Beauty

Ini Penyebab Rambut Rontok Dan 5 Cara Mengatasinya!

  by: Astriana Gemiati       7/10/2021
  • Ya, faktanya lebih dari 50% perempuan akan mengalami kerontokan rambut di beberapa titik. Namun, kondisi ini masih dianggap normal. Seperti yang kita ketahui, rambut hidup dalam siklus empat langkah, yakni ia akan tumbuh, beristirahat, jatuh, dan kemudian beregenerasi.


    Dan, meskipun ada banyak alasan mengapa seseorang mengalami kerontokan rambut, namun berikut penyebab paling umum kerontokan sering terjadi yang perlu kamu ketahui:



    Stres

    Tidak hanya memengaruhi suasana hati, stres juga menjadi salah satu penyebab terbesar rambut rontok. Bagaimana ini terjadi? Ada banyak alasan untuk ini, seperti bekerja dengan jam berlebihan, penurunan berat badan, pasca melahiran, hingga penyakit jangka panjang. Stres akhirnya dapat memicu ke masalah kulit kepala, seperti ketombe, mengganggu kebiasaan makan, dan mengacaukan sistem pencernaan yang semuanya dapat berdampak negatif pada rambut. 



    Ketidakseimbangan hormon

    Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan dan kecantikan yang mengganggu. Misalnya, ketika kamu mencapai pubertas, bentuk genetik dari kerontokan rambut mungkin dipicu. Jadi, jika kamu kehilangan sebagian besar rambut di usia remaja, sekarang kamu sudah tahu alasannya. Hormon memainkan peran besar dalam mengatur siklus pertumbuhan rambut. Estrogen (hormon wanita) 'ramah rambut' dan membantu menjaga rambut dalam fase pertumbuhan mereka untuk jangka waktu yang optimal. Androgen (hormon pria) tidak terlalu ramah rambut, dan dapat memperpendek siklus pertumbuhan rambut.


    Diet ketat

    Logikanya, jika kamu tidak makan dengan benar, rambut kamu tidak akan kuat dan sehat terlepas dari produk yang kamu gunakan. Pastikan ikuti metode diet seimbang dengan memilih bahan makanan kaya protein, zat besi, vitamin D, dan zinc. Dan, juga asupan makan seperti ikan, ayam, daging merah, telor, dan kacang-kacangan, serta sayuran dan buah-buahan yang sangat penting untuk bantu menutrisi sekaligus memperkuat akar rambut, dan menjaganya agar tampak berkilau dan lembap. Berat badan yang turun lebih dari enam kilo selama tiga sampai enam bulan juga dapat memicu timbulnya kerontokan rambut.


    Genetik

    Pola kebotakan turun-temurun adalah penyebab umum lain dari kerontokan rambut dini. Meskipun bukan penyakit, ini adalah kondisi alami yang disebabkan oleh kombinasi spesifik dari genetika, kadar hormon, dan proses penuaan.


    Selalu menggunakan alat penata rambut

    Hair dryer, straighteners, atau curling irons, memiliki suhu tinggi dan dapat memanaskan batang rambut, serta merusak kutikula pelindung rambut, membuatnya menjadi lemah, rapuh, dan mudah patah. Cukup keringkan rambut di udara atau gunakan pengering rambut pada pengaturan yang lebih dingin. Jika kamu benar-benar membutuhkan panas, lapisi rambut dengan produk heat-protection.


    Sering melakukan bleaching pada rambut

    Rambut kamu memang dapat bertahan lama, tetapi terlalu sering melakukan bleaching dan perubahan warna rambut akan membuat helainya terlihat kasar dan mudah rapuh. Pewarnaan dan bleaching telah ditemukan bahwa dapat merusak batang rambut, menyebabkan helai rambut patah, dan rontok. Berhentilah dari kebiasaan mewarnai kamu selama delapan hingga 10 minggu. Sementara itu, coba gunakan perawatan hair conditioning untuk memperbaiki kondisi rambut kamu secara bertahap.


