Lifestyle

Nikmati Seni Rupa di Oppo Art Jakarta Virtual 2020

  by: Kezia Calesta       22/10/2020
  • Tak terasa, Art Jakarta telah menggelar pameran karya seni rupa selama 12 tahun dan berhasil memperkuat hubungan kerjasama dalam ekosistem seni rupa di Indonesia dan Asia Tenggara setiap tahunnya. Namun di tahun 2020 ini, pandemi global telah mendorong masyarakat untuk beradaptasi dan memanfaatkan berbagai cara untuk menjaga jaringan komunikasi dan solidaritas dengan mengandalkan saluran media informasi digital yang terhubung melalui internet. 


    “Sebagai penyelenggara international art fair, Art Jakarta memiliki jaringan kerjasama yang memungkinkan karya-karya seniman kita tampil ke hadapan publik yang luas. Dengan bantuan teknologi komunikasi digital berbasis internet, Art Jakarta dapat tetap menjalankan peran ini. Inilah alasan terselenggaranya OPPO Art Jakarta Virtual 2020,” jelas Maulana Indraguna Sutowo, CEO MRA Group.





    OPPO Art Jakarta Virtual 2020 adalah pameran bersama yang diadakan di ruang virtual sebagai cara untuk menjaga optimisme bersama: bahwa berbagai kerja dan karya seni rupa dapat tetap bermakna di tengah berbagai pembatasan fisik yang ada saat ini. Art Jakarta menggunakan teknologi digital dan internet untuk tetap dapat berkomunikasi, menjaga dan memperkuat jaringan, melakukan kerja kreatif, serta tetap menikmati karya seni rupa dengan cara yang berbeda.


    Art Jakarta bangga bahwa inisiatif ini mendapatkan dukungan dari galeri-galeri seni rupa di Indonesia dan mancanegara. Art Jakarta Gallery akan menampilkan pameran oleh 27 galeri seni Indonesia dan 11 galeri internasional. OPPO Art Jakarta Virtual 2020 juga mendapatkan dukungan penuh baik dari pihak swasta serta pemerintah, termasuk Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, OPPO Indonesia serta Ninja Xpress yang telah memberikan kepercayaan dan dukungannya.





    “OPPO Indonesia melalui OPPO Find X2 Series memiliki semangat Uncover The Ultimate. Di tengah situasi yang penuh tantangan saat ini dan sebagai perusahaan smartphone berteknologi tinggi terkemuka di dunia, kami terus berupaya mendampingi masyarakat agar tetap dapat menikmati dan memaknai karya seni yang kali ini dihadirkan secara virtual serta memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi karya seni melalui pengalaman baru “artfair” di platform OPPO Art Jakarta Virtual 2020 kali ini,” ungkap Patrick Owen, Chief Creative Officer OPPO Indonesia.


    OPPO Indonesia juga bekerja sama dengan 10 seniman ternama Indonesia yaitu Aditya Novali, Agan Harahap, Agugn Prabowo, Arin Dwihartanto Sunaryo, Heri Dono, Mella Jaarsma, Naufal Abshar, R. E. Hartanto, Syagini Ratna Wulan, dan Uji “Hahan” Handoko melalui OPPO Find Art. Dalam ruang pameran virtual ini akan menampilkan karya seni mereka dalam bentuk satu set karya orisinil dan ukiran di perangkat OPPO Find X2 yang akan dilelang untuk donasi ke komunitas seniman, serta karya digital edisi terbatas yang dapat dibeli langsung oleh pengunjung OPPO Art Jakarta Virtual 2020. 



    OPPO Art Jakarta Virtual 2020 akan berlangsung selama 2 bulan, dari 19 Oktober hingga 15 Desember 2020. Kini, kamu bisa menikmati beragam karya seni rupa secara virtual di www.artjakarta.com!


    (Image: doc. Art Jakarta)