Better You

Ini Sebabnya Kamu Sering Merasa Lelah Saat Menstruasi

  by: Astriana Gemiati       13/10/2021
  • Let’s be real, tindakan yang ada bisa sangat melelahkan terkadang. Tetapi jika minggu menstruasi membuat kamu merasa sangat lelah, perlu diketahui bahwa ada alasan ilmiah yang nyata di balik kantuk dan kelelahan menstruasi kamu. Sebenarnya ada beberapa alasan yang sangat nyata dan ilmiah!


    Selain mengatasi kram, sakit kepala, dan bloating yang menjadi hal biasa bagi banyak orang saat menstruasi, ada banyak hal sains yang akan menghilangkannya dari kamu juga.




    "Mungkin ada beberapa alasan mengapa kamu merasa sangat lelah selama menstruasi," kata Dr Ashfaq Khan, konsultan dokter kandungan dan ginekolog di Harley Street Gynaecology. "Salah satu yang paling umum adalah premenstrual syndrome (PMS) yang bertentangan dengan judulnya, sebenarnya bisa dialami selama periode kamu."



    Selain mudah marah dan depresi, orang yang sedang menstruasi juga bisa menjadi sangat terkuras dan lelah, tambahnya (lucky us!). "Diperkirakan bahwa PMS dapat dipicu oleh penurunan estrogen dan serotonin, menghasilkan pukulan ganda untuk perubahan suasana hati dan tingkat energi."


    Dr Khan juga mencatat bahwa kelelahan periode masa haid dapat berasal dari anemia defisiensi besi, karena kehilangan darah —jadi jika kamu memiliki aliran yang sangat deras, ini bisa menjadi sesuatu untuk dibicarakan dengan dokter umum kamu.




    Diet dan tidur juga bisa ikut bermain, sang ahli menjelaskan. "Kenyamanan makan yang menurunkan kadar gula darah, dan pola tidur yang terganggu selama waktu ini mungkin juga menjadi penyebabnya. Tentu saja layak melakukan serangkaian tes darah untuk mencoba dan menunjukkan dengan tepat alasan yang mendasari penurunan tingkat energi yang ekstrem selama menstruasi."


    Beberapa makanan yang cenderung meningkatkan tingkat energi kamu saat menstruasi termasuk gandum (untuk energi pelepasan lambat), daging merah, buah beri (penuh dengan antioksidan, vitamin, dan mineral) serta alpukat (yang penuh dengan lemak sehat, serat, magnesium, kalium, dan vitamin E serta B6 untuk membantu menyeimbangkan hormon kamu).


    Perlu juga diingat bahwa tidak jarang merasa lelah selama seminggu setiap bulan, karena ada banyak hal yang terjadi di dalam tubuh kamu (tetapi jika periode kelelahan kronis atau mencegah kamu bekerja dan bersosialisasi, ini juga bisa menjadi layak melihat GP kamu). Pikirkan tentang ini —dalam 10 hari atau lebih sebelum menstruasi, tubuh kamu bersiap dengan harapan bahwa sel telur yang kamu kirim ke tuba falopi tua bertemu dengan beberapa sperma di sana dan mendarat di rahim mewah yang siap untuk menumbuhkan bayi.


    Kemudian, ketika lapisan rahim kamu tidak diserang oleh sel telur yang telah dibuahi, hormon-hormon yang menopang lingkungan tidak diperlukan lagi dan kadar hormon menurun. Ketika ini terjadi, tubuh kamu berubah dari siaga tinggi menjadi tidak ada hormon dan perubahan itu menyebabkan perubahan lain, yang bukan lain adalah sangat melelahkan.


    Bagaimana cara mengurangi rasa lelah saat haid?

    Tidak banyak yang dapat dilakukan tentang siklus alami tubuh kamu, tetapi kabar baiknya adalah tingkat energi cenderung memuncak selama ovulasi, yang umumnya sekitar dua minggu setelah dimulainya periode kamu.


    Ada cara alami untuk membantu tubuh kamu keluar saat merasa lelah; minum air, tidur setidaknya delapan jam, dan berolahraga semuanya berguna, saran umum. Namun menurut Nicole Telfer, Science Content Producer di aplikasi pelacak periode Clue, ada berbagai cara untuk mengatasi kelelahan kamu tergantung pada penyebabnya.




    "Orang yang mengalami gejala pramenstruasi dan menstruasi mungkin melaporkan gangguan tidur," kata Nicole kepada Cosmopolitan. "Ini bisa dari rasa sakit (kram atau sakit kepala) atau dari kelelahan meningkat atau insomnia. Menggunakan obat pereda nyeri dapat membantu memulihkan kualitas tidur dengan menghilangkan rasa sakit."




    Jika kamu memiliki gangguan mood pramenstruasi, ahli menyarankan kamu "lebih mungkin mengalami gangguan tidur seperti insomnia, hipersomnia, kelelahan, dan bahkan mimpi yang mengganggu selama fase luteal (bagian kedua dari siklus menstruasi) yang bisa disebabkan oleh gangguan pada ritme sirkadian." Untuk mengatasi hal ini, Nicole menjelaskan bahwa beberapa peneliti menyarankan penggunaan terapi cahaya dapat membantu orang dengan kasus yang parah, tetapi penelitian lebih lanjut di bidang tersebut diperlukan.


    Orang dengan PCOS (polyeystic ovary syndrome) lebih mungkin mengalami gangguan pernapasan saat tidur seperti sleep apnea atau mendengkur jika mereka mengalami obesitas, yang pada gilirannya berdampak pada kualitas tidur. "Orang-orang ini akan mendapat manfaat dari menemui penyedia layanan kesehatan yang berspesialisasi dalam tidur," saran ahli tersebut.


    Tetapi jika kamu umumnya merasa lelah dan sepertinya tidak ada yang mengubahnya? Sehari di tempat tidur, ditambah camilan lezat dan Netflix, bisa menjadi obat yang sangat baik.






    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com/uk / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: Dok. Freepik.com)