    Nah, bila rambut kamu sedang mengalami rontok atau mungkin mood kamu sering terasa kacau, try not to panic.. karena rambutmu akan kembali bertumbuh dengan normal dengan sendirinya saat tumbuh sudah sehat. Ada banyak cara kok untuk mengatasi rambut rontok, coba tengok solusi dan tips dari Cosmo berikut ini yang bisa segera kamu coba:


    1. Jaga pola makan dan gaya hidup sehat

    Diet dan tetap menjaga asupan nutrisi sangat penting dalam menjaga kesehatan seluruh tubuh kita. Ini juga dapat membantu meminimalisir tingkat stres dan detoksifikasi tubuh kita. Semakin sedikit racun yang harus dibuang oleh tubuh kita, semakin sedikit rambut yang harus kamu rontokkan.


    2. Rileks

    Stres dapat bermanifestasi dalam berbagai cara—termasuk rambut rontok. Coba lakukan aktivitas seperti berolahraga, membaca buku, meditasi, berbelanja sendiri, atau merelaksasi dan menyegarkan pikiran menggunakan aromatherapy dengan aroma sun kissed mandarin yang segar.


    3. Sering-seringlah mencuci rambut.

    Saat ditanya apakah tidak keramas setiap hari bisa mengurangi rambut rontok? Tentu tidak. Justru sebaliknya. Untuk mengurangi rambut rontok, kamu perlu memiliki kulit kepala yang bersih dan sehat agar rambut dapat tumbuh. Oleh karena itu, mencuci rambut setiap hari, terutama di iklim lembap seperti kita, adalah sesuatu yang disarankan untuk orang-orang dengan rambut menipis.




    4. Memilih produk perawatan rambut yang tepat

    Apakah selama ini kamu sudah benar dalam memilih sampo? Tanpa disadari, pemilihan sampo yang kurang tepat juga dapat menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut. Agar rambut lebih kuat dan tidak mudah patah, kamu perlu sampo yang menutrisi untuk membantu mengatasi rambut rontok dan merawat rambut. What to buy?



    Girls, coba lirik produk hair care rekomendasi Cosmo ini! Ya, Vegan Biotin Anti Hair Fall Shampoo & Conditioner merupakan rangkaian produk haircare dari Love Beauty and Planet yang bisa jadi pilihan untuk bantu mengatasi sejumlah masalah rambut sekaligus pikiran. Memiliki kandungan vegan biotin, yang merupakan vitamin alami dengan sejumlah manfaat bagi rambut seperti bantu menguatkan rambut, efektif mencegah dan mengurangi rambut rontok akibat stres, merevitalisasi rambut agar tumbuh optimal secara natural, hingga menambah ketebalan, sekaligus menjaganya agar rambut tetap sehat dan tetap berkilau.


    Nah, yang Cosmo suka dari Vegan Biotin Anti Hair Fall Shampoo & Conditioner ini juga dilengkapi dengan aroma sun-kissed mandarin yang bisa bangkitkan mood booster kamu, juga terasa rileks, de-stress, lebih calming, dan segar berkat buah sitrus di dalamnya


    Plus, produk Love Beauty and Planet ramah lingkungan, vegan, natural, plant based ingredients, cruelty free, bebas pewarna, bebas silikon, dan bebas paraben serta dikemas dalam botol dari hasil 100% daur ulang plastik dan dapat didaur ulang kembali, lho!


    5. Menyikat dan menyisir dengan benar

    Abaikan anggapan bahwa menyisir rambut dengan 100 sapuan sehari baik untuk rambut kamu. Terlalu banyak menyikat akan memberi tekanan pada serat rambut dan dapat menyebabkan kerusakan. Bersikaplah lembut saat menangani rambut kamu. Caranya, biarkan rambut kamu hampir kering seluruhnya —sekitar 80% sempurna, lalu bersihkan sisir kamu sebelum digunakan, pastikan mulai dari bagian bawah rambut kemudian naik ke bagian-bagian kecil. Done!



    Last but not leastLove Beauty and Planet juga memiliki program berkelanjutan dari kampanye #SmallActofLove dengan mengajak beauty enthusiast membuat perubahan untuk mengurangi sampah kemasan dan melindungi planet dengan menyediakan Love Box. Plus, daur ulang sampah bekas personal care di Love Box bisa dapat reward, lhoCek, di sini!


    So.. jangan buang dulu botol-botol bekas kecantikan personal kamu, ya! Coba cek video berikut ini:






    ( Astriana Gemiati / Image: Dok. Love Beauty and Planet, Dok. Instagram, freepik.com / Layout: Rhani Shakurani )