Better You

Tips Memilih Tanaman Terbaik yang Bisa Membantu Kesehatan Mentalmu

  by: Alexander Kusumapradja       1/10/2021
  • Tidak hanya membuat ruangan jadi terlihat lebih hidup dan enak dipandang, kehadiran tanaman di dalam rumah dan kamar ternyata juga bisa membantu kesehatan mental kita, lho. Apalagi selama masa pandemi ini, kita lebih sering menghabiskan waktu di rumah atau kamar, jadi kehadiran tanaman segar bisa membuat kita jadi tak cepat bosan sekaligus mengobati kerinduan berjalan-jalan di taman terbuka. Tapi kamu harus tahu dulu nih, tanaman jenis apa saja dan di mana harus meletakkannya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut panduannya untuk kamu Cosmo babes!


    1. Bunga kering di dalam ruangan dan di dalam lemari



    Kalau kita bicara wewangian aromaterapi, bunga lavender berada di peringkat atas untuk tanaman dengan efek menenangkan. Kita bisa meletakkan bunga lavender segar maupun yang sudah dikeringkan di dekat area masuk ruangan untuk menciptakan atmosfer yang damai begitu kita melangkah ke ruangan tersebut. Selain di dekat pintu, area balkon atau tepi jendela juga jadi tempat yang pas untuk meletakkan bunga cantik warna ungu tersebut. Bagaimana kalau kamu tidak punya ruang yang cukup untuk meletakkan mereka? Solusinya adalah membeli lavender kering lalu masukkan ke semacam kantung kain kecil dan letakkan di dalam lemari atau laci pakaianmu. Dijamin menghirup aroma lavender saat bersiap memilih baju akan membuat mood kita jadi lebih baik.



    2. Tanaman herbal aromatik di dapur


    Tanaman herbal aromatik seperti daun rosemary dan thyme segar bisa membuat aroma dapurmu jadi menyenangkan kalau kamu menanam mereka di pot kecil dan diletakkan di area dapur. Selain mereka, kita juga bisa menanam daun sorrel, peppermint, dan chervil di pot kecil yang tak hanya beraroma segar tapi juga bisa jadi bahan penyedap masakan juga. Pilihan favorit lainnya adalah daun mint karena aromanya yang kuat dan menyegarkan dapat membantu mengatasi stres dan menenangkan pikiran. Kita bisa memasukkan daun mint ke teh atau infused water, lalu tambahkan lemon atau jahe sesuai selera untuk hasil dan rasa yang lebih enak lagi.


    3. Tanaman gantung di kamar mandi


    Untuk menyulap area kamar mandimu jadi seperti ruang spa pribadi, coba cari tanaman-tanaman tropis seperti monstera, daun ivy, atau tanaman-tanaman gantung dalam ruangan seperti sirih gading, suplir, pakis boston yang dapat tumbuh dengan cepat dan menyebarkan kelembapan dan kesegaran di dalam ruangan. Kamar mandi juga jadi tempat yang pas untuk menyimpan batang tanaman yang sudah dikeringkan seperti ranting pohon salam atau pinus yang akan menyebarkan aroma alami menenangkan seperti di hutan saat kita mandi.


    4. Bunga segar untuk ruang tamu dan kamar tidur


    Kita bisa memilih bunga favorit sesuai selera masing-masing untuk diletakkan di area ruang tengah dan kamar tidur. Tapi kalau memang butuh yang mampu menghasilkan efek menenangkan, pilih bunga anggrek putih atau bunga lily yang elegan. Selain itu, bunga hortensia alias hydrangea juga bisa jadi pilihan yang tak kalah cantik.




    Kenapa merawat tanaman bisa membantu kesehatan mental kita? Karena secara naluri, merawat dan membesarkan sesuatu yang lebih kecil dari kita mendorong insting keibuan dan membuat kita bangga pada pencapaian dalam prosesnya. Selain itu ada beberapa manfaat lainnya dari merawat tumbuhan untuk kesehatan pikiran kita, yaitu:

    1. Percikan warna yang memengaruhi daya kreativitas kita

    Adanya percikan warna khususnya dari tanaman hidup di dalam ruangan bisa membuat kita merasa tenang, bahagia, nyaman, dan bahkan penuh inspirasi segar. Itu sebabnya kini banyak area perkantoran yang tak lupa menambahkan aksen tanaman hidup di ruangan kantornya karena dapat menambah daya kreativitas dan membantu kita lebih fokus memecahkan masalah dengan lebih efisien.

    2. Warna hijau bisa menurunkan tingkat stres

    Telah banyak penelitian yang mengungkap kalau warna hijau bisa membuat orang merasa lebih rileks dan nyaman. Bila kamu termasuk yang gampang cemas dan stres, meletakkan dedaunan hijau di sekitar areamu bekerja bisa membantu kamu merasa lebih fokus dan tenang.

    3. Aroma tanaman sebagai mood booster

    Wewangian segar dari bunga dan dedaunan bisa membangkitkan mood kita yang sedang loyo jadi ikut segar dan bersemangat lagi. Tak hanya harum, beberapa tanaman bahkan punya manfaat lebih untuk mengusir serangga, Misalnya tanaman sage, marigold, lavender, dan rosemary yang dapat mengusir nyamuk, lalat, dan serangga hama lainnya.


    Jika kamu ingin yang lebih tahan lama, pilihlah tanaman segar dalam pot, Tapi kalau kamu hanya ingin percikan warna yang cantik, buket bunga segar yang bisa kamu letakkan dengan cantik di meja ruang tamu, meja makan, atau di kamar tidurmu juga bisa jadi instant mood booster untuk menjaga kesehatan mentalmu.


    (Alexander Kusumapradja / Images: Dok. Racool Studio on Freepik, Joyce Toh on Unsplash, Ze Ferrari Careto on Unsplash, Severin Candrian on Unsplash, Racool Studio on Freepik.)