Lifestyle

Ini Cara Membersihkan dan Merawat Kristal dengan Tepat

  by: Alvin Yoga       13/10/2021
  • Crystals are prettyyy, tapi jika kamu benar-benar ingin memanfaatkan energinya, kamu tak bisa hanya menaruhnya di atas meja atau di dalam lemari dan menontonnya. Benda cantik tersebut memang dipercaya dapat bervibrasi pada frekuensi yang bekerja bagi kita, dan hal ini berarti mereka dapat menangkap dan mempertahankan energi yang ada di sekitarnya. Inilah mengapa kamu harus merawat teman-teman kristalmu jika kamu ingin mengakses energi yang baik darinya. Dan hal penting yang harus kamu lakukan untuk merawatnya adalah dengan membersihkan serta mengisi energinya. Tentu saja, kamu tak bisa menggunakan sabun atau charger untuk melakukannya.


    Mengapa kita perlu membersihkan kristal?

    Kristal-kristal tersebut memiliki ~memori~. Mereka menyerap energi apapun yang berada di sekeliling mereka—dari orang-orang yang merawat mereka, lingkungan yang mereka lalui, sampai perasaan kesal dari sampah-sampah yang menumpuk di dalam tasmu. Jika kamu baru saja mendapatkan sebuah kristal baru, siapa yang tahu apa yang dilalui oleh benda kecil tersebut sebelum sampai ke kamarmu? Terkadang, energi yang disimpannya merupakan kebalikan langsung dari sifat bawaan sang krsital atau menentang apa yang kita inginkan dari kristal tersebut. Energi yang tersimpan tersebut dapat dengan mudah ~menyumbat~ sang kristal, memblokirnya dari bekerja sebagaimana mestinya.



    Dengan membersihkannya, kamu membantu menghilangkan semua vibe yang menempel dan mengembalikan kristal tersebut ke dalam keadaan yang alami dan murni seperti seharusnya. Dengan begitu, benda tersebut dapat bekerja seperti yang kamu inginkan.



    Seberapa sering seharusnya kita membersihkan kristal?

    Bersihkan kristalmu setiap kali kamu menerima yang baru, dan tentu saja sebelum kamu menggunakannya untuk pertama kalinya. Jika kamu memiliki kristal yang sudah kamu simpan selama bertahun-tahun namun belum pernah kamu bersihkan, that's okay! Kamu bisa mulai menggunakannya sekarang.

    Jika kamu telah mengenakan kristal tersebut (semisal sebagai lionting atau gelang) atau membawanya sepanjang hari (di dalam tas atau kantong), akan lebih baik jika kamu membersihkannya ketika kamu sampai di rumah, terutama jika orang lain telah memegangnya. Kristal yang kamu gunakan sebagai dekorasi sebaiknya dibersihkan sebulan sekali.


    Bagaimana cara membersihkan kristal?

    Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan kristal. Berikut adalah beberapa di antaranya:

    • Bersihkan di bawah air yang mengalir selama semenit, lalu rendam di dalam air bersih, dan keringkan. Membawanya ketika mandi? Ini juga bisa menjadi pilihan yang praktis.
    • Untuk menghilangkan vibe buruk yang menempel, jemur di bawah cahaya alami, mulai dari matahari terbit sampai terbenam. Dengan begitu, kristal tersebut akan mendapatkan pembersihan dari sinar matahari dan sinar bulan.
    • Rendam kristalmu di dalam semangkuk air dan garam batu selama beberapa jam untuk membersihkannya.
    • Kalau kamu memiliki kristal berukuran besar yang sulit untuk dipindahkan, kamu bisa mencoba pembersihan lewat suara. Bunyikan sebuah nada (dengan dilantunkan atau menggunakan bantuan seperti garpu tala, singing bowl, atau bahkan sebuah lonceng kecil yang imut) di dekat kristalmu selama 5 sampai 10 menit.
    • Then your crystals are cleansed and ready for action, bb!




    Lalu bagaimana mengisi kembali energi kristal?

    Apapun yang kamu lakukan dengan kristalmu, mereka akan (a) menarik energi negatif (dan butuh dibersihkan) dan (b) kehilangan energi (dan butuh kembali diisi), sama seperti baterai. Inilah mengapa, kita perlu membersihkan kristal dan kemudian mengisi kembali energinya. Membersihkan kristal akan menghilangkan energi negatif, dan charging akan mengembalikan kekuatan alami kristal serta atributnya. Kamu membutuhkan keduanya agar kristalmu bisa kembali dalam keadaan terbaiknya!


    Jadi, bagaimana cara terbaik untuk mengisi energi kristal?

    Berita baiknya adalah cara termudah untuk membersihkan DAN mengisi kembali energi kristalmu di waktu yang sama yaitu dengan...SINAR MATAHARI. Letakkan kristal tersebut di ambang jendela, dan biarkan ia berada di bawah sinar matahari selama 30 menit (bahkan kalau hari sedang mendung, tak jadi masalah), dan biarkan Matahari melakukan tugasnya. Beberapa orang juga senang mengisi energi kristal mereka di bawah sinar Bulan Purnama, walaupun beberapa menganggap bahwa hal tersebut tidak cukup kuat untuk mengisi kembali energi kristal.

    Kalau kamu memiliki klaster kristal besar (semisal quartz, selenite, atau amethyst), kamu bisa mengisi ulang energinya, lalu letakkan kristal lain yang berukuran kecil (seperti untuk perhiasan) di sekelilingnya untuk menyerap energi dari klaster tersebut. 


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Alvin Yoga / Image: Dok. Studio Kealaula on Unsplash)