Better You

5 Gejala Awal Kanker Payudara yang Wajib Kamu Waspadai!

  by: Giovani Untari       21/10/2021
  • Menurut data dari Globocan di tahun 2020, kanker payudara menjadi salah satu kanker yang paling sering menyerang perempuan (termasuk perempuan India). Setiap tahunnya jumlah penderita kanker payudara selalu bertambah. Yang terburuknya lagi, beberapa kasus baru terdeteksi ketika kanker sudah memasuki stadium atas. Jadi tentu saja penting bagi kita semua untuk mengetahui seperti apa gejala awal dari kanker payudara agar bisa mendapat penanganan yang lebih cepat.


    Untuk itu Cosmo bertanya kepada Dr Fahad Afzal Shaikh, seorang Ahli Onkologi Medis dan Ahli Onkologi Hematologi yang berpraktik di Jaslok Hospital & Research Centre di Mumbai, India untuk memberitahu apa saja gejala awal dari kanker payudara yang wajib diwaspadai oleh para perempuan.



    “Kanker payudara disebabkan karena adanya pertumbuhan sel yang tidak terkendali di payudara. Penyakit ini juga memiliki beberapa gejala, namun di beberapa kasus ada pula yang bahkan tidak memiliki gejala apapun,” ujar Dr Fahad.



    Berikut 5 gejala awal kanker payudara yang wajib kamu waspadai:


    1. Benjolan di payudara

    Ini merupakan salah satu dari gejala awal payudara yang umum terjadi. Benjolan di payudara bisa kamu perhatikan melalui pemeriksaan sendiri di depan kaca atau melalui mammogram agar mendapat hasil yang lebih valid.


    2. Pembengkakan di ketiak

    Gejala tersebut bisa pertanda bahwa kanker telah menyebar dari payudara ke kelenjar getah bening yang terletak di area sekitar ketiak. Sebaiknya kamu waspada apabila menemukan benjolan kecil di daerah sekitar tulang selangka.


    3. Rasa nyeri

    Benjolan karena kanker payudara umumnya tidak terasa sakit. Namun terkadang benjolan tersebut menimbulkan nyeri ringan dan rasa tidak nyaman.




    4. Perubahan di area puting

    Puting payudara juga mungkin akan tertarik menghadap ke dalam atau mengalami ruam yang tidak sembuh sampai beberapa minggu. Beberapa penderita kanker payudara juga kadang merasakan gatal dan sensasi terbakar di area puting mereka.


    5. Keluar cairan tidak biasa dari puting

    Seiring dengan perubahan bentuk puting, kanker payudara juga bisa membuat puting mengeluarkan cairan bening atau berwarna merah darah yang tidak biasa.




    “Meski begitu tanda-tanda di atas bukan berarti selalu karena kanker payudara. Rasa nyeri yang tajam di payudara juga bisa disebabkan karena faktor non-kanker seperti adanya peradangan, trauma, atau fluktuasi hormon,” tukas Dr Fahad.

    “Begitu pula dengan benjolan di payudara juga bisa terjadi karena tumor payudara, kista, efek menyusui, dll,” tambah sang dokter. Jadi tentu sangat penting bagi kita semua untuk menemui dokter spesialis onkologi apabila merasakan adanya gejala mencurigakan dan menyerupai tanda kanker payudara.



    Selain kelima gejala di atas, Dr Fahad turut mengatakan bahwa beberapa pasien kanker payudara stadium lanjutan juga merasakan adanya nyeri tulang, sakit kepala, penurunan berat badan dan nafsu makan, batuk kering, dan sesak nafas.


    So, yang kita semua bisa lakukan adalah rutin melakukan deteksi dini dengan memeriksakan sendiri kondisi payudara setiap bulannya, rajin melakukan pemeriksaan payudara klinis, dan mammogram sesuai dengan usia dan risiko penyakit. Apabila kamu merasakan sejumlah gejala di atas, segera hubungi dokter spesialis onkologi agar mendapat penanganan yang tepat.




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan India / Perubahan telah dilakukan oleh penulis / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. Anna Shvets from Pexels, Anna Tarazevich from Pexels, Klaus Nielsen from Pexels).