Beauty

27 Ide Clown Makeup Untuk Lengkapi Kostum Halloween Kamu!

  by: Astriana Gemiati       27/10/2020
    • Kostum Hallowen berkarakter badut akan terlihat semakin “outstanding” dengan berbagai pilihan makeup yang bisa kamu pilih sebagai inspirasi.
    • Ini dia 27 ide clown makeup untuk lengkapi kostum Halloween kamu


    Hmm.. Clown Makeup akan menjadi hal yang menarik di perayaan Halloween ini. Dan, riasan badut ini sebenarnya sangat menggemaskan. Seperti, abaikan semua asosiasi yang kamu miliki dengan mimpi buruk dan film horor, karena riasan badut dengan sentuhan modern juga dapat menyertakan glitter, warna cerah, bulu mata yang besar, serta lipstik yang berkilau. Tidak percaya? Cosmo telah mengumpulkan 27 ide clown makeup untuk Halloween dan membuktikan mengapa kostum ini bisa sangat terlihat cantik dan menyenangkan, serta sejujurnya ini layak menjadi inspirasi. 

    Namun, sebelum kamu menemukan mana penampilan yang akan menjadi inspirasi kamu, pertama-tama tengok persiapan singkat untuk mencoba clown makeup look:




    Bagaimana persiapan membuat tampilan clown makeup agar masih terlihat cantik? 

    Yang kamu perlukan untuk melakukan clown makeup yang dapat dikenali adalah fitur dasarnya: Titik di atas dan di bawah alis, bibir yang dramatis, dan titik di ujung hidung (ala hidung badut merah besar). Ada kira-kira satu juta interpretasi yang berbeda tentang clown makeup (lihat: Krusty the Clown VS Pennywise) yang menggabungkan satu atau semua elemen tersebut, namun untuk membuat versi kamu terlihat lebih cantik, kamu bisa mengganti efek darah palsu dengan giltter dan berikan beberapa makeup mata halloween yang cantik. Sekarang setelah kamu menyelesaikannya, langkah selanjutnya adalah mencari tahu badut lucu seperti apa yang ingin kamu gunakan tahun ini, karena seperti yang Cosmo katakan, kamu memiliki sejuta pilihan.


    1. Happy-Sad Clown Makeup

    Segala sesuatu tentang clown makeup untuk Halloween ini sangat keren, Cosmo pribadi sangat terobsesi dengan bibir yang berlebihan dan tanda air mata. Pro tip: Gunakan palet cat wajah sebelum kamu mencoba tampilan ini.


    2. Lowkey Clown Makeup

    Tidak ingin merasa tampil super dengan riasan Halloween kamu tahun ini? Lakukan pendekatan sederhana pada kostum badut kamu dengan ide riasan imut ini —yang kamu perlukan hanyalah palet eyeshadow pinky-red, lipstik merah, dan sedikit cat wajah warna emas.


    3. Rainbow Clown Makeup

    Jika kamu membutuhkan sesuatu yang cerah dan ceria, riasan badut pelangi untuk Halloween patut dicoba. Kombinasi cat wajah, lipstik ungu, stiker bintang, dan pewarna rambut sementara akan benar-benar membawa tampilan ini ke level selanjutnya.


    4. Neon Clown Makeup

    Sebagian mungkin menganggap badut menyeramkan, namun riasan ini telihat menyenangkan. Mungkin ini ada hubungannya dengan eyeshadow neon yang berpadu sempurna dengan lipstik merah muda cerah, dan bentuk hati berwarna merah muda yang lucu seperti yang terlihat di hidung


    5. Circus Clown Makeup

    Agar clown makeup ini terlihat layak untuk pemain sirkus, mulailah dengna potongan lipatan warna-warni sebelum menambahkan segitiga hitam dramatis di atas alis dan di pipi kamu. Pakai lipstik merah bertekstur shimmer untuk menyempurnakan tampilan.


    6. Jester Makeup

    Penampilan ini sama seperti tentang kerah yang dicat dan riasan wajah badut. Karakter pelawak badut dikenal dengan detail berlian berwarna hitam dan putih. Kamu bisa gunakan cat tubuh untuk membuat potongan leher agar sesuai dengan classic clown makeup kamu.


    7. Crying Clown Makeup

    Cosmo berharap bisa terlihat cantik ketika menangis. Untuk membuat riasan mata kamu tidak terkesan berantakan dan lebih terlihat lucu, serta di sengaja, buat bintik-bintik kilau di atas smoky eyes dan smudged under-eye triangles kamu. Gunakan lipstik metalik untuk benar-benar menyukai tema berkilau.


