Lifestyle

Ghea Panggabean Rilis Buku Perdana Setelah 40 Tahun Berkarya

  by: Givania Diwiya Citta       28/10/2020
    • Desainer Ghea Panggabean merilis buku “Asian Bohemian Chic” yang bercerita 40 tahun masa berkaryanya, sekaligus kekayaan tekstil Indonesia.
    • Buku yang diterbitkan oleh Rizzoli ini menjadi buku inspirasi untuk para desainer muda dan semua yang mencintai tekstil indah warisan Indonesia.


    Kabar membanggakan dari industri mode dan literatur tanah air! Pada 16 Oktober lalu, desainer mode Ghea Panggabean baru saja merilis buku perdananya yang berjudul Asian Bohemian Chic, tepat pada perayaan 40 tahun masa berkaryanya. Dalam buku ini, Ghea berbagi kisah perjalanan hidup serta karyanya yang tersohor akan permainan tekstil etnis Indonesia. Ya, buku ini lantas tak hanya menjadi cerminan dedikasi berkarya Ghea sepanjang hidupnya, namun juga menjadi showcase kekayaan warisan tekstil Indonesia yang indah, seperti yang termanifestasi pada karya khas Ghea, tie-dyed Jumputan Pelangi.






    Kita pun diajak kilas balik pada era ‘80an di mana Ghea kembali ke tanah air setelah menyelesaikan pendidikan fashion design di London dan memulai kariernya sebagai perancang mode. Kain yang kaya motif, seni, dan budaya Indonesia lantas menjadi karakter kuat dalam setiap desain yang ia rancang. Bahkan kita tetap konsisten melihat karakter etnis tersebut pada karya Ghea 40 tahun kemudian di masa sekarang. Seperti karya pertamanya yang mengangkat kain lurik, hingga perjalanannya mengeksplor tekstil dan ragam motif nusantara dari masa ke masa dalam melahirkan koleksi busana modern bermotif tikar Kalimantan, wayang beber, dan ragam hias Batak seperti motif gorga, sampai inovasinya mengolah motif kain pelangi jumputan yang sukses membuatnya dilabeli ‘Ratu Jumputan’.




    Tak hanya berisikan retrospeksi karya Ghea, buku ini juga mengupas sejarah fashion Indonesia, nilai-nilai budaya Indonesia, dan merepresentasikan transformasi budaya tradisional ke desain modern yang terjadi di Indonesia. Ya, buku setebal 320 halaman ini membawa misi dan harapan Ghea untuk menjadikan sebuah buku sebagai inspirasi sumber wawasan baru bagi insan kreatif dan pencinta mode, serta sebagai sarana edukasi bagi generasi muda yang mempunyai minat dalam industri fashion. Seperti yang dituturkannya, “Saya ingin buku ini menjadi the window to the world for Indonesian fashion, di mana orang-orang di berbagai belahan dunia bisa melihat kekayaan dan keindahan seni, budaya Indonesia melalui karya-karya saya.” Cosmo salut!






    Tak luput, Asian Bohemian Chic juga mengulas sosok personal Ghea yang bisa kita pelajari. Mulai dari pertemuannya dengan berbagai sosok besar dunia, keterlibatannya dalam mendirikan organisasi profesi fashion designer pertama di Indonesia, hubungan serta kedekatannya dengan Amanda dan Janna, putri kembarnya sebagai generasi penerusnya, sampai kecintaannya dalam mengoleksi barang antik. Intriguing! Untuk mendapatkan buku ini, kamu bisa mengunjungi gerai Ghea Fashion Studio, atau di toko buku Kinokuniya, ataupun secara online di sini. Selamat terinspirasi!




    (Givania Diwiya / Images: Dok. Ghea Fashion Studio / Layout Opening Image: Rhani Shakurani)