Better You

5 Ide Pesta Ulang Tahun yang Menyenangkan untuk Si Introvert

  by: Alexander Kusumapradja       5/10/2021
  • Menjadi seorang introver bukan berarti tidak mau bertemu orang atau bersosialisasi di pesta. Introverts also love party, asalkan mereka merasa nyaman dengan suasana dan orang-orang di dalamnya. Secara natural orang introver lebih menyukai suasana yang tenang dan obrolan yang akrab dibanding ruangan bising penuh orang-orang yang tak terlalu akrab atau harus berbasa-basi.

    Bahkan, walaupun pestanya berlangsung sesuai keinginan introver, at the end of the day baterai sosial mereka juga akan terserap habis dan itu waktunya mereka recharge energy dengan me time. Itu sebabnya jarang orang introver pergi ke sebuah pesta tanpa punya rencana untuk “melarikan diri” kalau sudah dirasa cukup waktunya. Intinya, terlepas apakah pestanya berlangsung menyenangkan atau menyebalkan, bersosialisasi di pesta akan menyerap energi para introver dan mereka harus mengisinya kembali dengan me time, bahkan dalam beberapa hari setelahnya.

    Orang introver biasanya lebih senang datang atau membuat pesta kecil dengan tema atau susunan acara yang sudah ditetapkan sebelumnya. Tapi bukan berarti mereka suka acara yang kaku dan serius, yang mereka cari adalah pesta di mana mereka bisa nyaman menjadi dirinya sendiri bersama orang-orang yang memang memahami dirinya. Berikut adalah lima ide pesta ulang tahun yang pas untuk para introvert:




    1. Board Game Night



    Masih ingat serunya main board game seperti monopoli atau scrabble waktu kecil dulu? Makin ke sini permainan board game makin berkembang dan seru untuk dimainkan bahkan untuk orang dewasa sekalipun. Tidak harus membeli, banyak juga toko yang menyewakan board game untuk dimainkan di rumah. Undang sahabat-sahabat terdekatmu untuk bermain beberapa board game di rumah, pastikan kamu punya ruang yang cukup agar semua orang bisa duduk dengan nyaman dan siapkan cemilan-cemilan atau finger foods untuk menemani kalian bermain.


    2. Art Party


    Mau aktivitas yang bisa dilakukan bersama-sama tapi juga bisa tetap fokus dengan diri sendiri? Coba deh, bikin art party di mana kita bisa melukis, mewarnai, atau membuat karya kreatif lainnya. Kegiatan tersebut memang bisa membuat kita santai saat sendirian, tapi juga bisa lebih menyenangkan kalau dilakukan bersama orang-orang kesayangan kita. Obrolan dan candaan akan terjadi dengan sendirinya walaupun kita sedang mengerjakan karya masing-masing. Setelah menentukan tema, yang perlu kita siapkan adalah ruangan indoor atau outdoor yang sudah didekorasi menarik dan tentunya makanan dan minuman untuk tamu. Yang paling penting, siapkan peralatan seninya untuk setiap tamu jadi mereka tetap bisa ikut walaupun mereka tidak membawa peralatan mereka sendiri. Kalau semuanya sudah selesai, waktunya foto-foto, deh!


    3. Potluck Party


    Ada tidak sih yang lebih menyenangkan daripada pesta penuh makanan lezat yang tak perlu kamu masak sendiri? Potluck adalah cara tepat untuk membuat semua orang merasa terlibat dan memaksimalkan persediaan makanan di pesta tanpa kita harus menyiapkan semuanya seorang diri. Kamu pun jadi menyimpan energi untuk bisa bersosialisasi tanpa harus senewen memikirkan persiapan konsumsi untuk pestamu. Untuk memastikan tidak ada orang yang membawa menu yang sama dan menjaga menu cemilan, utama, dessert, dan minuman tetap seimbang porsinya, kita bisa menyiapkan daftar menu di mana para undangan bisa menuliskan menu apa yang akan mereka bawa. Agar lebih konsisten dan spesifik, kita juga bisa menentukan tema sendiri, misalnya makanan Nusantara, Korean Mukbang, Italian Night, dan lain-lain. Sebagai tuan rumah, kita wajib siapkan peralatan makan dan memastikan apakah undangan punya pantangan makanan tertentu atau tidak agar semuanya happy.


    4. Afternoon High Tea


    Kalau kamu merasa lebih nyaman membuat acara di sore hari agar tidak mengganggu kegiatan malam harimu, salah satu opsi menarik adalah mengadakan jamuan minum teh fancy di sore hari bersama sahabat-sahabatmu. Tentukan dress code dan temanya, siapkan peralatan teh untuk setiap undangan, siapkan berbagai pilihan rasa teh dan juga alternatif minuman lain seperti cokelat, kopi, atau sari buah yang segar. Jangan lupa juga beberapa pilihan pelengkap seperti berbagai gula, krim, daun mint, hingga irisan lemon segar. Untuk makanannya, siapkan cake, canape, dan finger foods favorit yang pas dikonsumsi bersama minuman hangat.




    5. Outdoor Picnic


    Bosan di dalam rumah? Berhubung angka Covid-19 belakangan semakin terkendali, kita bisa mencoba piknik bersama teman-teman ke lokasi outdoor yang segar dan tak terlalu ramai walau tentunya tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Misalnya ke area perkemahan di kaki gunung, menyewa vila dengan halaman yang luas atau bahkan halaman rumah kita sendiri. Siapkan menu-menu simple seperti sandwiches, salad, pasta, atau kue ke dalam keranjang piknik serta minuman dalam cooler box. Ide seru lainnya adalah dengan melakukan group trekking ke lokasi yang tak terlalu jauh dari rumahmu. Kalau kamu tinggal di Jakarta, melakukan trekking di sekitar area Bogor atau Puncak bisa jadi alternatif merayakan ulang tahun bersama teman dengan cara yang sehat dan membuat pikiran jadi fresh dibanding acara seperti biasanya.


    (Alexander Kusumapradja / Images: Dok. Sergei Solo via Unsplash, Bao Truong via Unsplash, Alice Dietrich via Unsplash, Lee Myungseong via Unsplash, Brenda Godinez via Unsplash, Samantha Fernandes via Unsplash)