Lifestyle

Pemeran 'Start-Up' Bahas Peran Mereka dalam Wawancara Ini!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       26/10/2020
    • Dalam wawancara bersama Cosmopolitan Philippines, Bae Suzy, Nam Joo Hyuk, Kim Seon Ho, dan Kan Han Na bicara tentang serial terbaru mereka.


    Kamu tahu sebuah K-Drama akan menjadi populer ketika kamu sudah ‘tercantol’ setelah menonton satu episode; Jika serial tersebut terasa seperti roller coaster emosional tapi tetap membuatmu sangat terkesan, pasti akan menjadi topik pembicaraan selama beberapa minggu ke depan. Contohnya: serial terbaru Netflix yang dibintangi Bae Suzy dan Nam Joo Hyuk, Start-Up






    Bisa ditebak dari judulnya, drama ini berkisah tentang perusahaan startup dan anak muda yang menjadi bagian dari industri tersebut. Berbeda dari tema K-Drama yang biasanya kita saksikan, Start-Up membahas perjuangan pemula di industri tersebut, dan cara menghadapi kesulitan dalam jangka panjang. Serial ini menyorot perkembangan teknologi dan bagaimana orang-orang muda menjadi individu yang selalu mereka dambakan.

    K-Drama ini disutradarai oleh Oh Choong Hwan (While You Were Sleeping, Hotel del Luna) dan ditulis oleh Park Hye Ryun (Dream High, Pinocchio, While You Were Sleeping). Tentang drama terbaru ini, sang sutradara mengatakan: “Acara ini membuat saya sangat excited. Ada banyak elemen cerita untuk dinanti, dan serial ini tentang cinta. Namun bukan hanya tentang cinta—juga tentang memiliki visi dan mimpi yang lebih besar tentang hidupmu, dan bekerja keras demi meraih mimpimu.”



    Seperti apa alur cerita serial Netflix Start-Up?

    Seo Dal Mi (Bae Suzy) memiliki segala hal untuk menjadi individu yang sukses—ia passionate, pekerja keras, optimis, dan punya pengalaman kerja paruh waktu yang cukup. Namun karena latarnya dan kekurangan koneksi, Dal Mi hampir selalu mengalami kegagalan, saat ia baru saja mendekati puncak. 




    Sebaliknya, saudari Dal Mi yang terasing, Won In Jae (Kang Han Na), tumbuh sebagai chaebol generasi kedua dengan ayah tiri yang makmur. (Mereka terpisah saat masih kecil.) Walaupun ia memiliki semua hal yang orang-orang inginkan—paras cantik, kekayaan, dan edukasi, In Jae mengalami kesulitan membesarkan namanya karena cara ia diasuh.




    Saat Dal Mi menderita karena keluarganya berpisah, ia menemukan sahabat pena bernama Nam Do San. Saat itu ia tidak tahu bahwa itu adalah ide sang nenek untuk menghubungkannya dengan Do San, agar Dal Mi tak lagi sedih. Ternyata Nam Do San adalah Han Ji Pyeong (Kim Seon Ho), seorang yatim piatu yang bersemangat untuk sukses. Akhirnya ia meraih mimpinya dan menjadi senior investment manager di sebuah perusahaan modal ventura. Ia dijuluki “Gordon Ramsay dalam investasi” akan sifatnya yang tanpa basa-basi dan lidah tajamnya.




    Di sisi lain, Nam Do San (Nam Joo Hyuk) yang asli adalah “jenius matematika” saat kecil, tapi telah kehilangan imej sebagai kebangaan keluarga. Ia adalah pendiri Samsan Tech, sebuah perusahaan startup yang ia buat bersama teman-temannya yang belum mengalami kemajuan selama dua tahun. Ketika ia tahu bahwa Dal Mi menganggap bahwa dirinya adalah sahabat pena sekaligus cinta pertamanya, ia menjadi versi lain dirinya untuk membuktikan bahwa ia worth it. Keempat individu ini memiliki satu tujuan: Untuk mencapai impian mereka selagi mulai di tempat bernama Sand Box.




    Cosmo sudah menyaksikan dua episode pertama Start-Up dua kali, menonton ulang beberapa adegan favorit, dan telah mendengarkan soundtrack-nya sepanjang minggu. Drama ini benar-benar membuat Cosmo terobsesi—menyajikan sudut pandang refreshing tapi juga realistis akan dunia yang berkembang dalam sekejap mata, mulai dari hal-hal yang kamu gunakan, hingga orang-orang di sekitarmu. Dan itulah yang membuat serial ini menjanjikan dan patut diikuti.

