Beauty

Wajah Tampak Kusam Selama Pandemi? Lakukan 8 Trik Ini!

  by: Astriana Gemiati       29/10/2020
    • Stres atau terlalu sering terpapar cahaya biru bisa menjadi pemicu kulit kamu jadi lebih mudah kusam.
    • Coba lakukan delapan trik ini untuk mengembalikan kulit kamu yang tampak kusam kembali segar.


    Dear, apakah kamu (sedang merasakan) saat ini ketika melihat ke cermin (atau memang pada refleksi kamera ponsel) dan menganggap kulit terlihat seperti tampak kusam? Kulit yang tampak seperti berwarna abu-abu dan terlihat kering. Jika iya, artinya kulit kamu butuh perhatian ekstra agar kembali tampak cerah.

    Ini bisa jadi tanpa kamu sadari kulit sedang mengalami stres, mungkin terlalu banyak screentime —menggunakan ponsel atau menatap layar laptop selama seharian. Yup, Cosmo mengerti selama pandemi berlangsung, sebagian besar dari kita memang bekerja dari rumah dan hanya terpaku pada layar, serta merasa sulit untuk berhenti dari aktivitas bekerja. Hingga tekanan stres yang bisa menyebabkan mengganggu pola tidur, yang artinya bisa memengaruhi kondisi kulit kamu: tampak kering, munculnya lingkaran hitam, kusam, yang akhirnya produksi kolagen bekerja menjadi lambat dan sebabkan kerutan cepat muncul. Cek, di sini! 



    Dikarenakan kita terus menerus menggunakan ponsel, laptop, atau tablet, kulit kita semakin sering terpapar “cahaya berenergi tinggi” atau dikenal juga dengan sebutan cahaya biru. Hal ini, bisa berpotensi menyebabkan hiperpigmentasi yang bisa memengaruhi kolagen dan elastin pada kulit. Oh, No! Plus, asupan makanan dan minuman manis yang tidak terkontrol juga bisa memicu kulit timbulnya kemerahan, eksim, bahkan berjerawat. Cek, di sini!

    So, girls… Terlihat mengganggu, bukan? Coba lakukan ini agar kulit kamu yang tampak kusam kembali segar.


    Pijatan dengan gunakan cleansing oil

    Awali dengan luangkan waktu satu atau dua menit untuk memijat kulit guna merangsang sirkulasi kulit. Mulailah dari garis rahang dan pijat ke luar, serta ke atas wajah kamu dengan gerakan melingkar secara lembut. Ini akan membuat kulit kamu menjadi terasa relaks dan kembalikan tampilan yang lebih segar.



    Ekfoliasi

    Lanjutkan dengan exfoliating mask yang mengandung butiran scrub untuk bantu menghaluskan sel-sel kulit mati yang ada di permukaan agar kulit kamu tampak lebih cerah dan lebih merata. Cukup diamkan wajah sejenak saat menggunakan masker ini, dan ketika kering, gosok secara lembut agar scrub dapat mengeksfoliasi kulit. Lalu bersihkan wajah dengan air hingga bersih.

    Beli di: www.thebodyshop.co.id


    Lembapkan kulit wajah

    Agar terhindar dari kulit yang dehidrasi, lanjutkan aplikasikan serum (yang memiliki kandungan hyaluronic acid) pada wajah untuk membuatnya tetap lembap dan instan plump, serta bantu buat kulit kamu tampak muda.

    Beli di: @ayubeautyhouse_


    Cerahkan mata

    Untuk langsung mencerahkan area bawah mata, gunakan color corrector sebelum concealer untuk menetralkan kegelapan. Jika kamu masih bingung menggunakan color corrector concealercek di sini! Untuk tampilan yang lebih natural, gunakan concealer sesuai warna kulit. Atau, jika kamu menyukai tampilan super cerah, gunakan concealer satu tingkat lebih terang dari rona kulit kamu.

    Beli di: www.sociolla.com


    Kulit tampak halus

    Kamu bisa mencoba memilih hydration foundation yang bantu mengeluarkan cahaya dan meminimalisir tanda-tanda kekeringan atau dehidrasi pada kulit. Ini akan terlihat sangat bagus untuk meningkatkan rona kulit kamu agar tampak lebih sehat dan tampak cerah. Gunakan foundation dengan cakupan secukupnya dan tipis-tipis di seluruh wajah dan leher. Saran Cosmo, kamu juga bisa menggunakan foundation yang sudah dibekali dengan basis skincare di dalamnya. Cek, di sini! 




    Blush & Highlight

    Perona pipi dengan jenis krim adalah cara yang bagus untuk meningkatkan warna kulit telihat instan cerah. Oleskan dengan jari pada apple cheek.


    Lalu, lanjutkan dengan highlighting powder untuk memberikan dimensi dan kilau. Gunakan bantuan fan brush di atas tulang pipi, pangkal pipi, pangkal hidung, dan atas busur cupid bibir.

    Beli di: www.makeoverforall.com


    Gunakan lipstik merah sesuai warna kulit

    Pilihan warna untuk area mata dan bibir bisa mengubah penampilan kamu, salah satunya lipstik warna merah. Untuk mengetahui warna bibir merah yang sesuai dengan rona kulit, cek di sini!


    Eyeliner: Cat Eyes

    Agar bentuk mata kamu tetap terjaga, kamu bisa gunakan teknik eyeliner untuk sehari-hari seperti bentuk cat eyes! Lalu, lanjutkan dengan sedikit maskara warna hitam.



    ( Astriana Gemiati/ Image: Wahhomestudio, Dok. Instagram, GIPHY.com, YouTube @mindbodygreen )