Love & Sex

25 Tanda Si Dia Akan Jadi Pacar yang Baik Untukmu

  by: Giovani Untari       4/10/2021
  • Sedang PDKT dengan seseorang, babes? Inilah momen di mana kamu bisa mengenal lebih dalam serta melihat seperti apa sih karakter dari calon pacarmu. Apakah ia sosok pria yang baik untuk dijadikan pacar? Atau justru sebaliknya.. ia menunjukkan banyak red flag yang mengganggu.


    Ini dia 25 tanda kalau si dia akan jadi pacar yang baik. Kalau si dia memenuhi banyak tanda dari kriteria di bawah ini, maka lampu hijau untuk hubunganmu kedepannya.




    1. Si dia bertanya bagaimana kabar sahabatmu Elena setelah putus dari pacarnya

    Si dia menunjukkan kepeduliannya kepada temanmu dan kerap menanyakan kabar mereka. Bukan hanya sekadar membuktikan bahwa ia adalah sosok yang perhatian, ia juga menjadikan kamu dan orang di sekitarmu sebagai bagian dari hidupnya.



    2. Setelah pertama kali bertemu Elena ia langsung bertanya, “Apakah kamu yakin jika ia baik-baik saja setelah putus?”

    Bertemu dengan pria yang dingin dan tidak peduli pada orang di sekitarmu bisa dikatakan sebagai sebuah mimpi buruk. Dan bisa saja ini akan menjadi penyebab hubungan kalian retak kemudian hari.


    3. Mau mendengarkan semua keluhanmu

    Saat kamu mengeluh bahwa atasanmu di kantor bersikap menyebalkan, si dia tidak menghela napas atau menunjukkan wajah bosan karena kamu mengeluh (lagi) kepadanya. Logikanya, jika ia tidak mampu bertahan mendengar keluhan soal pekerjaanmu selama lima menit, ada kemungkinan ia juga tidak akan mendukungmu saat menghadapi masalah yang lebih besar nanti.


    4. Bersikap sopan kepada siapa saja, termasuk kepada waiters dan kasir yang kalian temui di restoran

    Tentu saja rasanya menyebalkan jika berkencan dengan pria yang hanya bersikap baik kepadamu, tetapi tidak sopan pada orang lain. Bahkan yang terburuk mereka mem-bully atau merendahkan orang lain yang ditemuinya. Saran Cosmo, hindari menjalin hubungan dengan seseorang yang suka mem-bully orang lain. Sebab bisa saja kedepannya kamu yang akan menjadi korban bully saat ia kesal.


    5. Tidak meninggalkan kamu sendiri di pesta temannya

    Tidak masalah jika ia mengajakmu bergabung karena ingin kamu lebih berani dan dekat dengan teman-temannya. Tetapi kalau si dia sampai meninggalkan kamu sendiri dan hanya sibuk mengobrol dengan temannya. It’s a red flag!



    6. Menawarkan bagian dari makanan favoritnya dan tidak marah saat kamu tanpa sengaja memakan bagian yang ia suka

    Ia selalu menawarkan potongan pizza terakhir atau kulit ayam favoritnya kepadamu. Ohh.. rasanya jadi mengingat lirik lagu Drake, “You could have my heart or we could share it like the last slice.”

    Jika si dia melakukannya, maka ia potensial menjadi pacar yang baik untukmu.


    7. Menghargai kesibukan dan tidak ingin mendominasimu 

    Mungkin terdengar flattering saat seseorang ingin menghabiskan waktunya hanya denganmu. Tetapi jika si dia tipe yang menghargai kamu, ia akan menghargai setiap kesibukan dan tidak berusaha untuk mendominasimu. Ia juga membiarkan kamu memilki me time dan menjadi dirimu sendiri.


    8. Tulus dan tertarik mendengarkan segala cerita tentangmu

    Dibanding merasa frustasi dan tidak sabar saat mendengar 10 menit cerita tentang trip aneh yang kamu alami saat masih kecil. Ia terlihat excited mendengar mengapa kamu bertengkar dengan adikmu di mobil saat itu.


    9. Tidak merasa kesal saat kamu butuh waktu sendiri

    Ia akan memahami mengapa kamu butuh waktu sendiri dibanding langsung bercerita kepadanya. Si dia juga tidak berusaha mengambil alih seluruh hidupmu.


    10. Ia tidak pernah mengatakan hal seperti, “Kamu gila!” atau “Kamu terlalu aneh!”

    Karena ia menyayangi dan memiliki empati terhadap perasaanmu. Si dia menyadari bahwa dengan mengatakan hal negatif seperti itu bisa saja kamu akan merasa rendah diri dan terlihat bodoh. Tentu saja, pacar yang baik tidak pernah melakukan hal tersebut kepada orang yang disayanginya.