    8. Colorful Clown Makeup

    Berbicara tentang warna. Jika kamu telah menggambar titik hitam di sekitar mata dan sudut bibir namun merasa penampilan kamu membutuhkan sesuatu yang lain, gunakan eyeliner warna-warni untuk menambahkan beberapa titik lagi di bawah mata kamu.


    9. Pastel Clown Makeup

    Pertama-tama, gunakan palet eyeshadow warna pastel, cat wajah putih, dan bulu mata palsu. Kemudian, cat bagian tengah wajah kamu dengan cat wajah untuk membuat dasar. Setelah kering, gunakan beberapa warna dari palet serta kuas riasan yang lembut untuk membaurkan warna pada tulang alis dan pipi kamu.


    10. Pretty Clown Makeup

    Untuk tampilan clown makeup look yang cantik ini, kamu hanya membutuhkan tiga hal: sliver glitter, eyeliner putih, serta peach lip and cheek pencil. Mulailah dengan menggambar titik-titik di atas alis kamu dan di bawah mata dengan eyeliner putih. Kemudian, gunakan pensil warna peach untuk mengisi bibir kamu dan buat hal yang sama di sekitar bentuk putih, lalu padukan garis dengan jari kamu. Akhiri dengan eyeshadow glitter di dalam bentuk warna putih.


    11. Half-Face Pennywise Makeup

    Clown makeup look ini terlihat sangat imut karena di salah satu sisi terlihat menyeramkan, namun di sisi lainnya terlihat sangat cantik seperti riasan sehari-hari. Mulailah dengan melakukan riasan biasa di satu sisi wajah kamu, lalu gunakan makeup remover untuk mengukir bagian yang kamu inginkan untuk membuat clown makeup. Jiplak garis dengan eyeliner hitam untuk memisahkan kedua bagian, lalu gunakan cat wajah putih dan lip liner merah untuk melengkapi tampilan ini.


    12. Clown Lipstick Look

    Badut adalah tentang ilusi, dan tampilan ini adalah tentang menciptakan ilusi pada riasan berkilau dengan menggunakan eyeliner putih. Mata dan hidungnya cukup tegas —tambahkan sedikit tanda putih di sepanjang lekukan garis— namun untuk menyempurnakan tampilan bibir badut ini, mulailah dengan mengoleskan lipstik merah seperti biasa. Lalu, aplikasikan pensil liner hitam ke sudut luar bibir kamu. Untuk mempercantik dan mengubah bentuk senyum kamu, rentangkan garis sudut terluar bibir kamu. Kemudian, gunakan jari kamu untuk memadukan hitam menjadi merah dan membuat gradient. Untuk menyelesaikannya, gunakan eyeliner putih untuk menggambar tanda kecil di sepanjang lekukan bibir kamu untuk membuat tanda kilau.


    13. Smokey Clown Makeup

    Tidak perlu menggunakan banyak warna untuk tampilan riasan badut seperti ini. Sebagai gantinya, gunakan lipstik merah tua kamu, palet eyeshadow smokey, dan eyeliner hitam. Dan, kamu tahu caranya: Mulailah dengan tampilan riasan mata pilihan kamu, gunakan liner untuk menggambar titik-titik di atas alis dan di bawah mata kamu, lalu selesaikan dengan bibir yang terkesan ditarik.


    14. Simple Clown Makeup

    Tambahkan sedikit detail hati dan perona pipi yang terkesan tebal, serta hidung kamu untuk memberikan vibes E-girl pada clown makeup. Untuk versi badut seperti ini, gambarkan titik-titik di kelopak mata atas dan bawah kamu (bukan di atas alis atau di pipi kamu), dan rentangkan sedikit sudut bibir kamu.


    15. Pastel Rainbow Clown Makeup

    Badut dikenal karena banyak hal yang berbeda (seperti memakan anak-anak di talang jalan) namun mereka juga dikenal karena penggunaan warna-warna yang menyenangkan, jadi gabungkan hal itu ke dalam penampilan kamu! Gunakan eyeshadow warna pelangi untuk membuat smokey eyes yang berwarna-warni. Kemudian, gunakan lip liner warna coral untuk menggambar garis dari sudut luar bibir, lalu melalui mata, dan berakhir di atas alis.


    16. Cute Pennywise Makeup

    Riasan badut ini mengikuti ide desain yang sama dengan gaya Pennywise yang menyeramkan, namun alih-alih menggunakan corak hitam dan merah, tampilan ini menampilkan warna-warna yang lebih imut, seperti kuning, hijau, dan merah muda. Jangan lupakan bulu mata palsu agar telihat lebih manis.


