Lifestyle

Selain Parasite, Ini Daftar Film Korea yang Wajib Ditonton!

  by: Givania Diwiya Citta       29/10/2020
  • Pada tahun 2020 ini, Parasite mencetak sejarah sebagai film berbahasa non Inggris pertama yang meraih penghargaan tertinggi “Best Picture” dalam Academy Awards. Kemenangan film ini membuktikan bakat kelas dunia tak hanya datang dari Barat, justru film-film berskala internasional lain juga layak mendapatkan apresiasi di Oscar, melebihi dari sekadar masuk ke kategori “foreign”. Hal ini juga membuktikan bahwa ada banyak hal yang bisa dilihat dari belahan dunia lain, bahkan bagi semesta hiburan Korea, ada lebih banyak hal lagi selain musik K-Pop dan K-Drama.


    Industri perfilman Korea telah melahirkan beberapa film horor terbaik, drama yang bikin menangis tidak karuan, misteri yang membuat kita merinding, film feel-good, dan karya-karya lain yang membengkokkan definisi genre. Seluruhnya sepadan ditonton meski harus berupaya membacanya dengan terjemahan. Namun kamu tak akan pernah menyesal telah menontonnya. Berikut adalah sederet film Korea terbaik yang wajib kamu tonton.




    Parasite


    Keluarga Kim adalah keluarga miskin yang punya aspirasi besar dalam kehidupan, mereka mencoba apapun yang bisa dilakukan untuk benar-benar naik ke kelas sosial yang lebih atas, dan untuk bisa keluar dari tempat tinggal basement mereka. Jadi saat Ki Woo (Choi Woo Shik) diberi kesempatan untuk menggantikan temannya menjadi tutor untuk sebuah keluarga kaya raya, ia dengan senang hati menerimanya – meski ia memalsukan beberapa dokumen untuk mendapatkan pekerjaan itu. Kesempatan lain pun turut terbuka bagi anggota keluarganya yang lain. Namun segala hal berubah jadi buruk, dan film ini akan membuat kamu merasa campur aduk sampai kamu tak bisa melupakannya.


    Train to Busan


    Seorang ayah duda Seok-Woo (Gong Yoo) menaiki kereta dari Seoul ke Busan dengan anak perempuannya yang masih kecil Soo-Ahn (Kim SOO-Ahn) untuk mengantarnya pada sang ibu dari anaknya. Tapi mereka dan para penumpang kereta lain tak tahu bahwa zombie apocalypse sedang terjadi di luar. Keduanya, serta para karakter dari penumpang kereta tersebut mencoba bekerja sama dan berjuang untuk bertahan hidup.


    Miracle in Cell No. 7


    Film ini menceritakan kisah Yong-Goo (Ryu Seung-Ryong), seorang ayah yang mentalnya terguncang, yang telah salah dituduh dan dipenjara atas kasus pembunuhan. Ia tak paham mengapa ia dijadikan terdakwa, dan ia ingin keluar dari penjara agar ia bisa kembali merawat putrinya Ye-Seung (Kal So-Won). Itulah saat para rekan buinya memasukkan sang putri ke penjara diam-diam agar Yong-Goo bisa menemuinya. Bersama-sama, mereka semua membangun ikatan kekeluargaan dan memperjuangkan bukti bahwa Yong-Goo tidak bersalah.


    My Sassy Girl


    Kyun-Woo (Cha Tae-Hyun) menyelamatkan seorang perempuan mabuk (Jun Ji-Hyun) dari hampir terjatuh di kereta di stasiun metro. Ia merasa bersalah meninggalkan sang perempuan masih dalam keadaan mabuk, jadi ia membawanya ke hotel agar sang perempuan bisa menginap di sana. Namun takdir yang aneh terjadi, polisi kemudian menggerebek kamar hotel dan membawanya ke penjara. Mengejutkannya, sang perempuan meneleponnya pada keesokan harinya, dan mulai bercerita tentang ia yang mengalami putus hubungan dan melampiaskannya dengan minum soju. Itulah saat hubungan tak biasa mereka mulai tumbuh, yang kemudian akan mengungkap rahasia kehidupan pribadi mereka.


    Oldboy


    Oh Dae-Su (Choi Min-Sik) pernah diculik oleh penangkap misterius di tahun 1998, sejak itu, ia terjebak di dalam kamar hotel tanpa jendela. Namun setelah 15 tahun terpenjarakan seperti itu, ia terbebas secara mengejutkan. Ia kemudian ditantang untuk mencari dalang yang merancang penculikannya dalam rentang waktu lima hari.


    The Handmaiden


    Sook-Hee (Kim Tae-Ri) direkrut untuk menjadi pelayan untuk bangsawan Jepang Lady Hideko (Kim Min-Hee). Yang Hideko tak tahu adalah ternyata Sook-Hee merupakan bagian dari sebuah plot penipuan yang ingin memeras hartanya. Namun ketika kedua perempuan tersebut membangun perasaan tak terduga pada satu sama lain, rencana jadi berantakan.


    Always


    Cheol-Min (So Ji-Sub) adalah mantan petinju yang sekarang bekerja menjadi tukang parkir. Ia kemudian bertemu dengan telemarketer buta Jung-Hwa (Han Hyo-Joo), yang mengantarkannya ke pos parkirnya, dan mengira bahwa perempuan ini merupakan mantan karyawan yang ia ambil posisinya. Dari sana, mereka justru jadi bagian dari kehidupan satu sama lain, belajar tentang hidup dari satu sama lain, dan saling jatuh cinta.


