Lifestyle

Instagram Sempat Down, Apakah Ini Efek dari Mercury Retrograde?

  by: Giovani Untari       6/10/2021
  • Apakah kamu masih ingat jika beberapa hari lalu (tepatnya hari Senin, 4 Oktober 2021) sejumlah aplikasi seperti Instagram, WhatsApp, bahkan Facebook mendadak tidak bisa dibuka?

    Just in case kamu membutuhkan istirahat sejenak dari media sosial, sepertinya doamu terkabul, dear~ Yep, ketiga aplikasi tersebut (yang mana mereka dimiliki oleh Facebook, BTW) semuanya down! Dan surprise, surprise- saat ini kita tengah memasuki fase Mercury retrograde.




    Dalam astrologi, Merkurius menanungi teknologi, jadi rasanya cukup make sense apabila muncul gangguan teknologi saat planet Merkurius memasuki fase retrograde (FYI, fase ini biasanya terjadi tiga kali dalam setahun). Tetapi Mercury Retrograde tampaknya ikut membawa efek buruk terutama bagi Instagram karena Mercury Retrograde saat ini berada di Libra season.



    "Banyak orang yang mengetahui bahwa saat Merkurius memasuki fase retrograde-nya, komunikasi dan teknologi juga akan ikut terganggu," ujar Lisa Stardust, seorang astrologer dan kreator dari the Astrology Deck. "Tapi mari kita lihat chart dari Instagramsaat aplikasi ini diciptakan: Sun-nya adalah Libra, Mercury-nya Libra, dan Saturn-nya pun juga Libra".



    Yes, Instagram is a Libra. Dalam astrologi, baik aplikasi, bangunan, bahkan negara juga memiliki birth chart-nya tersendiri, sama seperti manusia. Instagram sendiri pertama kali diluncurkan di App Store pada 6 Oktober 2010, dan hal ini dicatat sebagai hari "lahirnya". Okay, itu artinya.... Instagram tentu saja akan sangat terpengaruh pada fase Mercury Retrograde kali ini (hal tersebut juga berlaku bagi para Libra di luar sana, sorry!).

    Lebih jelasnya lagi, saat ini Merkurius tidak hanya planet yang ada di Libra. Sun, Moon, Venus, dan Mars juga berada di Libra. Saat dua (atau lebih) planet memiliki sign yang sama, para astrologer menyebut para planet ini akan membentuk sesuatu yang saling terhubung dan energi mereka juga akan saling menyatu. Mercury Retrograde juga berarti energi dari para planet akan uh, sedikit aneh saat ini.


    "Dengan energi Mercury Retrograde yang sebenarnya, semuanya akan mengalami kemunduran dan di luar kendali," ujar Stardust.

    Fakta bahwa Venus juga berada di Libra juga ikut memberi sedikit titik terang dari penyebab kekacauan teknologi beberapa hari terakhir. Dalam astrologi, setiap zodiak 'diatur' oleh sebuah planet dan Libra 'diatur' oleh planet Venus. Venus sendiri kerap dikaitkan dengan kecantikan, kesenangan, uang, dan kreator (ini menjelaskan mengapa para Libra biasanya juga stylish dan flirtatious!), jangan lupa fakta bahwa saat ini Instagram / Facebook sangat memengaruhi bisnis dari para kreator di media sosial.





    "Mercury Retrograde saat ini ada di Libra, Libra diatur oleh planet Venus, dan Venus dikaitkan dengan kreator dan uang," terang Stardust. "Tidak mengherankan apabila Mercury Retrograde di Libra juga membuat banyak orang mengeluh mereka lebih sulit untuk mendapatkan uang dari apa yang mereka ciptakan."

    Dan, yep, ada satu informasi penting lagi yang harus kamu ketahui dari universe saat ini: Merkurius bukan hanya satu-satunya planet yang merasakan retrograde saat ini. Faktanya ada LIMA lebih planet yang juga mengalami retrograde yaitu: Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto.  


    "Dengan banyaknya planet yang mengalami retrograde, maka cara kita mendapatkan uang, berbagi informasi dan berkomunikasi dengan orang di seluruh dunia juga akan cukup terganggu," ujar Stardust. "Pada dasarnya, semua hal akan sedikit terganggu sekarang!," tambahnya lagi.


    Dan kalau kamu berencana untuk break sejenak dari media sosial, maka kamu bisa melakukannya sekarang sampai Mercury Retrograde berakhir pada 18 Oktober mendatang. Well, bukan ide yang buruk!




    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh penulis / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. Kate Torline on Unsplash, Hans Vivek on Unsplash, Vincentiu Solomon on Unsplash).