Love & Sex

Apakah Kamu Dan Pasangan Sudah Cocok Secara Finansial? Cek Tandanya!

  by: Givania Diwiya Citta       6/10/2021
  • Kamu mungkin sudah menemukan sosok pria impian. Ia adalah semua yang kamu harapkan, ia cerdas, rajin, sukses, dan punya selera humor renyah hingga kalian berdua punya banyak minat yang sama. Jadi, kamu sangat merasa puas dengan hubungan ini! Tapi apakah kamu pernah mengevaluasi jika kalian berdua cocok secara finansial? Menurut survei yang dilakukan oleh ET Wealth, hanya 30% warga di India yang percaya penuh terhadap pasangannya jika itu perihal keuangan. Padahal kecocokan finansial itu penting dalam membangun hubungan nan awet dan sehat, lho. Jika kamu sekarang penasaran bagaimana caranya untuk menilai kecocokan finansial, Hena Mehta, CEO dan Co-founder dari Basis, layanan finansial di India yang ditujukan bagi para perempuan dengan dikuatkan pada pendidikan dan masyarakat, memiliki lima langkah untuk memandu kamu dalam menilai kecocokan finansial bersama pasangan.


    Perhatikan kebiasaan terhadap pengeluaran

    Kamu perlu waspada jika kebiasaan terhadap pengeluaran tersebut hasilnya terlalu konservatif ataupun jika itu terlalu agresif. Hemat itu baik, tapi apakah ia pelit? Ataukah ia adalah salah satu yang ekstrem bisa mengeluarkan uang saat mengedip? “Keduanya bisa menjadi tanda bahwa ada kebiasaan tak sehat dalam mengelola keuangan, dan mungkin ini bisa jadi pertimbangan Anda untuk membicarakannya dengan pasangan,” saran Hena.




    Apa tujuan finansial di masa depan?

    Diskusikanlah tujuan finansial kamu secara terbuka dan transparan. Ini termasuk tujuan finansial kamu dan pasangan secara individual, serta kalian ketika sudah hidup bersama kelak. Apakah salah satu dari kalian ada yang ingin mengejar pendidikan lebih tinggi? Memulai bisnis? Apakah ada anggota keluarga lain yang harus dirawat? Lalu bagaimana tentang mobil, rumah, dan memiliki anak? Apakah diperlukan sebuah career break? Semua ini akan berdampak pada cara mengelola keuangan secara individual, serta saat sudah bersama. Tuliskan tujuan tersebut, pahami semua timeline untuk mencapainya, dan bicarakan serta buatlah rencana investasi untuk tujuan finansial di masa depan.



    Jangan ada hutang di antara kita

    Yang satu ini kritis. Pahamilah masing-masing status hutang terkini. Mungkin salah satu atau kalian berdua memiliki pinjaman untuk biaya pendidikan, mobil, kartu kredit, atau beberapa pinjaman personal lainnya. Pastikan bahwa hutang ini diketahui satu sama lain, jadi tak perlu ada kejutan ketika kamu sudah menikah nanti. Dan bicarakan juga rencana untuk melunasi semua hutang tersebut.





    Milikmu, milikku, dan milik kita

    Buka perbincangan tentang bagaimana kamu ingin memberi struktur terhadap keuangan. Banyak pasangan yang menggabungkan keuangan mereka, ada juga yang memisahkan keuangan masing-masing, sementara yang lain membangun struktur hybrid. Tak ada jawaban yang paling benar di sini, kamu hanya perlu menemukan yang cocok untuk kamu dan pasangan. Di titik ini, kamu dan pasangan bisa membicarakan tentang situasi pengeluaran, investasi, dan dana darurat baik bagi individual atau ketika sudah dipersatukan nanti.


    Bangun nilai keuangan bersama-sama

    Uang bisa menjadi penyebab dari perdebatan, dan bisa membuat cukup stres. Namun yang bisa membantu untuk menghindari masalah ini adalah dengan membangun prinsip dasar dan nilai dalam menghadapi masalah keuangan. Apakah di antara kalian akan baik saja jika harus meminjamkan uang pada teman atau anggota keluarga lain? Seberapa besar risiko yang akan kamu ambil ketika akan berinvestasi? Gaya hidup seperti apa yang kamu ingin kejar? Meski sulit untuk membicarakannya di awal, apalagi karena hidup kita selalu berevolusi setiap tahunnya, tapi dengan membicarakannya secara transparan bisa sangat membantu dalam menghindari situasi stres yang mungkin muncul di masa depan, dan kamu pun bisa mendirikan pernikahan dengan finansial nan sehat!


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.in / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Images: Jonathan Borba from Pexels / Chirag Mohanty Samal)