Better You

Sedang Migrain? Coba Pijat Area Ini untuk Bantu Kurangi Rasa Sakit

  by: Alvin Yoga       4/10/2021
  • Kalau kamu pernah merasakan migrain (atau cuma sekadar sakit kepala biasa, TBH), maka kamu pasti setuju bahwa panyakit tersebut adalah halangan yang menyebalkan. Yes, migrain itu sangat mengganggu! Karena 1) menyakitkan, 2) mengganggu kita sehingga tidak bisa berfungsi selayaknya manusia normal, 3) menyedihkan, dan, oh yeah, 4) menyakitkan, lagi!

    "Memang, ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya, seperti cukup tidur dan menghindari hal-hal yang membuat stres," jelas Rana Mafee, MD, chief neurologist di Case Integrative Health, sebuah klinik di Chicago yang berfokus untuk mengobat penyakit kronis, denyutan, dan rasa sakit yang menyiksa yang bisa terjadi pada siapa pun dan kapan pun. Pekerjaan yang menyenangkan!

    Bagi sebagian besar, kamu mungkin menelan beberapa obat penghilang rasa sakit dan berdoa agar entah bagaimana kamu bisa melewati hari tersebut dengan sukses. Namun sayangnya, alih-alih menyembuhkan, strategi tersebut bisa lebih membahayakan kesehatanmu karena tingginya jumlah kafein dalam obat penghilang rasa sakit favoritmu—dan, uh, kafein tak selamanya membantu menyembuhkan migrain. Karena motede menelan pil dan berdoa ini tidak super efektif, beberapa kemudian mencari cara penyembuhan natural untuk melawan rasa sakit akibat migrain. Beberapa metodenya sangat mudah, termasuk di antaranya adalah dengan memijat kepala.




    Jadi, apakah memijat baik untuk mengatasi migrain?

    Jawaban singkatnya: Yes! Meski memang tidak direkomendasikan sebagai pengobatan utama apabila kamu menderita migrain yang berkelanjutan, Dr. Mafee menjelaskan bahwa memijat kepalamu masih bisa sangat membantu dalam mengurangi rasa sakit. Kamu bisa langsung melakukannya begitu kamu mulai merasa nyeri dengan memijat bagian yang membuatmu merasa migrain, atau bahkan ketika kamu sedang menunggu obatmu bekerja sambil meringkuk di atas kasur.



    Bagaimana cara pijatan bekerja untuk mengurangi migrain?

    Migraine massage, atau pijatan migrain bekerja dengan memberikan tekanan spesifik di area tertentu sebagai langkah untuk menghilangkan rasa sakit, yang sebenarnya berasal dari metode tradisional terapi akupresur Tiongkok. Menurut National Institutes of Health, memberikan tekanan pada area tertentu di tubuh dapat mengubah pesan nyeri yang dikirimkan oleh saraf ke otak, yang berarti kamu akan merasakan rasa sakit yang lebih sedikit dibanding sebelumnya.

    Jadi, menurut teori, Dr. Mafee menjelaskan bahwa dengan menggunakan gerakan memijat pada "pressure points" tertentu dengan jari, kamu akan merasakan rasa sakit yang lebih ringan pada area tersebut. Karena migrain biasanya berlangsung pada satu bagian kepala (atau justru kedua bagian), kamu sebaiknya memijat area tersebut—aka bagian keningmu.

    Sebelum kamu mulai memijat kepalamu, pertimbangkan juga untuk berbicara dengan seorang neurolog terlebih dahulu untuk melihat apakah teknik tersebut benar untukmu dan rasa sakitmu, karena mungkin saja kamu membutuhkan pengobatan yang berbeda.




    Seperti apa pijatan yang baik untuk migrain?

    Girls, pijatan kepala ini sebenarnya sangat simpel dan tidak membutuhkan banyak uang seperti untuk massage deep tissue.

    Berikut ini adalah cara untuk memberikan pijatan khusus migrain menurut Dr. Mafee:

    • Campurkan masing-masing dua tetes peppermint oil, frankincense oil (minyak kemenyan), dan lavender oil ke satu sendok makan base oil (seperti almond oil). Kalau kamu tidak memiliki essential oil, maka cukup gunakan minyak apapun.
    • Usapkan sedikit campuran tersebut pada ujung jari telunjuk dan jari tengahmu.
    • Pijat bagian kening (bagian samping antara dahi dan telingamu) dengan dua jari tersebut dalam gerakan melingkar selama 30 detik.
    • Pijat kembali dalam gerakan melingkar yang berlawanan arah selama 30 detik.

    Meski banyak orang merasa sukses dengan teknik tersebut (termasuk migrain saya sendiri!), Dr Mafee juga menambahkan bahwa penting untuk tidak menekan terlalu keras. Karena menekan terlalu keras berisiko membuat pijatan tersebut menghalangi rasa sakit dan justru membuat migrainmu menjadi lebih parah. Basically, lakukan apa yang membuatmu merasa baikan dan jangan lampaui batas rasa sakitmu. Ingat, kalau kamu tidak merasa lebih baik, segera hubungi dokter untuk pengobatan lebih lanjut.


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Alvin Yoga / Image: Dok. Cosmopolitan US)