Better You

7 Cara Mudah Menekan Nafsu Makan yang Berlebihan!

  by: Giovani Untari       14/10/2021
  • “Nafsu makan yang berlebih dan ngidam ingin makan sesuatu jelas menjadi musuh terbesar bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Terlebih kita juga kerap mengalami kesulitan untuk mengetahui apakah tubuh kita benar-benar lapar atau hanya haus dan bosan. Banyak dari kita yang selama menjalani diet sering ngidam atau berkhayal ingin makan junk food tapi berat badannya tetap stabil. Tetapi tentu saja kenyataannya akan sulit. Tapi tenang, ada cara untuk mengatur berat badan salah satunya dengan menjaga asupan kalori, mengonsumsi makanan yang sehat serta menghindari pola makan berlebih,” ujar Dr Rohini Patil, MBBS, seorang nutrisionis dan founder dari Nutracy Lifestyle.


    Jadi ini dia sejumlah cara dari Dr Rohini untuk membantu kamu makan lebih sehat dan menekan nafsu makan yang berlebih:




    1. Konsumsi kafein

    “Kopi membantu untuk memecah kalori dalam tubuh dan membakar lemak. Tidak hanya kaya antioksidan dan nutrisi, kafein juga mampu menekan nafsu makan berlebih. Apabila kamu mengonsumsi segelas kopi 30 menit sampai empat jam sebelum makan, cara ini akan membantu menjaga nafsu makanmu tetap stabil. Namun, jangan tambahkan krim, gula, atau sirup pemanis karena mengandung banyak kalori!”



    2. Lakukan latihan kardio

    “Latihan seperti bersepeda, lari, berenang efektif untuk menekan nafsu makan dengan cara mengubah kadar hormon dalam tubuh sehingga kita tidak terlalu merasa lapar. Olahraga tersebut mengatur bagian otak agar mengurangi keinginan kita untuk makan.”



    3. Perbanyak konsumsi protein

    “Tubuh membutuhkan waktu yang cukup lama mencerna protein dibanding karbohidrat. Inilah yang membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Jadi, perbanyaklah mengonsumsi makanan tinggi protein untuk mencegah rasa lapar. Makanan seperti telur, ayam, kacang-kacangan mengandung kadar protein yang tinggi. Protein juga membantu menjaga massa otot dan mencegah hilangnya massa otot bagi mereka yang sedang membentuk tubuh.”


    4. Makan buah dan sayur

    “Seperti yang kita tahu, sayur dan buah kaya akan serat sehingga membantu tubuh kenyang lebih lama. Efeknya tentu saja berkurangnya nafsu makan. Kamu bisa mengonsumsi sayur dan buah dalam bentuk salad, sup, dan lainnya. Sayuran hijau seperti bayam membantu meningkatkan kadar leptin yang mengontrol rasa lapar dan memberi tanda saat tubuh sudah merasa kenyang. Jika kamu lapar dan merasa ingin makan banyak, jangan lupa untuk memasukkan lebih banyak sayuran hijau ke dalam makananmu. Tubuh tidak hanya mendapat nutrisi yang bermanfaat, tetapi juga membantu mengurangi berat badan.”






    5. Jangan lupa minum air putih

    “Minum air putih sebelum makan membantu mengurangi asupan kalori dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Rasa haus dan lapar terkadang membingungkan bagi kita. Untuk mengatasinya, minumlah segelas air putih lalu tunggu beberapa menit setelahnya. Apabila kamu masih merasa lapar maka artinya tubuh sungguh lapar bukan efek karena haus.”


    6. Tidur yang cukup

    “Jagalah pola tidur paling tidak selama 7-8 jam setiap malamnya. Saat kamu tidak mendapat cukup tidur maka tubuh akan meningkatkan produksi leptin, sebuah hormon yang membantu mengontrol keinginan untuk makan. Pola tidur yang tidak baik juga meningkatkan risiko terkena obesitas.”




    7. Konsumsi dark chocolate

    Dark chocolate memiliki rasa yang pahit dan secara alami ini membantu mengurangi lapar dan keinginan mengonsumsi makanan manis. Makanan ini juga membantu tubuh merasa kenyang dan mengurangi proses usus mencerna terlalu banyak makanan.”




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan India / Perubahan telah dilakukan oleh penulis / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. KoolShooters from Pexels, João Ferreira on Unsplash, Jill Wellington from Pexels, Ron Lach from Pexels).