Love & Sex

Catat! 12 Hal yang Ternyata Lebih Berbahaya dari Selingkuh!

  by: Giovani Untari       11/10/2021
  • Perselingkuhan umumnya menjadi penyebab sebuah hubungan berakhir dengan cepat. Tetapi menurut thread dari Reddit, ternyata ada berbagai hal lainnya yang jauh lebih potensial dalam menghancurkan sebuah hubungan!

    Beberapa hal terburuk yang memicu putusnya sebuah hubungan ini ternyata dimulai dari sesuatu yang kecil dan sering kali tidak kita disadari. Namun lama kelamaan hal tersebut menjadi besar dan semakin membahayakan relationship




    Ini dia 12 hal yang ternyata lebih berbahaya daripada selingkuh dalam sebuah hubungan:


    1. Berbohong dan menyembunyikan sesuatu dari pasangan

    Bahkan saat kamu melakukannya dengan tujuan untuk menjaga perasaannya, menyembunyikan dan melakukan suatu kebohongan kecil nyatanya dapat menimbulkan masalah besar dan merusak kepercayaaan pasanganmu. 


    Seorang pengguna Reddit dengan user canada432 menulis pesan, "Kamu harus memberitahu segala hal kepada pasanganmu. Jika kamu menyembunyikan sesuatu karena tidak ingin melukai perasaannya, maka kamu seharusnya tidak melakukan hal tersebut dan lebih baik menceritakan kenyataannya."


    2. Tidak menunjukkan kasih sayang kepada pasangan

    Entah itu afeksi dalam bentuk kasih sayang fisik, menanyakan kabar pasangan, atau membantunya saat sedang kesulitan. Apabila seorang pasangan tidak menunjukkan kasih sayang dan rasa ketertarikannya hal ini juga dapat menjadi masalah baru dalam hubungan.


    3. Menyimpan dendam atas perlakuan pasangan

    Seperti yang user Vomeretricis tuliskan, "Paada saat seorang pasangan menyimpan rasa kesal, benci, bahkan dendam, sesuatu yang buruk dan menyakitkan dalam hubungan sudah dimulai." Hal ini sering tidak disadari oleh banyak pasangan, namun jika dibiarkan tentu saja akan ikut merusak relationship.



    4. Kurangnya komunikasi

    Ini bukan berarti kamu dan pasangan harus selalu mengirim pesan setiap jam lho ya! Tetapi saat kamu dan si dia sudah tidak lagi bisa berbicara satu sama lain terhadap masalah yang mengganggu hubungan kalian. Atau kalian terlalu lelah untuk membahas secara detail suatu hal. Ini juga tanda yang membahayakan dalam hubungan.


    5. Terlalu keras kepala dan tidak ingin memahami posisi pasangan

    Ini adalah bentuk lain dari seorang yang menolak untuk berkompromi dengan pasangannya. "Apabila kamu menyukai seseorang, maka kamu harus mau untuk berkompromi dengan hal yang ada dalam dirinya. Pasangan yang keras kepala dan hanya mau menjalani hubungan dengan caranya bukan berdasarkan kesepakatan berdua, jelas akan menimbulkan ketimpangan dalam hubungan."


    6. Selalu meributkan hal-hal kecil

    Tentu, argumen tentang siapa yang seharusnya membuang sampah atau siapa yang memikirkan ide lokasi kencan berikutnya bukanlah hal yang besar. Tetapi jika hal sederhana seperti ini saja sering membuat kamu dan si dia bertengkar (bahkan semakin parah), maka ada sesuatu yang salah dalam hubungan kalian.





    7. Merendahkan pasangannya

    Saat seseorang berbicara dengan merendahkan pasangannya agar membuat ia mendapat pujian dan terkesan powerful, ini jelas sesuatu yang buruk serta menunjukkan adanya ketidakseimbangan dalam hubungan. Seperti yang messedfrombirth tuliskan, seseorang yang merendahkan pasangannya jauh lebih buruk dibanding sebuah perselingkuhan. Karena apa yang ia lakukan bisa bisa membuat kepercayaan diri pasangannya menurun," bahkan saat hubungan sudah berakhir sekalipun, seseorang masih bisa merasa dampak buruk dari apa yang mantan pasangannya lakukan.


    8. Berada dalam sebuah hubungan hanya karena faktor kenyamanan

    Entah karena kamu tidak ingin mengecewakan keluargamu dengan berita perpisahanmu bersama si dia atau karena kalian masih harus menyicil / melakukan sesuatu bersamanya, whatever! Yang pasti tetap bersama pasangan karena kamu sudah terlalu nyaman, pada akhirnya hanya akan menimbulkan rasa sakit hati dan pertengkaran yang buruk.


    9. Memanipulasi

    Hal ini cukup tricky karena terkadang seseorang melakukannya secara halus dan membuat pasangannya tidak menyadari bahwa ia sudah dimanipulasi (atau kamulah yang memanipulasinya). User reallybigleg menulis, "Sebuah hubungan yang membuat saya merasa sungguh patah hati terjadi karena pasangan saya melakukan manipulasi selama hubungan kami berlangsung. Dan hal itu jelas membuat saya sungguh kehilangan harga diri."


    10. Terlalu pecemburu

    Bahkan tanpa ada kasus perselingkuhan yang mengawalinya, hal-hal yang dicurigai terkadang bisa saja terjadi, bahkan lebih buruk dari yang kita kira!



    11. Menunjukkan kepalsuan dari awal hubungan

    Hal simple dan kecil seperti berpura-pura menyukai film horror, padahal kamu sangat membencinya. Atau berkata kamu tidak mencari hubungan yang serius, sedangkan faktanya kamu mengharap hubungan yang langgeng dan serius. Well.. kebohongan kecil seperti ini perlahan-lahan bisa menjadi suatu hal besar dan merusak hubungan.


    12. Tetap bersama pasangan karena kamu bergantung kepadanya

    "Kalian bersama karena kamu bergantung kepadanya dan kamu tidak ingin kembali single," tulis akun beaverteeth92. Atau kata lainnya, kamu tidak membutuhkan adanya chemistry dalam sebuah hubungan ini. Satu-satunya alasan kamu tetap bersamanya adalah karena kamu tidak ingin sendirian.




    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh penulis / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. Henri Pham on Unsplash, Toa Heftiba on Unsplash, Kelly Sikkema on Unsplash, Tristan Gassert on Unsplash).