Lifestyle

Seberapa Sering Kamu Harus Mencuci & Ganti Seprai? Ini Jawabannya!

  by: Giovani Untari       5/10/2021
  • Pernah berada di situasi di mana kamu berbaring di kasur setelah selesai mandi, menggunakan sheet mask, dan minum segelas teh hangat sampai tiba-tiba kamu menyadari bahwa... kamu lupa kapan terakhir kali mencuci seprai?

    Yeah, sama Cosmo pun pernah mengalaminya. Ini jelas cukup mengganggu vibes malam yang seharusnya tenang, bukan?




    I know, i know: mencuci seprai adalah salah satu hal yang paling tidak menyenangkan di dunia. Kamu harus ikut mengganti semuanya, mulai dari mengangkat kasur yang berat, mengeluarkan seprai tersebut, lalu melepaskan setiap sarung bantal dan bed cover. Intinya: melelahkan!

    Tetapi faktanya, semakin jarang kamu mencuci dan mengganti seprai maka semakin tinggi pula peluang kamu tidur di antara ratusan bahkan ribuan bakteri, ujar Lily Talakoub, MD, seorang dokter kulit bersertifikat. Kalau sudah begini, siapa yang harus disalahkan?



    Jadi, sekarang apakah kamu sudah cukup merasa: a) takut, b) jijik, c) ingin muntah, atau d) semua pilihan di atas? 

    Cosmo yakin kamu juga pasti langsung mencoba mengingat-ingat kapan terakhir kali mencuci seprai yang digunakan. Atau justru ikut penasaran berapa lama sih seseorang bisa bertahan tidur tanpa harus mencuci seprainya? Well, Cosmo benci untuk mengatakan kabar buruk ini, tetapi kalau kamu memiliki alergi dalam melakukan pekerjaan rumah tangga, maka kamu harus bersiap mendengar jawabannya. Ini dia segala hal yang perlu kamu ketahui:



    Seberapa sering kamu harus mencuci seprai?

    Jadi, menurut Dr. Talakoub kita harus mencuci seprai (atau menggantinya!) paling tidak seminggu sekali. Dan jika itu berurusan dengan sarung bantal, maka kamu harus menggantinya setiap hari.

    Oke, ini mungkin terdengar seperti menambah panjang daftar pekerjaan rumah kita, tetapi pikirkan tentang kuman, kotoran, bakteri, dan virus yang menempel di tubuh saat kamu keluar rumah. Kotoran tersebut akan ikut berpindah ke seprai selama kamu menghabiskan waktu di ranjang. Apalagi kalau kamu tidak mandi dahulu sebelum tidur dan langsung berbaring di sana.


    Okay, apa yang akan terjadi jika saya tidak mencuci seprai tersebut?

    Pada dasarnya, kamu akan tidur dengan berbagai kotoran tak kasat mata tersebut. Data dari American Academy of Dermatology menunjukkan bahwa manusia bisa melepaskan sekitar 30.000 – 40.000 sel kulit mati setiap harinya. Sangat banyak bukan?

    Dan seperti yang Cosmo katakan di atas, kita (dan sel kulit mati kita) menghabiskan banyak waktu di atas ranjang setiap harinya!


    Mungkin kamu berpikir sel kulit mati tidak terlalu terdengar buruk. LOL! Well... selain sel kulit mati, jangan lupa ada juga hewan kecil bernama tungau.

    Tunggau tersebut akan memakan sel kulit mati manusia (oke kamu!), dan menurut Mayo Clinic apabila kamu tidak rajin mencuci dan mengganti seprai ini akan menjadi ladang segar untuk makanan para hewan kecil yang menyeramkan tersebut.

    Tunggau juga bisa menimbulkan sejumlah gejala alergi seperti hidung yang mengeluarkan ingus, bersin-bersin, dan mata gatal. (Oh, yeah, mereka berkembang biak dengan baik di lingkungan yang hangat seperti kasur).




    Lalu, apabila kamu tidur dengan kondisi memiliki luka yang terbuka, Dr. Talakoub memperingatkan bahwa bakteri yang ada di kasurmu juga bisa saja masuk ke dalam luka dan menyebabkan terjadinya infeksi bakteri. Tentu saja ini adalah salah satu hal yang tidak kita inginkan.

    Kemudian segala produk yang kamu gunakan mulai dari lotion, oils, atau apapun yang kamu pakai di wajah dan tubuh sebelum tidur juga bisa menempel dan menyebabkan berkumpulnya bakteri di sepraimu. Hal ini juga bisa memicu terjadinya breakout dan iritasi kulit, terang Dr. Talakoub. Woof, ini mulai terasa menakutkan. Bagaimana denganmu?



    Bagaimana kalau saya tidak bisa sering mencuci seprai?

    I get it! Ada banyak alasan yang membuat seseorang tidak bisa selalu mengganti seprai mereka setiap seminggu sekali. Tetapi, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kamu dan ranjangmu tetap bersih dan bebas dari serangga, berikut saran Dr. Talakoub:

    1. Mandi di malam hari sebelum tidur untuk membersihkan sel kulit mati, keringat, dan segala kotoran yang menempel di tubuh.

    2. Lindungi sarung bantal kepalamu dengan menggunakan pelindung rambut atau letakkan handuk microfiber di atasnya.

    3. Tutup segala luka terbuka dengan menggunakan plester luka.

    4. Selalu gunakan piama saat tidur. Sorry, no sleeping naked on dirty sheets!

    5. Apabila memungkinkan, belilah beberapa seprai tambahan untuk stok. Jadi saat kamu tidak bisa selalu mencuci seprai, kamu tinggal mengganti seprai lamamu dengan seprai baru yang bersih.



    Okay, sekarang waktunya saya mencuci seprai. BRB!



    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh penulis / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. Jill Burrow from Pexels, Taryn Elliott from Pexels, ready made from Pexels).