    17. Easy Clown Makeup

    Jika yang kamu punya hanyalah eyeliner dan lipstik merah, gunakan itu untuk membuat riasan badut sederhana. Poin di atas alis dan di bawah mata kamu? Check. Titik merah di hidung? Check. Bibir yang dramatis dan memanjang? Check.




    18. Trendy Joker Makeup

    Jika kamu mencari tampilan clown makeup yang bisa kamu kenakan dengan pakaian biasa karena kamu tidak memiliki kostum badut, tampilan ini cocok dengan perhiasan emas tebal dengan gaya rambut basah yang trendi. Untuk meniru riasan, kamu bisa mengaplikasikan cat wajah berwarna merah, putih, dan biru, lalu menunggu keringat, serta luntur yang tak terhindarkan, atau kamu bisa juga menggunakan kuas kecil untuk menciptakan tampilan seperti ini.



    19. Clown Collar Makeup

    Sementara clown makeup ini sangat bagus dengan sendirinya, lengkapi dengan gambar kerah badut detail ruffle. Selama kamu memiliki riasan dan waktu, kamu dapat membuat kostum tanpa harus membelinya.


    20. Classic Clown Makeup

    Riasan badut ini menampilkan area bibir berlebih berwarna putih klasik yang mungkin kamu ingat saat masih kecil. Namun, tampilan ini menonjolkan smokey eyes warna cokelat yang jauh lebih keren daripada yang dikenakan badut amatir di pesta ulang tahun kelas satu kamu. Kuncinya, menambahkan detail-detail kecil seperti menggunakan eyeliner cokelat untuk membasahi tepi cat putih agar terlihat profesional.


    21. Artsy Clown Makeup

    Bukan gaya clown makeup khas kamu, yang satu ini melibatkan sedikit detail di sekitar area mulut dan pipi kamu juga. Gunakan kuas liner dan waterproof gel untuk membuat bentuk dekoratif simetris di sekitar wajah kamu.


    22. Cute Arthur Fleck Makeup

    Ketika berbicara mengenai Joker, kamu punya banyak pilihan. Namun, untuk clown makeup versi Arthur Fleck ini, kamu membutuhkan berlian biru di sekitar mata kamu dengan air mata, hidung merah, dan tentu saja rambut hijau. Gunakan pewarna sementara untuk mendapatkan tampilan rambut dan cat wajah untuk sisanya.


    23. Skeleton Clown Makeup

    Tampilan ini menggabungkan dua favorit kostum Halloween: skeletons dan badut. Awali dengan menggunakan eyeliner dan eyeshadow hitam untuk membuat fitur skeletons (lubang mata, hidung hilang, dan gigi). Kemudian, gunakan riasan yang sama untuk menambahkan titik di atas alis dan di bawah mata kamu untuk memberikan sentuhan badut klasik.


    24. Traditional Clown Makeup

    Tampilan clown makeup klasik ini mencakup semua elemen dasar: titik di bawah mata, titik di hidung, dan bibir yang dramatis. Untuk tampilan ini, kamu sebenarnya hanya membutuhkan lipstik merah dan eyeliner hitam untuk menggambar gris dan berlian di bawah mata, titik di hidung, dan sudut luar bibir yang memanjang.


    25. Party Clown Makeup

    Badut pesta adalah sesuatu, bukan? Nah, jika mereka belum siap untuk melakukannya, coba terapkan clown makeup penuh kilau dengan glitter ungu. Satu-satunya hal yang kamu butuhkan untuk tampilan ini, ya, glitter berwarna ungu. Gunakan itu untuk membuat bentuk berlian di sekitar mata, bibir, dan bahkan alis kamu.


    26. Cutesy Clown Makeup

    Yang ini memang sangat menakutkan, namun apakah ini akan menjadi kostum badut jika tidak membuat kamu sedikit takut? Kunci dan riasan mata cantik dengan bayangan merah cerah akan membedakan tampilan ini dari gaya riasan Pennywise yang khas.


    27. Creepy Yet Cute Clown Makeup

    Jika kamu tidak dapat memutuskan antara pergi ke tempat Halloween yang menyeramkan atau yang santai, gunakan tampilan yang memiliki elemen keduanya, seperti clown makeup yang satu ini. Siapa yang tahu staples dan darah palsu jika dipadukan bisa terlihat sempurna dengan menggunakan kilau rona merah dan efek mata kucing? Untuk membuat “smile lines” yang satu ini, gunakan darah palsu untuk mencontek garis tepi dan pigmen warna perak untuk membuat staples.






    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati Image: Dok. Instagram / Layout: Rhani Shakurani )