Better You

6 Cara Menjaga Berat Badan Tetap Ideal Meski Tak Sempat Olahraga

  by: Giovani Untari       22/10/2021
  • Tidak semua orang menganut pola hidup #gymlife, tapi tentu hal ini seharusnya tak menjadi alasan untuk kita mendapat bentuk tubuh yang ideal. Meski begitu jelas sebuah hal yang baik jika kamu mulai menambah aktivitas fisik harianmu demi menjaga berat badan.

    Tetapi ingat babes, membentuk tubuh ideal bukan selalu tentang berapa lama waktu yang dihabiskan untuk berolahraga! Namun soal kualitas setiap gerakan yang kamu lakukan untuk membentuk tubuh.




    “Orang yang jarang berolahraga sering kali melakukan diet yang ketat demi menurunkan berat badannya. Namun, hasilnya tentu tidak akan bertahan lama dan justru bisa menyebabkan banyak hal negatif bagi tubuh,” ujar Dr Simal Soin, founder dari Aayna Clinic di India.


    Diet terlalu ketat dapat menurunkan fungsi metabolisme dan hal tersebut ternyata membuat tubuh lebih sulit menurunkan berat badannya. Jadi, kalau kamu ingin menjaga berat badan tetap ideal dan terus berenergi (meski tak sempat berolahraga sekalipun!), ini dia tips yang bisa kamu coba:


    1. Latihan makan dengan lebih mindful

    “Fokuslah kepada kuantitas dan kualitas makanan. Lalu coba makan secara perlahan dan nikmati makanan tersebut agar mencegah kamu makan terlalu banyak. Hal terpenting selanjutnya adalah menetapkan tujuan penurunan berat badan yang realistis dan mudah diraih, supaya kamu tetap bersemangat saat diet.”


    2. Kurangi konsumsi gula

    “Gula mengandung kalori yang tinggi, terutama minuman dengan pemanis seperti soda, jus kemasan, dan teh manis. Mereka mengandung fruktosa, sebuah tipe gula yang bisa memicu rasa lapar dan membuat kita ingin makan lebih banyak. Ini jelas akan memengaruhi berat badan.”


    3. Konsumi makanan yang sehat dan penuh warna

    “Tambahkan sebanyak mungkin sayuran dan buah bernutrisi ke dalam menu makanan harian. Tujuannya untuk membuang racun dalam tubuh. Kamu juga bisa menambahkan buah yang kaya kandungan vitamin C agar membuat kulit glowing.”





    4. Hindari alkohol

    “Pola fitness yang kamu jalani akan mengalami penurunan apabila kamu melakukan beberapa kebiasaan buruk. Salah satunya sering minum alkohol dan merokok. Kedua hal ini tidak hanya memengaruhi kondisi kulitmu tetapi juga membawa dampak buruk yang besar bagi tubuh.”


    5. Tidur yang cukup

    “Rahasia kulit yang sehat dan glowing serta tubuh yang bertenaga adalah tidur yang berkualitas. Kekurangan tidur dapat membuat kulit terlihat kusam, rasa lelah, dan membuat seseorang ingin makan makanan yang tidak sehat.”




    6. Usahakan terus bergerak

    “Entah itu yoga atau pergi ke gym, kamu harus menyempatkan diri untuk tetap bergerak paling tidak selama 30 menit setiap harinya. Jika kamu memang tak sempat, coba lakukan jalan cepat, jalan kaki, atau latihan kardio singkat di rumah. Ini akan membuat perbedaan yang berarti untuk kesehatan dan berat badanmu.”




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan India / Perubahan telah dilakukan oleh penulis / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. Monica Turlui from Pexels, Trang Doan from Pexels, Ketut Subiyanto from Pexels).