Celebrity

Estelle Linden Lebarkan Sayap Lewat Film 'Sabar Ini Ujian'

  by: Alvin Yoga       30/10/2020
    • Estelle Van Der Linden, atau yang lebih dikenal sebagai Estelle Linden, semakin dikenal berkat perannya sebagai Astrid di film "Sabar Ini Ujian".
    • Aktris yang memulai kariernya sejak usia muda ini ternyata pernah menjadi sutradara, dan berkata ia ingin sekali membuat film tentang pedofilia.


    Estelle Van Der Linden, atau yang mungkin lebih kamu kenal dengan nama Estelle Linden, merupakan aktris kelahiran Yogyakarta yang kini semakin dikenal berkat perannya sebagai Astrid di film terbarunya, Sabar Ini Ujian. Kalau kamu berpikir, "Sepertinya aku pernah mendengar namanya", atau "Kok, aku sekilas mengingat wajahnya", well, mungkin karena kamu MEMANG pernah melihatnya di layar kaca.

    Aktris berzodiak Libra ini ternyata sudah lama mondar-mandir di industri lakon sejak usianya masih sangat belia. Estelle memulai kariernya di dunia perfilman dengan bermain sinetron di usia 12 tahun. Dan kini, 12 tahun kemudian, ia masih mencintai dan menggeluti pekerjaannya sebagai aktris, bahkan sempat mencoba sebagai seorang sutradara muda. Ingin tahu lebih banyak mengenai sosok perempuan yang ternyata juga bercita-cita menjadi pemilik yayasan amal ini? Simak wawancara Cosmo dengan Estelle Linden berikut.




    Cosmo (C): Hai Estelle, bagaimana kabar Anda?

    Estelle (E): Hai Cosmo! Kabar baik. Belakangan ini saya sedang sibuk meski di rumah saja, atau lebih tepatnya, saya mencari kesibukan yang sehat, fun dan aman di tengah situasi pandemi ini. Saya sedang rajin membaca, berkebun, beramal, berolahraga, menonton film, dan banyak hal lainnya. Intinya, saya berusaha melakukan semua aktivitas yang bisa membuat saya tenang dan happy.


    Anda memulai karier di usia yang masih sangat belia, apakah menjadi aktris memang telah menjadi mimpi Anda sejak awal?

    Saya memang sudah lumayan lama berkecimpung di industri perfilman, tapi sebenarnya saya pernah on and off karena masih harus fokus sekolah di Bali ketika baru memulai karier. Lulus sekolah, saya lalu bertekad untuk lanjut kuliah dulu, barulah sekarang saya fokus banget menjalankan karier ini. Jika ditanya apakah ini mimpi saya sejak awal, sebenarnya ya! Sejak kecil saya suka sekali berimajinasi dan bersandiwara dengan ngomong sendiri, tahu kan, kebiasaan anak kecil, dan ternyata kebiasaan tersebut keterusan sampai dewasa. Bedanya, kini aku menuangkan sisi imajinatif dan keinginan bersandiwara tersebut di film.


    Film terbaru Anda, 'Sabar Ini Ujian', diputar di Disney+ Hotstar. Boleh ceritakan sedikit mengenai karakter Anda di film tersebut?

    Di film tersebut, saya berperan sebagai Astrid, yang harus gagal menikah sampai lebih dari 10 kali karena suatu hal yang lucu dan tak bisa disangka. Penasaran mengapa? Yuk, tonton filmnya!



    Apa tantangan terbesar Anda saat memainkan film tersebut?

    Tema time loop yang diangkat sendiri sebenarnya cukup menantang, karena membuat saya harus me-retake suatu adegan yang sama hingga berkali-kali. Dan sebenarnya ada banyak sekali tantangannya, tapi sepertinya yang tersulit bagi saya adalah ketika harus menggunakan gaun pengantin selama dua minggu berturut-turut! Sepanjang melakukannya, saya hanya bisa memikirkan judul filmnya, 'Sabar, ini ujian'. Hahaha.


    Sebelum berperan di layar lebar, ternyata Anda pernah menjadi sutradara untuk sebuah film pendek, ya?

    Betul sekali, saya pernah menjadi sutradara untuk sebuah film pendek berjudul BFF, dan kalau ada kesempatan untuk menjadi seseorang sutradara lagi, saya ingin kembali duduk di kursi tersebut.


    Katakan, Anda memiliki kesempatan untuk menjadi seorang sutradara, tema film seperti apa yang ingin Anda angkat?

    Jika saya bisa memilih topiknya, saya ingin sekali mengangkat cerita mengenai pedofilia. Menurut saya topik tersebut masih cukup kontroversial dan tabu untuk dibicarakan di Indonesia, padahal temanya menarik sekali untuk diangkat. Saya juga ingin membantu mengedukasi generasi muda terutama para perempuan agar jangan takut atau malu jika ingin berbicara mengenai hal tersebut bila mereka pernah menjadi korban.





    Dua belas tahun merupakan perjalanan yang panjang, pernahkah Anda merasa stuck pada pilihan karier Anda?

    Hmmm, saya belum pernah merasa stuck dengan pilihan karir ini, atau lebih tepatnya mungkin seharusnya saya lebih fokus di dunia perfilman, karena seperti yang saya katakan, saya sempat on and off. Bagi saya, tak ada yang “its too late” karena semua pasti akan ada jalannya,


    Jika tidak menjadi aktris, apa impian lain yang ingin Anda lakukan?

    Saya ingin sekali menjadi instruktur yoga, asisten waxing, penanam pohon dan penjaga kebun, pemilik yayasan amal, semuanya sekaligus!


    Mari bicara mengenai kegiatan Anda selama pandemi. Apa saja yang Anda lakukan selama self-quarantine?

    Awal pandemi ini saya hanya mengisi hari dengan makan dan tidur, dan saya menyesal sekali karena lama kelamaan hal tersebut membuat saya bosan setengah mati. Pikiran saya jadi tidak terstimulasi sama sekali! Akhirnya saya memutuskan untuk membuat dan menentukan schedule setiap harinya. Saya membuat jadwal apa saja yang harus lakukan setiap jamnya, dan sampai sekarang saya masih terus melakukannya. Hal ini ternyata membuat saya tetap waras selama self-quarantine. Satu hal yang pasti, kini setiap hari aku bangun pukul 6 pagi supaya bisa produktif.



    Apakah Anda jadi menemukan hobi baru – atau mungkin keahlian baru – selama pandemi?

    Pandemi ini saya bangga bisa cukup mahir di bidang perkebunan, saya juga jadi lebih jago memasak, dan pastinya profesional di bidang tidur siang juga. Percaya deh, ada banyaaak banget manfaat tidur siang bagi orang dewasa. Coba saja, you guys can thank me later!


    Terakhir, adakah pesan bagi para Cosmo babes dalam menghadapi situasi yang tidak menentu seperti sekarang ini?

    My Cosmo babes, di masa pandemi ini, jangan cepat merasa bosan, jangan mudah mengeluh, jangan cepat emosi, jangan cepat insecure, berhenti membandingkan diri kita dengan orang lain, dan berhenti merasa frustrasi dan kesal karena hal-hal kecil. Instead, jangan lupa untuk selalu bersyukur. Segalanya pasti akan diberikan kalau kita bersyukur dengan apa yang kita punya. Semangat!


    (Alvin Yoga / Image: Dok. Cosmo)