    11. Membuat kamu merasa spesial sepanjang waktu

    Kamu tentu tidak ingin menghabiskan waktu bersama pasangan yang hanya akan membuatmu merasa insecure atau bertanya apakah ia sebenarnya tertarik padamu, kan?


    12. Ia memiliki teman perempuan yang sungguhan, bukan karena ia playboy

    Apabila kamu melihat bahwa ia sungguh memiliki teman perempuan (yang pastinya bukan mantan pacar atau mantan gebetannya), ini adalah tanda bahwa ia adalah sosok pria yang baik untuk diajak menjalin sebuah hubungan.



    13. Senang saat kamu akrab dengan teman baiknya, dan temannya pun ikut menerimamu

    Ia ingin agar teman-temannya menyukai kamu.




    14. Kamu tidak mendapat puluhan chat atau missed calls saat sedang menghabiskan waktu bersama sahabatmu

    Jika ya, maka ini adalah red flag dari pria yang berpotensi obsesif dan manipulatif dalam sebuah hubungan. NOPE.


    15. Tidak bersikap dingin dan pura-pura tidak memiliki perasaan saat bersamamu

    Seorang pria yang dewasa tentu tidak akan takut untuk mengatakan hal seperti, “Saya menyukai kamu,” atau “Saya rasa kamu sangat keren!”


    16. Menghubungi setelah kerja untuk menanyakan perihal meeting-mu bersama atasan

    Akan terasa sangat mengganggu saat seseorang mencoba menghubungi setiap 10 menit sekali. Tetapi pria ini mengerti bahwa kamu sibuk dan lebih memilh untuk menanyakan soal harimu setelah pulang kerja.


    17. Mau menunggu kamu selesai dandan

    Ia mungkin ia akan merasa kamu memakan waktu saat sedang dandan sebelum kencan, tetapi ia rela menunggumu selesai makeup dan tampil cantik.


    18. Saat ia melakukan kesalahan, ia mau meminta maaf dengan cepat ketimbang mendiamkanmu selama satu minggu lebih

    Sifat keras kepala dari calon pasangan adalah sesuatu yang harus kamu pikirkan sebelum menjalin sebuah hubungan. Apakah kamu siap menerimanya? Atau sebaliknya? Pria yang baik akan lebih memilih untuk menghindari pertengkaran dan rasa ngambek yang terlalu lama dengan pasangannya.


    19. Dan saat kamu melakukan kesalahan, ia tidak menyimpan dendam lalu terus mengungkitnya

    Apabila ia bukanlah sosok yang sempurna, ia tentu tidak bisa juga mengharapkan agar kamu menjadi orang yang sempuna untuknya. Ia seharusnya bisa belajar untuk lebih memaafkan.


    20. Si dia memiliki kesukaan dan hobi di luar kencan kalian

    Kamu tentu tak ingin berkencan dan menjalin hubungan dengan seseorang yang tidak memiliki kehidupan, right? Apabila ia hanya terfokus kepadamu, tentu saja hubungan akan lebih mudah bosan.



    21. Saat kalian bersama, ia menceritakan keinginannya untuk melakukan banyak hal bersamamu di masa depan

    Bahkan jika itu termasuk rencana bulan depan atau trip liburan akhir tahun, intinya ia menginginkan kamu ada di hidupnya.


    22. Tidak langsung bersikap seperti seorang pacar setelah kalian kencan sekali dan menghadiri acara bersama

    Memulai hubunngan dari nol sampai 100 secara cepat terkadang mengakibatkan hubungan juga lebih cepat berakhir. Saat seseorang menyukai kamu, maka ia akan menghargai setiap waktu yang dilalui untuk lebih mengenalmu. You know, like an adult person.


    23. Ia mengirim pesan “Hey, saya sangat senang hari ini” setelah pergi bersamamu

    Pria ini tidak mengikuti bullshit dating rules soal menghubungi seseorang tiga hari setelah kencan. Ini menunjukkan bahwa ia benar-benar menyukaimu!


    24. Mengutarakan keinginannya dari awal secara jelas, bahwa ia ingin menjadi pacarmu

    Kalau si dia tidak mengetahui hubungan apa yang dia inginkan dan alasan mengapa ia mendekatimu dari awal, kamu perlu waspada pada pria ini.


    25. Excited menunjukkan apa yang ia sukai kepadamu

    Bukan karena ia ingin kamu juga menyukai apa yang disukainya, tetapi ini adalah salah satu bagian terbaik untuk membuat kalian saling mengenal satu sama lain.




    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh penulis / Alih bahasa: Giovani Untari / Images:  Dok. João Jesus from Pexels, Alexey Derevtsov from Pexels, Bethany Ferr from Pexels, Josh Hild from Pexels).