Lifestyle

Merayakan Hari Batik Nasional, Pigeon Meluncurkan Botol Motif Batik

  by: Nadhifa Arundati       2/10/2021
  • Selamat Hari Batik Nasional, girls! Dalam rangka melestarikan budaya batik di Indonesia, Cosmo telah menghadiri peluncuran virtual Botol Motif Batik dari brand Pigeon. Acara ini dihadiri oleh Iwet Ramadhan (penggiat batik), Anis Dwinastiti (General Manager Pigeon Baby), dan Sari Nila (moderator) pada tanggal 1 Oktober lalu.







    As we know, Pigeon sangat peduli terhadap pentingnya ASI Ibu untuk kesehatan para bayi, namun di era yang sudah semakin maju, peran Ibu tak hanya sekadar mengurus kebutuhan rumah tangga saja – banyak pula yang sibuk bekerja dan melakukan aktivitas lain yang membuat seorang Ibu tak dapat memberikan ASI secara langsung. Dengan kondisi tersebut, Pigeon terdorong untuk memproduksi alat produk botol dan dot untuk mempermudah pemberian ASI terhadap bayi.

    “Botol kami menggunakan bahan BPA Free dan tinta Food Contact Grade begitu juga dengan botol motif Batik yang baru saja kami luncurkan, sehingga sesuai digunakan sebagai wadah makanan bayi,” ucap Anis Dwinastiti.

    Adapun perihal kontribusi nyata Pigeon dalam melestarikan kebudayaan dan warisan nenek moyang yaitu batik – sejak 2014 lalu, Pigeon telah membuktikan dengan memperkenalkan inovasi produk botol bermotif batik. Tak hanya itu, pada tahun 2016, Pigeon juga mempersembahkan kain batik cap serta kain batik tulis sejak tahun 2017 hingga 2020 yang melengkapi koleksi produk botol bermotif batiknya.

    Peluncuran botol batik di tahun ini pun tak kalah menarik, karena Pigeon berkolaborasi dengan penggiat batik berbakat, Iwet Ramadhan – bersama-sama memperlihatkan komitmen dan kontribusi dalam melestarikan batik dengan mengembangkan botol motif batik sebagai bentuk melestarikan warisan lokal budaya bangsa. Bahkan di kondisi pandemi ini tidak menjadi penghalang bagi Pigeon dan Iwet Ramadhan untuk terus berkarya dalam meluncurkan motif batik pada tipe botol Slim Neck dan tipe botol Wide Neck (baru hadir di tahun ini).

    Fun fact! Ternyata dari setiap motif batik memiliki unsur filosofis tersendiri, lho. Apa saja kah kira-kira? Let’s find out.

    • Motif Koi sebagai simbol kekuatan dan kegigihan
    • Motif Wijaya Kusuma sebagai simbol kemuliaan
    • Motif Kawung sebagai simbol kenetralan




    Selain Botol batik yang unik, Pigeon juga telah mengembangkan produk batik tulis motif Teratai (Padma) yang dijahit menjadi serbet dan pouch. Motif Teratai merupakan karya dari Ibu Rusunawa Pulogebang yang dibina oleh Iwet Ramadhan, whoa! Tak hanya memberi keindahan secara estetika, motif batik difilosofikan sebagai doa terbaik orang tua untuk pertumbuhan buah hatinya – berkaitan dengan dedikasi Pigeon kepada para Ibu dan bayi.

    Another good news, Pigeon akan mendonasikan sebagian penjualan Botol Motif Batik 2021 dan seluruh penjualan produk batik tulis Teratai kepada Yayasan Pembina Penderita Celah Bibir dan Langit-Langit (YPPCBL) berjumlah Rp 200.000.000,- sebagai bentuk kepedulian Pigeon terhadap anak-anak yang masih kurang beruntung.


    Batik is an art, batik is life!


    (Nadhifa Arundati / Image: Dok. Pigeon)