Beauty

Cara Mengatasi Maskne Dengan Rutinitas Skincare Sehari-hari

  by: Kissy Aprilia       24/10/2020
    • Pemakain masker pada aktivitas sehari-hari dapat menimbulkan jerawat atau dikenal dengan maskne.
    • Masalah ini dapat diatasi dengan menambahkan beberapa rutinitas skincare.
    • Lakukan double cleansing dengan formula salicylic acid dan selalu sedia benzoyl peroxide.


    Memakai masker adalah salah satu cara melindungi diri dari penularan virus covid-19, dan ini telah menjadi sebuah kewajiban! Namun, kebiasaan ini juga menjadi salah satu penyebab masalah kulit yaitu jerawat!





    Timbulnya jerawat akibat pemakaian masker (atau sekarang disebut sebagai maskne) disebabkan oleh penumpukan kotoran, minyak, dan sel-sel kulit mati dalam pori-pori. Karena itu, kita harus melakukan rutinitas skincare secara ekstra, mulai dari proses cleansing sampai pemilihan kandungan dalam produk skincare. Simak!


    Double-cleansing is a must!


    Meski tidak menggunakan makeup, Cosmo menyarankanmu untuk melakukan proses doble-cleansing setelah memakai masker, apalagi jika pemakaiannya lebih dari empat jam. Pada tahap pertama, kamu bisa menggunakan micellar water, cleansing milk, cleansing balm, atau cleansing oil (sesuaikan dengan jenis kulit), agar kotoran yang mengendap dalam pori-pori terangkat optimal. Selanjutnya, bersihkan kembali dengan menggunakan facial wash, dan pastikan kamu juga membersihkan area leher, khususnya area lekukan antara leher dan adagu yang tertutup masker.




    Pilih pembersih wajah yang mengandung salicylic acid.

    Kalau memiliki jenis kulit berjerawat, Cosmo sarankan kamu untuk memilih produk pembersih wajah yang mengandung salicylic acid. Formula ini efektif untuk melarutkan minyak, kotoran, dan sel kulit mati yang menyebabkan jerawat. Aplikasikan selama 30 detik pada kulit wajah agar produk tersebut dapat bekerja lebih optimal. Jika kulitmu cenderung berminyak, bersihkan wajah menggunakan formula salicylic acid sebelum dan setelah menggunakan masker. Sounds extra, but you will thank us later. 


    Obati jerawat dengan benzoyl peroxide.

    Skin is soooo unpredictable. Mungkin kamu sudah melakukan rutinitas skincare dengan sebaik-baiknya, tapi jerawat bisa muncul kapan saja. Beruntungnya, ada formula bernama benzoyl peroxide yang terkenal efektif membunuh bakteri penyebab jerawat. Kamu tidak disarankan untuk terlalu sering menggunakannya karena dapat menyebabkan iritasi. Pilih kandungan benzoyl peroxide sejumlah 2,5 persen yang lebih minim risiko efek samping.


    (Kissy Aprilia, images: Unsplash)