Beauty

5 Superfood Ini Dapat Bantu Mengatasi Rambut Rontok

  by: Astriana Gemiati       4/10/2021
  • Sejak pandemi dimulai, kerontokan rambut telah menjadi masalah yang paling banyak dicari di Google. Di antara beberapa faktor yang memengaruhi rambut seperti polusi, air yang keras, bahan kimia beracun, dan suhu tinggi, pandemi meningkatkan berbagai aspek stres. Cosmo yakin, kamu sangat khawatir melihat gumpalan rambut menyumbat saluran pembuangan kamar mandi, menempel pada permadani dan karpet sehingga kamu sekarang memutuskan untuk mencoba perawatan dan produk rambut yang mahal. Tetapi bagaimana jika Cosmo memberi tahu bahwa kamu dapat melakukannya hanya dengan menerapkan beberapa penyesuaian pola makan!


    Cosmo meminta Lavleen Kaur, co-founder dan kepala ahli diet di Diet Insight, sebuah klinik nutrisi & kesehatan yang berbasis di Chandigarh untuk mengungkapkan rahasia diet untuk menumbuhkan rambut panjang, kuat, tebal dan sehat. “Kesehatan rambut kamu tergantung pada protein, asam lemak omega-3, vitamin A dan C, serta zat besi. Rambut sehat membutuhkan diet kaya protein yang mencakup nutrisi untuk rambut sehat, ”kata Lavleen, menambahkan bahwa rambut sehat dapat dipulihkan dengan bantuan superfood.




    Lavleen mencantumkan lima superfood yang dapat membantu kamu mendapatkan rambut yang kuat dan sehat:


    1. White Butter (mentega putih)

    Sekelompok mentega putih segar memiliki rasa yang unik. Kehalusannya yang lembut membuat kamu merasa sangat puas. Mudah disiapkan di rumah, ini dapat digunakan sebagai alternatif yang lebih sehat untuk mentega kuning olahan, yang biasanya sarat dengan garam dan pengawet.


    Mentega yang siap dipasarkan mengandung konsentrasi garam yang tinggi, yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Pilih mentega putih yang disiapkan di rumah sebagai gantinya. Ini sarat dengan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan rambut kamu di tingkat akar, termasuk vitamin A, D, E, dan K, serta vitamin yang larut dalam lemak seperti Omega 3. Selain melembapkan dan menutrisi rambut kamu, mentega dapat juga membantunya tumbuh lebih lama.


    2. Nasi

    Pernah dengar tren air beras yang mengklaim bisa membuat rambut halus dan berkilau? Tidak diragukan lagi bahwa beras bermanfaat untuk rambut kamu karena mengandung asam amino, vitamin, mineral, dan anti-oksidan. “Rambut kita membutuhkan protein untuk tumbuh dan oleh karena itu selalu disarankan untuk makan nasi bersama dengan lentil karena karbohidrat dari nasi akan memastikan penyerapan protein yang efisien dari lentil (kacang-kacangan yang dapat di makan). Kamu bisa menjadikannya sebagai rutinitas makan nasi setidaknya sekali sepanjang hari baik itu siang maupun malam. Faktanya, kamu harus memasukkan semua jenis biji-bijian ke dalam makanan kita,” saran Lavleen.



    3. Kacang-kacangan

    Kacang-kacangan adalah sumber protein nabati, yang kaya akan Omega-3, zinc, vitamin A, vitamin E, dan vitamin B. “Di antara kacang terbaik untuk rambut bagus adalah almond. Sebagai sumber magnesium dan mineral lainnya, almond dikenal dapat mendorong perkembangan rambut. Bergizi untuk rambut, almond mencegah kerusakan rambut dengan memberikan nutrisi yang cukup untuk folikel rambut, yang memperkuat rambut, sehingga mengurangi kerontokan rambut,” kata Lavleen.



    Selain itu, kenari merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik dan dapat ditambahkan juga. Ada sedikit tembaga dalam kacang ajaib ini juga, yang membuat warna rambut tetap cerah. Atau, rendam semalaman dengan beberapa almond dan makan di pagi hari. “Kamu juga dapat mulai mengonsumsi buah-buahan kering seperti buah ara, plum, dan kurma dalam rutinitas kamu karena buah-buahan tersebut padat nutrisi yang membuatnya enak,” tambah Lavleen.




    4. Biji

    Selain kacang-kacangan, untuk perkembangan rambut yang sehat, biji-bijian merupakan sumber asam lemak omega-3 dan vitamin E yang sangat baik. Beberapa biji yang paling umum digunakan untuk perkembangan rambut termasuk biji rami, chia, dan labu, ”kata Lavleen. Karena merupakan biji-bijian, quinoa juga merupakan sumber protein yang baik untuk rambut yang dapat kamu tambahkan ke dalam diet juga.


    5. Kelapa

    Salah satu superfood terbaik adalah kelapa karena mengandung MCT - trigliserida rantai menengah yang tidak lain adalah lemak sehat. Minyak kelapa biasanya direkomendasikan sebagai minyak rambut yang ideal untuk mencegah hilangnya kelembapan dan menjaga kesehatan rambut. Akibatnya, tidak mengherankan jika kelapa dalam bentuk alaminya sangat baik untuk perkembangan dan nutrisi rambut. Makan kelapa dapat membantu kamu mengembangkan rambut yang lebih panjang dan lebih sehat. Ini terutama benar jika kamu tidak mendapatkan cukup lemak alami dan nutrisi lainnya. Kamu bisa meminum air kelapa, memakan kelapa langsung, atau memarutnya sebagai taburan sayuran. Pilihan bagus lainnya adalah santan.



    "Dalam hal perawatan kulit dan rutinitas perawatan rambut kita, diet sehat memainkan peran penting. Agar folikel rambut berkembang sepenuhnya, dibutuhkan sekitar tiga bulan. Kamu hanya akan dapat melihat manfaat dari apa yang kamu konsumsi setelah tiga bulan makan dengan konsisten," kata Lavleen. Mulailah dengan berfokus pada nutrisi kamu untuk mendorong perkembangan rambut. Untuk membalikkan kerontokan rambut dan merangsang pertumbuhan, mengonsumsi superfood ini mungkin tidak cukup, tetapi mereka pasti membantu. Juga, yang terbaik adalah menemui dokter untuk diagnosis dan perawatan rambut rontok jika perlu.




    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.in  / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: GIPHY.com, Freepik.com)