    Selama konferensi pers bersama Netflix, our sister, Cosmopolitan Philippines, berkesempatan untuk mewawancarai pemeran Start-Up dan bertanya tentang pendapat mereka tentang karakter yang mereka perankan. Ini dia jawaban Bae Suzy, Nam Joo Hyuk, Kim Seon Ho, dan Kang Han Na:


    Bae Suzy sebagai Seo Dal Mi

    Apa kesan pertama Anda saat pertama kali membaca naskahnya?

    “Saya tertarik dengan topik startup. Itu dimulai dengan hubungan kompleks antara para tokoh. Saya tidak sabar untuk melihat bagaimana cerita ini akan terungkap, dan secara pribadi, saya sangat menikmati alurnya. Saya juga ingin menyemangati orang-orang seusia saya, karena itulah pesan acara ini. It’s a very heartwarming story.”




    Bagaimana cara Anda mempersiapkan diri untuk peran Anda?

    “Karakter saya, Dal Mi, bertemu dengan banyak orang dalam cerita ini. Dan saya juga berpikir tentang bagaimana cara berinteraksi dengan karakter yang beragam ini. Saya terjun mendalami skrip. Contohnya, Do San adalah cinta pertama Dal Mi, jadi saya berpikir: Bagaimana cara karakter saya berinteraksi dengan Do San? Jadi saya mencoba membaca skrip dari perspektif Dal Mi. Karena topik startup itu baru bagi saya, saya mencari wawancara CEO startup muda. Saya menjadi lebih dinamis.”


    Bagaimana Anda menilai chemistry dengan pasangan Anda di layar?

    “Saat bertemu di set, ada energi yang sangat baik. Ia memiliki banyak energi yang baik pula. Dan saya pikir itu menciptakan banyak sinergi bagi saya. Saya mampu benar-benar membenamkan diri saya dalam peran, berkat dia. Dengan karakter kami tampil bersama, rasanya sangat ceria dan indah. Kamu akan ingin mendukung mereka.”


    Ada konflik di antara karakter Anda dan Kang Han Na. Bagaimana rasanya saat syuting?

    “Won In Jae adalah tokoh yang sangat dingin. Meskipun begitu, Kang Han Na adalah seseorang yang loveable. Terkadang, ada banyak kebingungan bagi saya antara karakternya dan kepribadiannya yang asli, tapi itu sangat seru. Kami harus menjaga level ketegangan di antara sesama, tapi ada beberapa momen di mana saya akan tertawa dan kami tidak bisa menahan diri. Jadi saya harus benar-benar mengontrol pikiran.”


    Nam Joo Hyuk sebagai Nam Do San

    Apa yang membuat Anda tertarik dengan tokoh yang Anda perankan sampai bergabung dalam proyek ini?

    “Ketika saya pertama kali membaca sinopsis ceritanya, saya merasa bahwa karakter ini belum lengkap. Jadi saya pikir, jika saya mengambil peran ini, saya bisa menambahkan lebih dan membantu melengkapi karakter ini. Seiring cerita berjalan, ia ingin berkembang dan saya ingin menunjukkan itu. Saya melihat kesamaan antara saya dan karakter saya. Karena usia kami sama, saya bisa merasakan apa yang Do San rasakan.”


    Bagaimana Anda mempersiapkan diri untuk peran Anda?

    “Saat mempersiapkan karakter saya, saya juga berkesempatan untuk melihat kembali masa lalu dan melihat ke masa depan. Saya merasa banyak kemiripan dengan Nam Do San—untuk membenamkan diri dalam karakter saya, saya sungguh melihat ke dalam diri. Itu memberi saya ide cara bersiap-siap, lebih tepatnya dalam hal tampilan visual. Ia tidak terlalu sulit untuk saya hidupkan, karena menjadi seorang kutu buku adalah bagian dari diri saya. Itu bukanlah tantangan mustahil untuk saya lakukan. Dalam pikiran saya, saya berpikir tentang cara menggambarkan seorang kutu buku. Tapi kemudian saya sadar bahwa saya seorang kutu buku. Seperti Do San, terkadang ketika saya gugup, saya juga bergemetar. Jadi saya menggunakan sifat itu untuk memerankan karakter saya dengan baik.”