    A Moment to Remember




    Desainer mode berusia 27 tahun Kim Su-Jin (Son Ye-Jin) merasa dikhianati setelah tahu bahwa kekasihnya menikah dengan orang lain. Ia memutuskan untuk keluar dari bidang fashion dan mengejar perannya sebagai penerus perusahaan konstruksi milik ayahnya, di mana ia bertemu dengan seorang pria tampan yang wajahnya terasa familiar. Choi Chul-Soo (Jung Woo-Sung) adalah garda depan di situs konstruksi, yang bertugas memandu Su-Jin. Meski mereka berbeda kelas sosial, mereka pun menikah. Namun takdir menghalangi kebahagiaan mereka.


    Finding Mr. Destiny


    Han Gi-Joon (Gong Yoo) membangun sebuah agensi yang bisa membantu orang-orang menemukan cinta pertama mereka yang telah lama hilang. Seo Ji-Woo (Lim Soo-Jung) menjadi pelanggan pertamanya setelah ayahnya tahu bahwa ia tak bisa melupakan pria yang ia temui kala berlibur ke India saat usianya 20an tahun. Untuk menemukan Kim Jung-Wook sang cinta lama yang hilang, mereka berkelana di India dan mencari beberapa pria yang punya nama sama. Mereka sempat kehilangan harapan, namun selama pencarian, keduanya justru menemukan ada perasaan yang tumbuh di antara mereka. Tapi hadirnya pelanggan nomor dua akan mengubah segalanya.


    Waikiki Brothers


    Band yang menggemari cover, Waikiki Brothers, selalu pentas di acara yang payah, hingga sang pemain saxophone minta berhenti dan keluar dari band. Yang tersisa adalah penyanyi utama sekaligus gitaris Sung-Woo (Lee Eol), pemain keyboard Jung-Seok (Park Won-Sang), dan drummer Kang-Soo (Hwang Jung-Min), dan mereka akan melanjutkan perjalanan band sebagai trio. Mereka pun berkunjung ke kampung halaman Sung-Woo, yang dulu pernah terkenal sebagai daerah wisata di era ‘80an. Selama mereka menghabiskan waktu di sana, Sung-Woo bertemu teman lama dan cinta lamanya.


    Windtstruck


    Seorang polisi Kyung-Jin (Jun Ji-Hyun) salah menangkap seorang guru Myung-Woo (Jang Hyuk) ketika ia mengira bahwa sang guru adalah penjambret yang dicari. Saat menyadari ia salah menangkap orang, dan kemudian menyadari bahwa pria ini adalah orang baik, mereka pun bekerja sama untuk sebuah misi, dan tak butuh waktu lama untuk saling jatuh cinta. Tragisnya, saat mengejar kriminal, Myung-Woo gugur dan membuat Kyung-Jin terjatuh dalam depresi berat. Myung-Woo kembali dalam wujud arwah angin, memandu dan mengiriminya pesan untuk move on.


    More Than Blue


    Kay (Kwon Sang-Woo) sudah lama jatuh cinta pada sahabatnya, Cream (Lee Bo-Young), namun karena ia mengidap penyakit kanker terminal, ia akhirnya merahasiakan perasaannya. Ia justru membuat sebuah misi untuk membantu pujaan hatinya menemukan pasangan yang sempurna sebelum ia wafat.


    Welcome to Dongmagkol


    Film ini berlatar Perang Korea, di mana seorang pilot jet dari U.S., tiga tentara Korea Utara, dan dua tentara Korea Selatan terdampar di sebuah desa kecil di mana penduduknya tak ada yang mengerti soal perang yang berlangsung. Mereka pun saling bertengkar dan berkelahi, namun akhirnya belajar untuk bekerja sama seiring berjalannya waktu. Mereka pun kemudian melepaskan rasa benci, dan bersatu untuk menjaga desa ini dari serangan udara yang tengah berlangsung.


    The Truth Beneath


    Yeon-Hong (Son Ye-Jin) adalah istri setia dari seorang suami politikus Jong-Chan (Kim Ju-Hyuk). Ketika putri mereka, Min-Jin (Shin Ji-Hoon) menghilang, ia menuruti perkataan suaminya untuk tidak melaporkan apapun pada pihak berwajib untuk menghindari publisitas negatif. Ia pun memutuskan untuk mengurus masalah ini sendiri, dan menginvestigasi hilangnya putrinya. Ia pun kemudian menemukan jaring konspirasi dan banyak kebohongan yang tak ia sangka terjadi.


    Save the Green Planet


    Dalam film komedi ini, Lee Byeong-Gu (Shin Ha-Kyun) percaya bahwa bumi akan diinvasi oleh alien. Jadi ia pun memulai perjalanan untuk menyelamatkan dunia dengan cara menculik yang ia sebut sebagai “alien”. Pertama, ia menculik seorang karyawan farmasi, karena mengira ia adalah alien dari planet Andromeda. Ia kemudian menculik beberapa politikus dan pebisnis lewat bantuan kekasihnya, yang terkadang mempertanyakan kewarasannya. Tapi saat seorang detektif terlibat dalam kasus ini, rencananya pun jadi terhalang. Mungkin saja ternyata Byeong-Gu ini tak gila sama sekali…


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Image: Outnow.ch / Jasmine Ting)

    tags: film korea