sebuah konspirasi supernatural, dan versi tahun 2018 yang dibintangi Dakota Johnson dan Tilda Swinton ini, jujur, butuh lebih BANYAK kemampuan otak untuk memprosesnya. Tapi jika film ini saja bisa membuat para bintangnya trauma – Dakota bilang “film ini mengacaukan saya sampai saya harus pergi ke terapi” – maka kamu mungkin ingin mencoba menontonnya.


    Velvet Buzzsaw (2019)


    Ingin menonton film menakutkan di mana kamu bisa melihat keseksian Jake Gyllenhaal? Film garapan Netflix ini bercerita tentang kritikus seni yang jadi terobsesi dengan karya seorang pria yang sudah mati. Ketika karya seni tersebut diambil tanpa izin dari rumah pria yang sudah mati tersebut, orang-orang mulai meninggal secara sadis.


    Mama (2013)


    Setelah dua gadis muda ditinggalkan sendirian di sebuah kabin hutan, mereka kemudian dijemput dan dirawat oleh paman mereka serta istrinya (dimainkan oleh Nikolaj Coster-Waldau dari GoT dan Jessica Chastain). Sebelumnya, dua gadis muda ini benar-benar hidup sendirian selama lima tahun, dan hanya dilindungi oleh sosok “Mama” yang misterius. Ternyata, sang Mama tersebut memutuskan untuk mengikuti dua gadis ini ke rumah baru mereka. Jujur, ini adalah salah satu film paling menyeramkan yang pernah Cosmo tonton, tapi film ini juga punya twist yang sangat memuaskan. Ups, maaf, ya, M. Night Shyamalan.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Image: Dok. Outnow.ch / Hunter Levitan, Emma Dibdin, Mehera Bonner)

    tags: film horor