    Bagaimana Anda menilai chemistry dengan pasangan Anda di layar?

    “Saat pertama kali mendengarnya, saya sangat menanti momen akting bersama Suzy. Walaupun kami tidak memiliki banyak adegan bersama di awal tapi ketika kami bertemu, kami memiliki chemistry bagus dengan satu sama lain.”


    Apa yang patut diharapkan para penonton dari karakter Anda dan Ji Pyeong?

    “Mereka memiliki hubungan sulit jika ada di kehidupan nyata. Do San bukanlah seseorang yang kamu temui setiap hari. Ketika saya mengucapkan dialog saya, ada bagian dari diri saya yang keluar. Ada beberapa momen di mana saya merasa kasihan terhadap Ji Pyeong karena mengucapkan kata-kata tersebut sebagai Do San. Itulah momen yang harus kami ulang karena sungguh lucu.”


    Kim Seon Ho sebagai Han Ji Pyeong

    Apa kesan pertama Anda saat pertama kali membaca naskahnya?

    There was a lot of excitement. Drama ini cukup berbeda dari acara lainnya karena kalau kamu melihat karakternya kamu akan merasa dipaksa untuk terus membaca. Yang membuat Start-Up berbeda dari yang lain adalah selagi drama lain cenderung memiliki cerita yang lebih pedas dan juicy, serial ini lebih hangat dan memotivasi.”


    Anda juga tampil dalam variety show 2 Days And One Night. Bagaimana cara Anda menyeimbangkan peran-peran tersebut?

    “Para kreator sangat perhatian pada saya dan jadwal saya, jadi saya tidak cemas akan itu. Yang saya khawatirkan adalah orang-orang yang telah melihat saya dalam serial variety mungkin merasa awkward saat melihat tokoh saya, Han Ji Pyeong. Saya harap seiring berjalannya waktu, mereka akan terbiasa dengannya. Ji Pyeong tulus dan memiliki hati baik, dan kami cukup sama dalam hal tersebut. Saya tidak kasar dengan kata-kata sepertinya, karena ia terang-terangan dan berlidah cukup tajam. Itulah perbedaan antara saya dan tokoh saya.”


    Apa yang patut diharapkan para penonton dari karakter Anda dan Nam Do San?

    “Saya bertemu Nam Joo Hyuk lewat serial ini. Ia sangat tulus tentang segala hal dan semua yang ia lakukan terasa sungguh nyata. Saya mengikuti energi tersebut and it was really fun. Soal chemistry, saling percaya itu penting.”


    Kan Han Na sebagai Won In Jae

    Apa yang membuat Anda tertarik dengan tokoh yang Anda perankan sampai bergabung dalam proyek ini?

    “Soal kemiripan dengan karakter saya Won In Jae, saya rasa saya memiliki dorongan kuat begitu saya memilih untuk melakukan sesuatu. Itulah kesamaan antara saya dan tokoh saya. Saya sempat meeting dengan sang sutradara dan penulis dan kami membahas bagaimana potongan rambut pendek lebih cocok untuk Won In Jae, jadi saya melakukannya. Karakter saya adalah businesswoman luar biasa, tapi terkadang saya kasihan padanya. Saya harap para penonton bisa mendukungnya dan kesenangan pribadinya.”


    Bagaimana Anda mempersiapkan diri untuk peran Anda?

    “Won In Jae adalah businesswoman yang sangat bekerja keras dan teliti. Sang penulis memberi saya beberapa petunjuk tentang karakter saya, seperti video referensi agar saya bisa memahaminya lebih baik. Saya mempelajari skrip dengan kuat dan menonton video CEO sukses agar saya bisa menangkap aura mereka.”


    Ada konflik di antara karakter Anda dan Bae Suzy. Bagaimana rasanya saat syuting?

    “In Jae dan Dal Mi adalah rival, dan ada konflik halus di antara mereka. Seperti yang kita semua tahu, Suzy sangat loveable sehingga sulit bagi saya untuk menyerang karakternya. Di layar, kami adalah saudari yang membenci sesama tapi di kehidupan nyata, kami memiliki pertemanan yang baik. Saya harap kamu bisa melihat chemistry di antara kami.”


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Philippines / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. Netflix/tvN)