Better You

Ini 15 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Payudara!

  by: Giovani Untari       28/10/2020
    • Cara terbaik untuk menjaga kesehatan payudaramu ternyata bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat.
    • Berikut ini ada 15 daftar makanan yang baik untuk kesehatan payudara, girls! Seperti: bawang putih, yogurt, kacang-kacangan, dan lemak ikan.


    Salah satu bagian paling menyenangkan menjadi dewasa adalah kamu bisa makan apapun yang kamu inginkan.

    No parents, no rules! Es krim untuk dinner! Hingga minum wine sebagai dessert! Tetapi satu hal yang perlu diingat, apapun yang kita makan sebaiknya adalah sesuatu yang baik untuk kesehatan payudara.



    Selain sering kita dengar berbagai nasihat dari ibu tentang pentingnya memilih makanan yang sehat. Tapi faktanya, salah satu cara terbaik dalam menjaga kesehatan payudara memang melalui makanan, dear!

    "Dengan mengonsumsi makanan yang sehat sebenarnya kamu ikut membantu menjaga kesehatan payudara. Makanan sehat tersebut bisa meredakan inflamasi, menjaga berat badan tetap sehat, dan meningkatkan sistem metabolik tubuh. Hal ini juga bisa membantu mengurangi resiko atas kanker payudara," ujar Cathy Leman, seorang breast cancer survivor, ahli diet, dan founder dari Higher Ground Breast Cancer Surivival dan Dam Mad About Breast Cancer. "Pola makan yang sehat akan membuat tubuh memiliki nutrisi untuk memperbaiki dan meningkatkan energi. Kebiasaan ini juga membantu tubuh menstabilkan gula darah dan tekanan darah," tambahnya.

    Kanker payudara merupakan salah satu kanker yang paling umum diidap oleh para perempuan di dunia. Kanker ini menyerang 1 dari 8 perempuan, bahkan termasuk pria! Meski sejumlah faktor penyebabnya adalah sesuatu hal yang tidak bisa kita hindari (contohnya gen keluraga), menerapkan pola makan yang sehat adalah cara terbaik untuk mengurangi risiko terkena kanker ini menurut Ginger Muscalli, seorang nutrisionis dari The Johns Hopkins Hospital, sekaligus breast cancer survivor. "Ada banyak faktor yang bisa membuat payudara menjadi sehat dan ada juga faktor lainnya yang membuat seseorang didiagnosa mengidap kanker payudara. Dengan kombinasi dari motivasi dan takaran yang cukup, ada banyak makanan yang bisa membawa pengaruh baik untuk kesehatan payudara. Sebagai seorang survivor, saya selalu mengonsumsi di antaranya!"


    Berikut ini 15 makanan yang baik untuk kesehatan payudara yang direkomendasikan oleh Ginger Muscalli, check them out:


    1. Arugula dan kale



    Tentu, semua sayuran hijau memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Tetapi dua sayuran ini memiliki manfaat kesehatan yang lebih dibanding sayuran lainnya! Arugula dan kale adalah anggota dari keluarga sayuran cruciferous, mereka baik bagi kesehatan serta sumber serat dan karotenoid. Dua elemen tersebut bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker payudara.


    2. Bawang putih

    Bawang putih mengandung vitamin C dan antioksidan, yang mana ini baik untuk kesehatan jaringan payudara kamu. Well, ini saatnya membeli bawang putih dan memasukkannya ke dalam menu masakan agar bisa mendapatkan manfaat kesehatannya.


    3. Lentil

    "Jenis kacang satu ini memiliki serat yang tinggi dan manfaat yang baik bagi tubuh," ujar Leman. "Mengonsumsi makanan tinggi serat membantu kita untuk terhindar dari diagnosis atas kanker payudara. Sebuah studi meemukan fakta bahwa dengan mengonsumsi 10 gram serat setiap harinya bisa menurunkan faktor terkena kanker payudara sebanyak 5%. Menjaga pola makan dengan asupan serat yang cukup juga membantu tubuh dan pencernaan kita menjadi lebih sehat."


    4. Teh hijau

    Teh hijau mengandung senyawa katekin yang merupakan sumber antioksidan alami. "Teh hijau dapat memberi pengaruh yang berbeda pada setiap orang yang mengonsumsinya," ujar Muscalli. "Beberapa orang merasa tidak nyaman setelah meminumnya. Jadi saya selalu menganjurkan untuk mengonsumsi teh ini secara perlahan lalu meningkatkannya jumlahnya jika mereka sudah terbiasa. Seperti pola satu gelas saat makan siang atau makan malam. Lalu berlanjut menjadi dua gelas setiap harinya."


    5. Lemak ikan



    Muscalli mengatakan bahwa dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa lemak ikan dapat ikut mengurangi risiko kita terkena kanker payudara, karena tinggi selenium dan omega 3. Tetapi pastikan kamu memilih ikan seperti salmon, makarel, sarden, tuna, dan lainnya yang masih segar.


    6. Blueberry dan blackberry

    Semua buah dari keluarga berry mengandung flavonoid dan vitamin C. Jadi blueberry dan blackberry memiliki kandungan potensial untuk mencegah kanker payudara lantaran di dalamnya terdapat fitokimia seperti sianidin, kaempferol, dan resveratol. "Penelitian memberikan hasil bahwa fitokimia ini dapat menurunkan risiko kita terkena kanker payudara," terang Leman.


    7. Sayuran berwarna cerah

    Sayuran berwarna cerah seperti wortel, ubi manis, brokoli, cauliflower, dan brussel sprouts diperkaya dengan zat karotenoid dan antioksidan. Di mana zat ini bisa mengurangi gejala dan risiko kanker payudara.




    8. Yogurt



    Makanan yang difermentasi seperti yogurt mengandung probiotik yang baik bagi kesehatan pencernaan dan sistem imun manusia. "Pencernaan yang sehat dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dengan lebih baik. Banyak sekali kasus di mana penderita kanker payudara juga ditemukan mengalami kanker usus lantaran pola makan mereka yang buruk," tukas Muscalli.


    9. Oat dan barley

    "Dari data yang sudah kami telusuri, terdapat fakta bahwa biji-bijian adalah sumber serat yang baik dan mengandung senyawa bioaktif seperti phenolic acids dan anthocyanins. Keduanya adalah senyawa yang baik untuk kesehatan payudara," jelas Leman dalam wawancaranya.


    10. Flax seed

    Baik kamu mengonsumsinya dalam bentuk kapsul atau minyak, flaxseed memiliki omega 3 yang tinggi akan antioksidan. "Penelitian menunjukkan bahwa flaxseed oil bisa membantu mencegah tumor payudara," ujar Muscalli. "Tetapi perlu diingat bahwa kebutuhan setiap orang tentu berbeda. Jadi saya biasanya merekomendasikan klien saya mengonsumsi 1 sendok makan setiap harinya. Saya bahkan memiliki beberapa klien yang mengonsumsi flaxseed oil setiap paginya dengan menuangkannya di atas roti panggang gandum dan bubuk kayu manis. Kamu juga bisa mencoba menambahkannya ke dalam menu salad."


    11. Bawang bombai

    Riset terbaru membuktikan bahwa di dalam bawang bombai terkandung vitamin C, flavonoid, dan zat antioksidan lainnya. Ini tentu bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker payudara.


    12. Kacang-kacangan

    Ada begitu banyak manfaat dari mengonsumsi berbagai jenis kacang, dear! Salah satunya sumber Fitosterol yang bisa kamu temukan di Brazil nuts atau kacang tanah. "Fitosterol dapat mengikat reseptor dari hormon estrogen," jelas Muscalli. "Jumlah hormon estrogen yang berlebih diketahui dapat menjadi pemicu atas tumor payudara, jadi mengonsumi makanan yang tinggi kandungan fitosterol dapat menstabilkan hormon estrogen dalam tubuh."


    13. Buah-buahan citrus



    Jeruk, grapefruit, lemon, dan jeruk nipis memiliki antibiotik alami, vitamin C, dan folat yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh dan meredakan inflamasi.


    14. Okay, semua buah tentu baik

    Mengonsumi pola makan sehat dan banyak buah memberi dampak yang baik bagi tubuh. Kamu bisa menambahkan buah peach, pir, apel, anggur dan pisang untuk menambah asupan potasium dan vitamin C. Dua nutrisi ini berperan penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan kuat.


    15. Rempah-rempah

    Rempah-rempah seperti kunyit, jahe, kayu manis, dan basil mengandung zat yang bisa mengurangi peradangan dalam tubuh. "Meski saat ini riset sedang dilakukan terus menerus, tetapi beberapa rempah ditemukan memiliki zat yang berfungsi sebagai anti kanker di dalamnya," tuas Muscalli. "Kombinasi atas rempah di atas mungkin tidak memengaruhi kesehatan jaringan payudara, tetapi mereka dapat mencegah zat radikal yang buruk bagi tubuh."


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Giovani Untari / Image: Dok. Prostooleh from Freepik, Tenor.com)